Blog

Cara Menghilangkan Sakit Gigi

Ilustrasi Sakit Gigi Credit: unsplash.com/EnginAFimela.com, Jakarta Sakit gigi adalah penyakit yang bisa membuat seluruh tubuh merasa ngilu. Gigi adalah organ tubuh yang memiliki fungsi penting untuk mengunyanh makanan. Jika kesehatan gigi tidak dijaga, maka akan membuat seseorang susah untuk makan.

Gigi sangat mudah terserang oleh bakteri dan kuman. Sakit gigi bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan gejala sakit gigi ini juga bisa membuat kepala menjadi sangat pusing.

Sebaiknya Sahabat Fimela rajin kontrol dan periksa gigi ke dokter, untuk mencegah sakit gigi. Selain itu, ada beberapa cara menghilangkan sakit gigi. Berikut ini cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit dengan bahan alami:

Penyebab Sakit Gigi
ilustrasi sakit gigi/Aleksandr Rybalko/shutterstock1. Gigi Berlubang
Sakit gigi bisa disebabkan karena Sahabat Fimela memiliki gigi berlubang. Gigi berlubang terjadi karena adanya plak yang menumpuk di permukaan gigi, kemudian menghasilkan asam dan karang gigi, lalu terjadi lubang pada gigi. Gigi berlubang bisa menyebabkan infeksi dan gigi hilang.

2. Gigi Sensitif
Gigi sensitif sering kali dialami oleh beberapa orang, dan mengakibatkan sakit gigi. Lapisan dentin yang terkena suhu dingin dan panas, akan menyebabkan gigi sakit dan ngilu. Tak hanya disebabkan karena makanan saja, gigi sensitif juga bisa terjadi akibat menggosok terlalu keras.

3. Masalah Gusi
Jika memiliki masalah pada gusi, hal ini bisa mengakibatkan sakit gigi. Radang gusi atau gingivitis ditandai dengan gejala gusi berwarna kemerahan, bengkak, mudah berdarah dan bau mulut. Masalah gusi ini juga terjadi karena infeksi gusi atau periodontitis.

4. Abses Gigi
Abses gigi bisa membuat gigi terasa sakit. Saat terjadi abses gigi,ada kantong berisi nanah di area gigi serta gusi. Hal ini disebabkan karena adanya infeksi bakteri di bagian gusi.

5. Impaksi Gigi Bungsu
Saat memasuki usia dewasa, Sahabat Fimela bisa mengalami impaksi gigi bungsu. Kondisi ini sangat wajar terjadi pada saat geraham tumbuh. Sakit gigi yang disebabkan karena impaksi gigi bungsu ini, bisa terjadi akibat gigi bungsu menjadi miring, mengalami kerusakan saraf, serta kerusakan tulang rahang.

ilustrasi cara menghilangkan sakit gigi/Shiny Diamond/pexels1. Air Garam
Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit yang pertama, yaitu dengan minum air garam yang hangat. Caranya sangat mudah, gunakan segelas air hangat dan beri sesendok air garam. Kemudian gunakan air garam ini untuk berkumur pada gigi yang sakit. Lakukan secara rutin sampai gigi sembuh.

2. Bawang Putih
Bawang putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan sakit gigi. Karena bawang putih memiliki kandungan untuk membantu meredakan infeksi dan peradangan. Caranya dengan menempelkan bawang putih yang sudah dihancurkan pada gigi yang sakit dalam 5 menit.

3. Daun Jambu Biji
Cara yang selanjutnya adalah menggunakan daun jambu biji. Walaupun daun jambu biji sering digunakan untuk menyembuhkan diare, tetapi daun jambu biji juga mampu menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit. Daun jambu biji dapat dikunyah pada gigi yang sakit. Sahabat Fimela juga bisa berkumur dengan rebusan air daun jambu biji.

Cara Membersihkan Karang Gigi
Ilustrasi cara membersihkan karang gigi/copyright shutterstock.comKarang gigi adalah salah satu penyebab sakit gigi. Selain menyebabkan gigi berlubang, karang gigi juga bisa menyebabkan gusi bengkak dan bau mulut. Untuk itu, Sahabat Fimela harus rutin membersihkan karang gigi.

Cara membersihkan karang gigi bisa dengan menggosok gigi secara teratur, minimal 2 kali sehari. Selain membantu membersihkan karang gigi, rajin menggosok gigi bisa membantu mencegah timbulnya karang gigi, karena sikat gigi bisa membersihkan sisa makanan dan minuman di gigi dan mulut. Menggosok gigi harus dilakukan selama 2 menit, dengan gerakan memutar dan menjangkau sela-sela gigi.

Kemudian gosoklah gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride, karena bisa membantu mengembalikan mineral gigi, yang hilang karena asam yang berasal dari makanan-makanan yang manis. Membersihkan karang gigi juga bisa dengan cara flossing gigi, yaitu membersihkan gigi dengan benang.

* Kezia Prasetya Christvidya