Blog

Cara Menghilangkan Mata Panda Yang Efektif Dan Minim Biaya

Mata kini bukan hanya soal fungsi penglihatan, tetapi juga soal kosmetika. Terutama bagi wanita, mata adalah organ penting keindahan dan kecantikan. Karenanya mata panda menjadi masalah tersendiri. Bagaimana cara menghilangkan mata panda?

Apa itu mata panda
Mata panda -nama lainnya kantong mata- adalah lingkaran hitam yang muncul di bawah mata akibat kerutan atau kendurnya kulit. Kantong mata ini menjadi momok tersendiri bagi kaum wanita. Terasa mengurangi penampilan sehingga menurunkan rasa percaya diri.

Lingkaran hitam di area mata ini bisa muncul seiring bertambahnya usia. Sebabnya, penuaan yang menyebabkan berkurangnya jumlah kolagen di kulit sekitar mata. Kelopak mata pun tampak lebih kendur. Selain itu, penyebab lainnya adalah kelelahan atau kurang tidur.

Sebelum bicara cara menghilangkan mata panda, perlu dipahami penyebab munculnya. Sehingga nantinya cara menghilangkannya bisa tepat dan efektif.

Baca juga: Bagian Mata dan Fungsinya

Penyebab mata panda
Ada beberapa penyebab munculnya lingkaran hitam atau kantong mata. Mengetahui sebabnya akan memudahkan untuk menghilangkannya. Sebab pada dasarnya menyembuhkan penyakit itu melalui dua tahap. Pertama, menghentikan sumber atau penyebabnya. Kedua, mengobati gejalanya.

Penuaan
Ini penyebab mata panda yang tidak bisa dihindari. Setiap orang pasti akan tua. Setiap orang pasti akan keriput. Meskipun daya keriput satu orang dengan orang lainnya berbeda-beda.

Ketika penuaan terjadi, kolagen di kulit sekitar mata juga berkurang. Akibatnya kelopak mata tampak lebih kendur, muncul lingkaran hitam. Lingkaran hitam akibat kerutan inilah kantong mata alias mata panda.

Selain itu, penuaan juga bisa mengakibatkan presbiopi. Yakni kondisi berkurang hingga hilangnya akomodasi lensa mata karena faktor usia sehingga mengakibatkan kesulitan melihat jarak dekat.

Kelelahan dan kurang tidur
Kurang tidur cenderung menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit mata yang tipis membesar sehingga menimbulkan warna gelap. Terkadang rasa lelah juga bisa membuat area di bawah mata tampak hitam dan bengkak.

Penumpukan cairan di sekitar mata
Ini bisa terjadi akibat perubahan hormon maupun terlalu banyak mengkonsumsi garam. Cairan yang menempati ruang antarsel bisa berkumpul di bagian bawah kelopak mata. Penumpukan cairan ini menyebabkan mata seperti bengkak, kemerahan pada kelopak dan mata panda.

Peningkatan jumlah melanin di kulit sekitar mata
Ini bisa terjadi akibat paparan sinar matahari berlebihan. Misalnya saat kondisi seperti sekarang, orang suka berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D guna mencegah Covid-19. Jika terlalu lama atau berlebihan, jumlah melanin di kulit sekitar mata ikut meningkat dan timbullah kantong mata.

Peradangan atau hiperpigmentasi
Peradangan juga bisa menjadi penyebab munculnya mata panda ini.

Stres
Sebagaimana lelah, stres juga bisa menyebabkan terjadinya kantong mata. Sebab hormon stress yang dilepaskan menyebabkan pembuluh darah mengerut.

Baca juga: Pengalaman Lasik Mata

Cara menghilangkan mata panda
Ada beberapa cara menghilangkan mata panda. Kantong mata dan lingkaran hitam di sekitar mata alias mata ini bisa hilang dengan beberapa langkah perawatan sebagai berikut:

Perbaiki pola tidur
Seperti penjelasan di atas, selain faktor penuaan, umumnya kantong mata muncul karena kurang tidur atau kelelahan. Untuk menghilangkannya, perbaiki pola tidur. Usahakan tidur sekitar 7 jam setiap malam. Yang terbaik adalah tidur seawal mungkin agar bisa bangun lebih pagi.

Selain itu, posisi tidur tertentu juga bisa membantu menghilangkan kantong mata. Cobalah untuk tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat misalnya dengan menambah bantal. Cara ini terbukti bisa mencegah penumpukan cairan di sekitar mata saat tidur.

Gunakan kompres dingin
Mengompres mata cukup ampuh untuk mengurangi mata bengkak dan menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata. Rendam lap bersih ke dalam air dingin lalu kompres mata selama 10–15 menit. Bisa juga menggunakan lap bersih itu untuk membungkus es batu.

Lebih bagus lagi jika menggunakan teh hijau basah, potongan mentimun, atau masker gel khusus mata.

Cukupi kebutuhan cairan tubuh
Upayakan dalam sehari minum tak kurang dari 2 liter air. Atau sekitar 8 gelas. Cairan tubuh yang cukup dapat mencegah terbentuknya kantong mata. Selain itu, kurangi makanan mengandung banyak garam. Sebagaimana penjelasan di atas, salah satu penyebab kantong mata adalah terlalu banyak makan garam.

Hindari minuman beralkohol dan berkafein
Minuman beralkohol tidak baik bagi tubuh secara umum. Secara khusus kaitannya dengan mata panda, minuman beralkohol menyebabkan dehidrasi ringan, mengganggu jam tidur, dan membuat kantong mata serta lingkaran hitam di sekitarnya tampak lebih jelas.

Gunakan tabir surya
Hindari terlalu lama terpapar matahari. Kalaupun mau berjemur untuk mendapatkan vitamin D guna pencegahan penularan Covid-19, cukup menit saja. Jika pekerjaan mengharuskan banyak terpapar matahari, gunakan tabir surya setiap hari dengan SPF 30.

Gunakan krim khusus mata
Cara menghilangkan mata panda yang keenam ini tidak gratis seperti lima cara sebelumnya. Ya, gunakan krim mata yang mengandung chamomile, mentimun, atau arnica juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit. Dokter mata akan memberikan resep yang tepat terkait jenis krim apa yang tepat untuk Anda.

Nah, demikian enam cara menghilangkan mata panda. Sedangkan jika ingin tampil lebih percaya diri tanpa kaca mata, bebaskan diri Anda dari mata minus dengan Lasik. Penglihatan kembali jelas, penampilan menjadi lebih cantik. []