Blog

Cara Menghilangkan Ketombe Dalam Sepuluh Langkah Mudah

4 Cara Mengatasi Ketombe
4 Cara Mengatasi KetombeCara menghilangkan ketombe dalam sepuluh langkah mudah

Bagi mereka yang menderita ketombe, musim dingin bukan satu-satunya saat salju muncul — serpihan putih itu bisa turun sepanjang tahun. Ketombe tidak diragukan lagi merupakan salah satu kondisi kulit yang paling membuat frustrasi. Dan sementara itu lebih umum pada pria daripada wanita, memiliki semua kulit mati dan gatal-gatal bisa menjadi situasi yang memalukan bagi siapa pun. Cukup membuat seseorang bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan ketombe, sekali dan untuk selamanya.

Bagi sebagian orang, menghilangkan ketombe bukanlah masalah besar, dan bagi orang lain itu bisa memakan waktu lebih lama — terutama karena ada banyak alasan mengapa hal itu terjadi. “Ketombe adalah masalah kulit yang sangat lazim yang saya tangani setiap hari dalam praktik saya. Cara terbaik untuk merawatnya adalah dengan mencari tahu penyebabnya, ” kata Lana Pinchasov, RPA-C MPAS, dermatologi PA di Schweiger Dermatology Group di Kota New York. “Ketombe dapat disebabkan oleh hanya memiliki kulit kepala kering, yang melibatkan penumpahan kulit dan dengan demikian ketombe. Ini juga disebabkan oleh eksim atau psoriasis pada kulit kepala atau memiliki kondisi yang disebut dermatitis seboroik – penyebab yang sangat umum dari ketombe parah karena pertumbuhan berlebih dari ragi pada kulit kepala atau sebum dari kelenjar minyak.”

Jadi bagaimana Anda memberantas serpihan putih yang mengganggu itu? Berikut cara menghilangkan ketombe untuk selamanya, dalam sepuluh langkah mudah diikuti.

Gunakan Hydrating Shampoo
Salah satu perbaikan paling sederhana untuk ketombe: Mengganti sampo menjadi sesuatu yang lebih pelembab. “Mulailah dengan menggunakan sampo pelembab beberapa kali seminggu, ” kata Pinchasov. “Ganti sampo regulermu dengan Head and Shoulders atau Selsun Blue dan gunakan 1 hingga 2 kali seminggu. Pilihan hidrasi yang bagus yang secara pribadi aku suka adalah Shampo Perbaikan Kerusakan & Rehidrasi Kiehl.”

Cuci Rambut Anda Seperti Biasa — Tidak Lebih, Tidak Kurang
Jika Anda mengalami ketombe, jangan mengubah rutinitas mencuci rambut Anda — cukup ikuti jadwal yang biasa Anda lakukan sehingga Anda tidak menyebabkan masalah tambahan. “Seringkali saya diberitahu bahwa orang cenderung mencuci rambut lebih jarang ketika ketombe, tetapi menggunakan sampo yang menghidrasi benar-benar dapat membantu kulit kepala kering — mencuci lebih sedikit bukanlah solusi, ” kata Pinchasov. “Cuci saja sesering yang biasanya Anda lakukan — terutama karena mencuci yang berlebihan juga tidak baik, karena mengupas kulit kepala dari minyak alami.”

Gunakan Beberapa Cuka Sari Apel
Cuka apel memiliki banyak kegunaan sehingga sulit untuk dilacak. Dan salah satu yang paling tak terduga? Fakta bahwa itu bisa membantu menghilangkan ketombe. Menurut Dr. Oz, cukup campur 1/4 cangkir cuka sari apel dengan 1/4 gelas air dalam botol semprot, lalu oleskan ke rambut Anda tepat setelah Anda keramas. Setelah 15 menit, bilas. Jika Anda menggunakan metode ini dua kali seminggu, Anda akan menghentikan jamur penyebab serpihan di jalurnya.

Gunakan Solusi Anti-Ragi
Terkadang shampo umum tidak akan berhasil. Jika Anda benar – benar ingin belajar cara menghilangkan ketombe, Pinchasov mengatakan untuk meraih sesuatu yang secara langsung menargetkan ragi untuk membuang serpihan putih itu. “Jika ketombe Anda tidak kunjung sembuh, cobalah sampo anti-ragi yang dijual bebas – terutama sampo Nizoral atau seng sulfat, ” katanya.

Gunakan Minyak Pohon Teh
Minyak pohon teh dikenal karena sifat anti-jamurnya – dan kekuatannya juga dapat membantu kulit kepala Anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Antimicrobial Agents and Chemotherapy , menggunakan minyak esensial adalah cara yang bagus untuk melawan spesies jamur yang dapat membuat serpihan putih itu muncul di kepala Anda. Untuk pilihan yang tidak mahal, cobalah Perawatan Kulit & Kulit Kepala Minyak Pohon Kecantikan Hollywood yang sangat disukai, yang dapat Anda singkirkan hanya dengan $ 8.

Coba Pengobatan Jerawat Umum
Asam salisilat tidak hanya bagus untuk membersihkan kulit Anda. Menurut Pinchasov, perawatan ketombe juga bermanfaat. Salah satu pilihan yang bagus — dan mudah ditemukan! —Untuk dicoba adalah Neutrogena T / Sal Therapeutic Shampoo, yang menggunakan bahan tersebut untuk memecah susunan yang terkelupas di kulit kepala Anda.

Masukkan Aspirin yang Hancur ke Sampo Anda
Gunakan Produk Berbasis Tar
Ketika Anda memikirkan tar, Anda mungkin membayangkan benda lengket hitam gelap yang memperbaiki retakan di jalan. Anehnya, jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan ketombe, itu juga merupakan pilihan perawatan yang efektif untuk masalah Anda. “Beberapa derm merekomendasikan penggunaan produk berbasis tar, yang sebagian besar bermanfaat untuk pengelupasan parah, ” kata Pinchasov. “Baik Neutrogena T / Sal dan Cutar adalah pilihan yang bagus.” Berhati-hatilah: “Satu-satunya hal yang harus diperhatikan adalah tar dapat menghitamkan rambut — terutama warna rambut yang lebih terang – dan itu juga bisa membuat kulit kepala lebih sensitif untuk disentuh, ” jelasnya.

Pelajari Cara Menyabuni
Jika Anda belum pernah belajar cara menyabuni rambut dengan benar, sekarang saatnya: ini sangat penting dalam perawatan ketombe. “Ketika Anda menggunakan sampo ketombe, pastikan untuk membiarkannya menembus ke dalam kulit kepala. Ini paling baik dilakukan dengan menyabuni, ” kata Pinchasov. Untuk menyabuni, gosokkan produk dengan lembut ke rambut Anda dengan gerakan memutar, pastikan seluruh kulit kepala Anda — bahkan bagian yang sulit dilewatkan di bagian belakang leher Anda. Kemudian biarkan itu bekerja dengan ajaib: “Biarkan sampo duduk selama lima menit, lalu bilas, ” jelasnya.

Ambil Probiotik
Ahh, probiotik. Mereka menjaga usus Anda bahagia dan kulit kepala Anda bersih dari hal-hal putih — setidaknya menurut sebuah penelitian yang lebih tua, yang menemukan bahwa mengambil probiotik yang mengandung bakteri Lactobacillus paracasei tidak hanya mengurangi gatal-gatal pada kulit kepala dan sifat berminyak, tetapi juga sangat mengurangi jumlah orang yang mengalami ketombe.. Namun, ini bukan perbaikan cepat: mungkin butuh berbulan-bulan untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Tetapi bagi mereka yang sudah lama bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan ketombe untuk waktu yang lama, mungkin patut dicoba.