Blog

Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen Dan Sementara

Sudah menjadi rahasia umum bahwa media sosial kini memiliki fungsi selain untuk berkomunikasi jarak jauh, juga dapat digunakan untuk mengunggah pengalaman pribadi baik berupa foto maupun video, salah satunya dengan Instagram.

Instagram memiliki berbagai macam fitur menarik yang dapat dinikmati oleh para penggunanya. Hampir seluruh belahan dunia menggunakan media sosial ini. Bahkan, jumlah pengguna aktifnya mencapai miliaran dengan unggahan postingan foto maupun video yang mencapai 95 juta setiap harinya.

Akan tetapi, penggunaan Instagram ini dapat menyebabkan kewalahan sehingga terkadang orang – orang merasa ingin berhenti menggunakan aplikasi ini dengan satu dan lain hal. Adapun beberapa kasus yang marak muncul terkait dengan media sosial, salah satunya Instagram.

Beberapa permasalahan yang timbul di media sosial mulai dari masalah pribadi hingga modus penipuan membuat sebagian penggunanya ingin berhenti mengaksesnya. Tak jarang orang menonaktifkan Instagram mereka baik sementara maupun permanen dengan berbagai macam alasan.

Namun, sudahkah kalian mengetahui bagaimana cara menonaktifkan Instagram baik sementara maupun permanen? Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membantu kalian untuk memahami bagaimana langkah – langkahnya. Mari simak pembahasan berikut ini!

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen
Menghapus akun Instagram secara permanen artinya kita sudah siap untuk menghapus seluruh riwayat yang ada pada Instagram, baik foto, video, arsip, pesan, hingga pengikut kita. Tak hanya itu, kita tak dapat lagi menampilkannya.

Ketika hendak menghapus Instagram secara permanen, kita dapat melakukannya melalui HP dan juga website. Sebelum menghapusnya, kita perlu memikirkannya kembali apakah benar 100% ingin menghapusnya atau tidak.

* Cara Menghapus Akun Instagram Permanen Melalui HP

Jika seseorang ingin dengan cepat menghapus akun Instagram tanpa perlu menggunakan website, cara mudahnya dengan melalui HP. Berikut langkah – langkahnya!

1. Pertama, buka aplikasi Instagram terlebih dahulu dan jangan lupa untuk log in Instagram.
2. Klik ikon profil yang berada di bagian kanan bawah.
3. Pilih Pengaturan, yang berada di bagian kanan atas.
4. Keempat, pilih Bantuan > Pusat Bantuan.
5. Ketika kita ingin menonaktifkan Instagram secara permanen, klik Kelola Akun Anda, kemudian Hapus Akun Anda.
6. Keenam, klik “Bagaimana cara menghapus akun Instagram saya?”
7. Kemudian pilih tautan yang bertuliskan “Hapus halaman Akun Anda”.
8. Jika sudah, kita tentukan alasan mengapa kita hendak menghapus akun kita.
9. Kemudian kita masukkkan kata sandi Instagram akun yang hendak dihapus.
10. Yang terakhir, pilih “Hapus akun saya secara permanen”.

Begitulah cara menghapus akun instagram secara permanen melalui HP. Mudah bukan?

* Cara Menghapus Akun Instagram Permanen di Situs Web

Jika kita sudah mengetahui bagaimana cara menghapus akun Instagram secara permanen melalui HP, kini kita perlu mengetahui bagaimana cara menghapusnya melalui situs web.

1. Kita buka terlebih dahulu instagram pada web browser dengan link instagram.com/accounts/remove/request/permanent/
2. Kedua, log in akun Instagram yang hendak dihapus.
3. Kemudian kita bisa memilih alasan mengapa kita menghapus akun Instagram tersebut.
4. Masukkan ulang kata sandi akun Instagram.
5. Yang terakhir, klik “Hapus Akun Saya Secara Permanen”.

Cara Menghapus Akun Instagram Sementara
Setelah mengetahui bagaimana cara menghapus akun Instagram secara permanen, kita perlu mengetahui cara menghapus akun Instagram sementara. Pasalnya, sebagian dari orang hanya ingin memberhentikan penggunaan Instagram sementara, dan dalam waktu tertentu ingin menggunakan kembali.

Dengan menghapus Instagram sementara, profil, beserta foto dan video di dalamnya tidak akan terlihat oleh pengguna Instagram yang lain. Akan tetapi, menghapus akun Instagram secara sementara ini hanya bisa melalui browser ponsel maupun komputer.

Berikut langkah – langkah menghapus Instagram sementara.

1. Terlebih dahulu buka Instagram melalui Hp maupun komputer pada link berikut instagram.com
2. Kemudian masuk pada akun Instagram yang hendak dihapus tersebut.
3. Masuk padda profil Instagram kita dengan klik gambar profil yang berada pada kanan atas halaman.
4. Kemudian Edit Profil.
5. Kelima, klik “Nonaktifkan Sementara Akun Saya” untuk menghapus akun Instagram sementara.
6. Lalu, pilih alasan “Mengapa Anda Menonaktifkan Akun?”.
7. Setelah itu, masukkan kata sandi Instagram lagi.
8. Jika sudah, klik “Nonaktifkan Sementara Akun Saya”.

Kita dapat mengaktifkan akun Instagram kita tersebut kapan saja dan dapat masuk kembali dengan mudah. Akan tetapi, jika kita ingin menonaktifkannya kembali, harap menunggu hingga seminggu karena Instagram hanya memberikan izin bagi para penggunanya sekali dalam seminggu untuk menghapus akun secara sementara.

Dalam menghapus akun Instagram secara sementara ini, kita tidak perlu khawatir karena foto, video, dan juga pengikut kita tidaklah hilang, melainkan masih tersimpan dan sewaktu – waktu dapat dipulihkan kembali.

Perbedaan Temporary Disable dengan Permanently Delete
Untuk menghapus akun Instagram, kita ditawarkan dua pilihan antara lain temporary disable dan juga permanently disable. Dan kami akan menjelaskan perbedaan antara kedauanya di sini.

Ketika kita memilih temporary disable, artinya akun kita sebenarnya masih ada. Akan tetapi profil, postingan foto dan juga video beserta seluruh like dan komentarnya disembunyikan dari pengguna Instagram yang lain.

Kita dapat menghapusnya sementara tanpa batas waktu yang ditentukan dengan fitur tersebut. Akan tetapi, Instagram memberi kebijakan bahwa fitur ini hanya dapat digunakan sebanyak satu kali dalam seminggu.

Sedangkan, pada permanently delete, memberi kita kesempatan untuk menghapus akun Instagram selamanya. Meskipun demikian, Instagram memberikan kesempatan bagi kita jika dalam sebulan berubah pikiran ingin mengaktifkannya kembali.

Dengan kesimpulan, sebelum menghapusnya secara permanen, akun akan dinonaktifkan terlebih dahulu. Sebelum akun kita benar – benar terhapus, alangkah baiknya kita memikirkan secara matang. Karena jika sudah terhapus permanen, seluruh isi dalam profil kita, baik foto, video, dan pengikut akan benar – benar hilang.