Blog

Cara Menghapus Akun Google Secara Permanen Di HP Dan LaptopPC

Ilustrasi akun Google (photo/pixabay/PhotoMIX-Company)

Rabu, 10 November :30 WIB 10 November 2021, 21:30 WIB

INDOZONE.ID – Ada banyak alasan seseorang ingin menghapus akun Google, mulai dari ingin membuat akun yang baru, mengganti alamat URL, atau mengurangi akun Google yang terdaftar dalam perangkat.

Cara menghapus akun Google dapat dilakukan dengan mudah, baik melalui HP maupun lewat laptop atau personal computer (PC).

Namun, menghapus akun Google secara permanen dapat menghilangkan akses ke layanan Google lainnya seperti Gmail, Drive, Kalender, Play, hingga YouTube.

Bagi kamu yang tidak ingin lagi menggunakan akun Google, simak cara menghapus akun Google secara permanen dari perangkat HP atau laptop/PC yang sudah Indozone rangkum di bawah ini.

Cara Menghapus Akun Google di HP
Ilustrasi akun Google di HP (photo/pixabay/Digitalpfade)Menghapus akun Google dapat kamu lakukan dengan mudah lewat genggaman melalui HP yang kamu miliki.

Berikut ini langkah-langkah cara menghapus akun Google di HP secara permanen yang bisa kamu coba:

1. Login ke Gmail untuk membuka akun Google . Klik inisial nama akun Google pada bagian pojok kanan atas . Tekan “Kelola Akun Google Anda” . Pada menu “Privasi & personalisasi” pilih “Kelola data & privasi Anda” . Scroll ke bawah sampai menu “Opsi lainnya” lalu klik “Menghapus Akun Google Anda” . Masukkan password akun Gmail dan ikuti petunjuk selanjutnya

Cara Menghapus Akun Google di Laptop/PC
Ilustrasi akun Google di laptop (photo/pixabay/377053)Selain melalui HP, kamu juga bisa menghilangkan akun Google dari laptop atau personal computer (PC).

Adapun cara menghapus akun Google di laptop atau PC secara permanen yakni sebagai berikut:

1. Login ke Gmail untuk membuka akun Google . Klik inisial nama akun Google pada bagian pojok kanan atas . Tekan “Kelola Akun Google Anda” . Pilih menu “Data & privasi” . Scroll ke bawah sampai menu “Opsi lainnya” lalu klik “Menghapus Akun Google Anda” . Masukkan password akun Gmail dan ikuti petunjuk selanjutnya

Risiko Menghapus Akun Google
Ilustrasi akun Google (photo/pixabay/PhotoMIX-Company)Melansir dari laman support.google.com, ada beberapa risiko yang mungkin terjadi jika kamu menghapus akun Google, yakni sebagai berikut:

* Kehilangan semua data dan konten di akun Google tersebut seperti email, file, kalender, dan foto.

* Tidak bisa menggunakan layanan Google seperti Gmail, Drive, Kalender, atau Play.

* Tidak dapat mengakses langganan dan konten yang sudah dibeli dari akun Google tersebut di YouTube atau Google Play, seperti aplikasi, film, game, musik, dan acara TV.

* Bagi pengguna Android, akan kehilangan kontak yang hanya disimpan di akun Google tanpa digandakan di perangkat.

* Tidak dapat mengunduh (download) atau mengunggah (upload) file ke akun yang dihapus.

* Tidak bisa menggunakan aplikasi atau ekstensi Chrome untuk akun yang dihapus, baik gratis maupun yang berbayar.

Itulah cara menghapus akun Google secara permanen dari perangkat HP dan Laptop/PC. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Artikel Menarik Lainnya: