Blog

Cara Menggunakan Sumpit Yang Baik Dan Benar Hingga Etika Penggunaannya Di Berbagai Negara

Kedua adalah menancapkan sepasang sumpitnya ke atas nasi dalam posisi tegak. Cara memakai sumpit seperti ini dilarang karena posisi sumpit seperti itu mirip dengan penancapan Hio yang digunakan saat upacara pemakaman.

Adapun larangan lainnya adalah menunjuk orang lain dengan menggunakan sumpit, menjilat atau menghisap sumpit karena masih ada makanan, memukul-mukul sumpit ke meja atau wadah makanan, menahan sumpit di mulut, menarik mangkon menggunakan sumpit, serta membelah makanan menggunakan sumpit. Perilaku penggunaan sumpit tersebut dianggap tidak sopan oleh masyarakat Jepang.

Etika Makan Pakai Sumpit di Korea

Selain Jepang dan Cina, Korea juga memiliki aturan ketat dalam etika menggunakan alat makan, termasuk sumpit. Karena cara memakai sumpit erat kaitannya dengan adat makan yang berlaku di Korea.
Melansir dari jurnal ilmiah Universitas Negeri Padang yang disusun oleh Ayu Zahara dan Rahmat Dede Afrianto tentang Pengolahan dan Penyajian Makanan Korea, sejumlah etika di meja makan Korea.

Etika yang pertama adalah tidak mendahului orang tua ketika akan makan. Hal ini juga berlaku dalam mengangkat sumpit untuk mengambil makanan. Kedua tidak diperkenankan menancapkan sumpit tegak lurus ke atas. Karena hal ini melambangkan dupa yang dibakar saat upacara kematian.

Selanjutnya, tidak diperbolehkan mengambil makanan dengan menancapkan sumpit. Hal ini dinilai tidak sopan oleh masyarakat Korea. Selain itu juga tidak diperkenankan menggunakan sumpit dan sendok secara bersamaan dalam satu kali suapan. Hanya diperbolehkan menggunakan satu tangan sehingga penggunaan sumpit dan sendok dilakukan secara bergantian.

Setelah selesai makan, cara memakai sumpit diletakkan di sebelah kanan sendok. Meletakkan sumpit di sebelah kiri dianggap kurang sopan, karena mirip dengan cara penyajian makanan saat pemakaman.

Nah itu dia ulasan cara makan pakai sumpit yang sudah dihadirkan sama Diadona. Perlu diperhatian bahwa sejumlah negara menganggap makan pakai sumpit harus dilakukan dengan etika dan cara yang benar. Jadi, kalau kamu sedang berkunjung ke sejumlah negara tersebut, patut kamu perhatikan terlebih dahulu ya. Selamat mencoba!