Blog

Cara Mengecilkan Perut Bagian Bawah Sempurnakan Bentuk Tubuh Ideal

Ilustrasi gemuk. ©2018 Merdeka.com/Pixabay Merdeka.com – Memiliki timbunan lemak di tubuh adalah salah satu hal yang dihindari oleh banyak orang. Ya, tubuh tanpa kumpulan lemak adalah salah satu gambaran tubuh ideal yang menjadi impian. Namun sayangnya, hal tersebut tidak mudah untuk dicapai.

Tubuh setiap orang menyimpan lemak dengan cara yang berbeda. Dan perut bagian bawah cenderung menjadi tempat berkumpulnya lemak bagi banyak orang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti genetika, pola makan, dan faktor gaya hidup.

Sulit bukan berarti tidak mungkin. Kesabaran adalah kunci saat Anda berusaha untuk menghilangkan lemak pada perut bagian bawah. Namun, tetap ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk mengoptimalkan prosesnya.

Dalam artikel kali ini, kami akan menyampaikan beberapa cara mengecilkan perut bagian bawah secara alami dan bisa Anda coba di rumah. Tapi sekali lagi, dibutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Membuat Defisit Kalori
Cara mengecilkan perut bagian bawah yang pertama adalah dengan membuat defisit kalori. Apakah Anda membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi setiap hari? Jika ya, berarti Anda sedang mengalami defisit kalori.

Dikutip dari healthline, dengan membakar 3.500 kalori lebih banyak dari yang Anda konsumsi, sama dengan 1 pon lemak. Dengan memiliki defisit 500 kalori (melalui kombinasi diet dan olahraga) Anda akan kehilangan sekitar 1 pon lemak per minggu.

Menghilangkan Lemak dengan Diet
Cara mengecilkan perut bagian bawah yang kedua yaitu dengan diet. Makan makanan yang tepat dapat membantu menurunkan berat badan. Hindari atau batasi makanan yang diproses dan tinggi gula rafinasi dan biji-bijian yang diputihkan. Mereka telah dikaitkan dengan ketidakstabilan gula darah dan pembengkakan di saluran pencernaan.

Sebaliknya, fokuslah untuk menambahkan sumber protein dan serat yang sehat ke dalam makanan Anda. Sayuran kucifer dapat membantu Anda kenyang lebih lama dan mengandung banyak nutrisi. Ini termasuk:

Protein dapat meningkatkan stamina dan energi Anda tanpa menambah banyak kalori untuk kebutuhan kalori harian Anda. Beberapa sumber protein meliputi:

* telur rebus
* daging tanpa lemak
* kacang-kacangan dan polong-polongan
* biji-bijian

Hindari atau batasi minuman dengan pemanis buatan, termasuk minuman energi dan soda diet. Pilihlah minuman seperti teh hijau tanpa pemanis dan air putih.

Olahraga
Cara mengecilkan perut bagian bawah ketiga yaitu dengan olahraga. Tentu saja, olahraga berperan penting bagi Anda yang ingin memiliki tubuh sehat dan ideal. Dalam usaha cara mengecilkan perut bagian bawah, Anda bisa melakukan olahraga berikut:

HIIT

Pelatihan interval intensitas tinggi, atau disebut juga HIIT, telah dikaitkan dengan pengurangan lemak di antara orang dewasa dengan berat badan lebih.

Anda dapat menggunakan stopwatch untuk mengatur waktu interval Anda. Tentukan latihan yang akan Anda lakukan, seperti sprint, burpe, speed bag, atau gerakan kardio lainnya. Kemudian latih tubuh Anda sekuat tenaga setidaknya selama 45 detik.

Istirahat selama 45 detik sebelum mengulangi latihan ini sebanyak mungkin pengulangan dalam 45 detik. Ulangi itu dalam putaran lima hingga tujuh kali latihan.

Untuk membakar lemak, lakukan latihan HIIT atau kardio sebelum Anda beralih ke latihan lain. Meningkatkan detak jantung Anda sebelum jenis latihan lain, seperti angkat beban dan Pilates, adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kinerja tubuh Anda.

pocketmags.com

The Hundred

Latihan Pilates ini akan menargetkan otot perut bagian bawah. Berikut cara melakukannya:

* Mulailah berbaring telentang di atas matras, dengan lutut ditekuk 90 derajat ke atas sehingga kaki Anda melayang di atas lantai. Tahan posisi kaki yang ditekuk ini.
* Luruskan tangan di sebelah tubuh Anda dan angkat dada dan punggung ke atas dari lantai untuk melatih perut Anda.
* Tarik napas, dan mulailah memompa lengan ke atas dan ke bawah saat Anda menahan dada dan leher dari lantai. Cobalah bernapas serempak dengan gerakan lengan Anda, dan mulailah menghitung.
* Tahan pose ini hingga hitungan ke 100 sebelum memeluk lutut Anda ke dada dan mengembuskan napas untuk melepaskan ketegangan dari dada Anda.
* Ulangi latihan ini 2 atau 3 kali jika Anda mampu, dan lakukan hingga lebih banyak repetisi.

Scissor Switch

Scissor switch adalah latihan perut bagian bawah yang terkadang digunakan dalam latihan Pilates. Berikut cara melakukannya:

* Mulailah dengan posisi tidur di atas matras, dan angkat kaki ke arah langit-langit dengan sudut 90 derajat. Anda bisa meletakkan tangan di belakang kepala.
* Dorong dagu ke arah dada, dan tahan agar tulang rusuk terlipat ke arah pusar. Anda harus merasakan perut bagian bawah Anda terlibat.
* Dalam gerakan terkontrol, jatuhkan salah satu kaki ke arah lantai, namun segera hentikan sebelum menyentuh lantai.
* Angkat kembali kaki tersebut, dan ulangi dengan kaki satunya. Ulangi sebanyak 20 repetisi.

Jackknife Crunch

Jackknife crunch adalah latihan dalam cara mengecilkan perut bagian bawah selanjutnya. Latihan lantai ini akan melatih perut bagian bawah. Gerakannya mungkin terasa sederhana pada awalnya, tetapi setelah beberapa repetisi, Anda akan merasakan bagaimana gerakan tersebut memperkuat inti Anda.

Berikut cara melakukannya:

* Berbaring telentang dengan tangan diluruskan di atas telinga dan menjangkau ke arah bagian atas kepala Anda.
* Libatkan otot inti Anda, angkat lengan ke arah kaki Anda. Dan pada saat yang sama, angkat kaki ke atas sehingga tangan dan kaki Anda bertemu.
* Coba raih untuk menyentuh lutut Anda, lalu turunkan kaki dan lengan Anda.
* Ulangi sebanyak 20 repetisi. Usahakan untuk melakukan 3 set yang terdiri dari 20 set untuk memulai.

Perubahan Gaya Hidup
©dripdrop.com

Cara mengecilkan perut bagian bawah yang terakhir yaitu dengan mengubah gaya hidup Anda. Selain diet dan olahraga, ada perubahan gaya hidup lain yang dapat Anda lakukan untuk membantu menurunkan berat badan.

Kebiasaan sehat cenderung memiliki efek domino. Jika Anda dapat menambahkan satu atau dua perubahan sehat ke dalam rutinitas Anda, akan lebih mudah untuk menambahkan lebih banyak lagi seiring berjalannya waktu.

Berikut beberapa kebiasaan sehat yang bisa Anda lakukan:

* Minum banyak air.
* Tambahkan lebih banyak kegiatan berjalan kaki ke dalam rutinitas Anda.
* Berlatihlah makan dengan penuh kesadaran, dan cobalah makan lebih lambat. Meluangkan waktu saat makan dapat membantu mencegah makan berlebihan.
* Berhentilah merokok sebelum Anda mencoba program pembatasan kalori apa pun. Berhenti merokok akan membantu membuat latihan Anda lebih menyenangkan dan efektif, belum lagi banyak manfaat kesehatan lainnya dari berhenti merokok.
* Dapatkan tidur malam yang nyenyak. Tidur yang buruk akan meningkatkan stres dan dikaitkan dengan penambahan berat badan.

[ank]