Blog

Cara Memulihkan Kembali Indra Penciuman

Poptren.suara.com – Pernahkah Anda mendengar tentang anosmia? Anosmia atau yang dikenal dengan kehilangan indra penciuman adalah salah satu gejala Covid-19 yang paling sering dikeluhkan. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mengembalikan indra penciuman yang mudah dan efektif.

Ada dua jenis bau yang tidak bisa dikenali oleh pasien Covid-19, yaitu minyak kelapa dan aroma peppermint. Meski demikian, orang yang terinfeksi Covid-19 tidak sepenuhnya kehilangan kemampuan penciuman.

Untuk memulihkan kembali kondisi indra penciuman, kamu dapat melakukan beberapa hal ini.

1. Melatih Kembali Indra Penciuman

Baca Juga:Cara Rayakan Ulang Tahun Sendirian

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk memulihkan kembali fungsi indra penciuman adalah dengan melatih kembali indra penciuman. Untuk melakukannya, kamu dapat berlatih mencium berbagai aroma dan bau benda-benda menyengat. Kamu dapat melakukannya tiga kali sehari selama 30 detik dalam jangka waktu 6 minggu. Dengan melakukan latihan ini, kamu dapat mempertajam kembali fungsi indra penciuman.

2. Rutin Membersihkan Bagian Dalam Hidung

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki fungsi indra penciuman adalah rutin membersihkan bagian dalam hidung. Kamu dapat melakukannya dengan membilas bagian dalam hidung dengan larutan garam. Larutan garam ini dapat kamu buat sendiri di rumah atau dibeli di apotek terdekat. Dengan membilas bagian dalam hidungmu dengan air garam, maka hidungmu akan bebas dari infeksi.

3. Rutin Mengkonsumsi Jahe

Untuk mengembalikan fungsi indra penciumanmu, kamu juga dapat menggunakan jahe, baik berupa bubuk, maupun jahe yang telah diseduh menjadi minuman. Kamu dapat menggunakan jahe bubuk untuk berlatih mencium bau, sementara air olahan jahe dapat kamu minum dan dapat melancarkan pernafasan.

Baca Juga:Pakaian Bekas Impor Bahaya Bagi Kesehatan, Ini tanggapan Menteri Perdagangan

4. Mengonsumsi Obat-Obatan

Cara lainnya yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki kondisi indra penciuman adalah dengan mengonsumsi obat-obatan. Obat-obatan yang dapat kamu konsumsi untuk mengembalikan fungsi indra penciumanmu adalah suplemen vitamin A, asam alfa-lipoat, dan semprotan hidung steroid. Obat ini dapat kamu dapatkan dengan bebas di apotik.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan dan memulihkan kondisi indra penciuman. Jika setelah melakukan cara di atas kondisi indra penciuman belum membaik, sebaiknya kamu segera ke dokter untuk memeriksakan diri. Semoga artikel ini membantu.

Sumber : blitz.suara.com