Blog

Cara Membuat Website Panduan Untuk Pemula 2022

PANDUAN LENGKAP LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT WEBSITE UNTUK PEMULA Ilmu gratis paket komplit:
cara membuat websiteperusahaan, pribadi, sekolah dan organisasi.

Ditulis oleh Hary
Terakhir diperbarui 22 Jan Sekarang sebenarnya semua orang bisa membuat website sendiri bahkan tanpa harus belajar apapun tentang desain web atau coding pemrograman.

Tidak soal kamu mau membuat website untuk keperluan pribadi atau untuk perusahaan di tempat kamu bekerja, kamu bisa membuat website sendiri asalkan pakai perlengkapan dan belajar di tempat yang tepat yaitu disini.

Melalui panduan ini saya akan mengajarkan kamu bagaimana cara membuat website mulai dari nol tanpa harus mengeluarkan uang ke perusahaan jasa pembuatan website.

Kamu hanya perlu luangkan waktu membaca panduan ini dan mempraktekanya.

Untuk Siapa Panduan Website Ini?
Kamu yang mau punya webiste tapi tidak punya skill pemrograman, tidak ada background IT, hanya bisa komputer sedikit, tidak sanggup bayar orang.

Kenapa Harus Belajar Cara Membuat Website Disini?
Panduan ini sudah membantu banyak orang dan sudah ada lebih dari 1000 website yang berhasil dibuat, percayalah kamu tidak buang waktu kalau membaca panduan ini sampai habis.

Disini Bisa Konstultasi Gratis
Kalau ada kendala dan pertanyaan ketika mempraktekan panduan ini kamu bisa hubungi saya.

Hal-Hal yang Kamu Butuhkan Untuk Belajar Cara Membuat Website Sendiri
Sama seperti memasak butuh bahan-bahan, ini yang kamu butuhkan untuk membuat sebuah website:

1. Domain(Nama alamat website kamu )
2. Hosting(Layanan untuk menjalankan website)
3. WordPress (Platform aplikasi website yang paling banyak di gunakan)

Untuk membuat sebuah website yang benar-benar bisa berjalan online di internet kamu perlu punya sebuah nama domain sebagai alamat dari website milikmu, kemudian kamu butuh hosting yaitu sebuah layanan yang berfungsi menjalankan website agar bisa di akses dari internet selama 24 jam (nonstop).

Tanpa domain dan hosting kamu gak akan pernah bisa membuat website yang online di internet.

Setelah kamu punya domain dan hosting barulah kamu bisa membuat website menggunakan WordPress. Sekarang ini ada sekitar 40% website diseluruh dunia yang dibuat pakai WordPress.

WordPress adalah aplikasi atau platform website yang di install pada hosting, proses instalasinya tidak sulit asalkan si hosting punya fitur “install hanya dengan sekali klik”. Setelah install WordPress berhasil maka website kamu sudah online.

Selanjutnya kamu tinggal merubah tampilan, membuat halaman, menulis artikel, masukan gambar, video dan sebagainya ke dalam website dengan mudah menggunakan platform WordPress.

Jadi setelah menyelesaikan panduan belajar cara membuat website disini kamu bakal langsung punya sebuah website yang kamu buat sendiri mulai dari nol sampai jadi online yang bisa diakses dari internet oleh orang-orang.

Apa kamu siap untuk membuat websitenya? Ayo mari kita mulai…

Berikut Daftar: 5 Langkah Cara Membuat Website Dari Nol Sampai Online

Langkah 1
Pilih Nama Domain

Hal pertama yang kamu perlukan untuk membuat website adalah menentukan sebuah nama domain, tapi kalau kamu sudah punya domain kamu tidak perlu baca langkah 1 dan bisa langsung loncat ke langkah-2.

Domain adalah sebuah alamat website yang selalu kamu ketikan di internet misalnya: google.com, google.co.id, detik.com dan seterusnya.

Nama domain dari website saya ini adalah caramembuatwebsite.org, kamu bisa pilih nama domain apa saja sesuka kamu.

Cara Menentukan Nama Domain
Kalau kamu belum pernah punya nama domain, jangan khawatir berikut ada tips cara saya menentukan sebuah nama domain:

* Untuk website perusahaan pakailah nama perusahaan atau brand, tapi kalau kamu merasa kepanjangan pakai saja singkatan contohnya: pabriksendalbatam.com
* Untuk website lembaga pendidikan formal di indonesia kamu perlu menggunakan akhiran .sch.id untuk sekolahan dan .ac.id untuk perguruan tinggi
* Website pribadi boleh menggunakan nama pribadi atau panggilan sebagai nama domain lalu gunakan .com atau .id untuk akhiranya. Contoh: sandiuno.com
* Website untuk marketing produk kamu bisa pakai nama produk digabung nama daerah atau wilayah contoh: dealerastramotorkebumen.com, belirumahtangsel.com
* Untuk website pariwisata gunakan nama tempat wisata bisa di tambah dengan jasa yang kamu berikan. contohnya: laketoba-localguide.com, cipanas-outbond.id
* Domain untuk blog bisa pilih gunakan nama pribadi atau gunakan topik yang kamu pilih contoh: caramembuatwebsite.org, belajarlinux.org
* Untuk website berita kamu bisa gunakan nama brand atau topik dan kalau itu media lokal atau portal berita setempat kamu bisa digabung dengan nama daerah. Contoh: beritainhil.id

Sebenarnya tidak ada aturan khusus untuk menentukan nama domain,kamu bebas menentukanasalkan nama domain yang kamu pilih belum di daftarkan atau tidak dimiliki oleh siapapun karena nama domain hanya boleh ada satu saja di seluruh dunia.

Syarat Untuk Punya Domain
Kamu tidak memerlukan syarat apapun untuk punya domain .com, .org, .net dan sebagainya tapi ada pengecualian khusus untuk akhiran domain negara indonesia (yang belakangnya .id) kamu perlu mempersiapkan dokumen tertentu sebagai syarat:

.ac.id Khusus Perguruan Tinggi

* Scan KTP Penanggung Jawab
* Scan SK Depdiknas Pendirian Lembaga
* Scan Akta Notaris Pendirian / SK Rektor (Pimpinan Lembaga)
* Scan Surat Kuasa Pimpinan Lembaga kepada penanggung jawab untuk pendaftaran nama domain

.sch.id Khusus lembaga pendidikan TK, SD, SMP, SMU/SMK)

* Scan KTP Penanggung Jawab
* Scan Surat Permohonan Kepala Sekolah
* Scan Surat Kuasa Kepala Sekolah kepada penanggung jawab untuk pendaftaran nama domain

.co.id Khusus PT, CV, Firma

* Scan KTP Penanggung Jawab
* Scan SIUP/TDP atau Akta Notaris (cover halaman 1 dan NPWP perusahaan)
* Scan Surat Kepemilikan Merk (bila ada)

.or.id (Organisasi, Yayasan, Perkumpulan, Komunitas)

* Scan KTP Pimpinan Lembaga
* Scan Akta Notaris atau SK Intern Organisasi

.id, .my.id, web.id (Siapa saja/perorangan)

Semua syarat ini di perlukan nanti sewaktu kamu mendaftarkan nama domain.

Bagaimana Cara Cek Ketersediaan Domain
Kamu bisa cek apakah domain sudah ada yang punya atau belum melalui website penyedia jasa domain, disana mereka menyediakan tools untuk bisa kita gunakan gratis untuk langkah-langkahnya nanti saya bahas lebih detail di bawah.

Kalau domain yang kamu pilih sudah ada yang punya kamu tidak usah kahawtir karena masih banyak alternatif misalnya dengan cara mengganti akhiran domain atau menggunakan sinonim.

Selanjutnya adalah mendaftarkan nama domain ke jasa penyedia domain.

Biayanya sekitar Rp. 150.000 sampai Rp. 500.000 per tahun bergantung dari akhiran nama domain yang kamu pilih. Umumnya sih sekitar Rp.150.000an per tahun untuk akhiran domain .com, .net dan .org.

Jangan buru-buru beli karena saya mau kasih cara dapat domain gratis di langkah ke 2, sekaligus membahas cara untuk cek ketersediaan domain.

Langkah 2
Mendaftarkan Domain dan Hosting

Selain memiliki nama domain kamu juga memerlukan hosting (web hosting) maka pada langkah ke-2 cara membuat website kamu akan membahas langkah-langkah mendaftarkan domain dan hosting.

Web Hosting adalah layanan untuk menjalankan website yang sudah di lengkapi banyak fitur seperti:

* Email sehingga kamu bisa punya email dengan nama domain sendiri,
* Media penyimpananuntuk file artikel, gambar, video dan sebagainya.
* Fitur backup website untuk mencegah hal tak terguda yang tidak di inginkan.
* Fitur keamanan website(SSL atau HTTPS) agar website aman dari hacker.
* Tentu fitur-fitur lainya yang bersifat teknis.

Tanpa web hosting website kamu tidak akan pernah bisa di akses dan di browsing oleh orang lain, apa kamu pernah buka webiste yang susah banget di akses? Bisa jadi itu karena web hostingnya jelek.

Sebenarnya untuk bisa punya web hosting yang bagus biayanya cukup murah dan terjangkau hanya sekitar Rp 15 ribu sampai Rp 60 ribuan per bulan (biaya akan tagihankan pertahun).

Kamu boleh pilih penyedia jasa web hosting manapun, tapi pastikan HARUS punya fitur ini:

* Fitur instalsi platform wordpress
* SSL/https sebuah fitur keamanan website tanpa biaya tambahan
* Unlimited storage/Penyimpanan tidak terbatas
* Unlimited bandwidth / Kecepatan website tanpa batas

Kalau penyedia hosting yang kamu pilih punya fitur diatas berarti kamu sudah dapat hosting yang tepat untuk membuat website pertama kamu.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis web hosting, jangan sampai kamu dibuat pusing karena untuk bisa membuat website kamu cukup ikuti saran saya.

Dimana Beli Domain dan Hosting yang murah dan bagus?

Saya sarankan beli domain dan hosting di penyedia jasa hosting Niagahoster, disana kamu bisa dapat domain .com.net.org secara GRATIS!!!.

Layanan hosting disana cukup bagus artinya nanti website kamu tidak akan mengalami gangguan tidak bisa di akses atau lambat.

Customer supportnya bagus dan bersedia bantu kalau kamu mengalami kendala teknis layanan hosting.

Selain itu panduan ini juga berisi langkah keterangan dan gambar dari hosting yang saya sarankan, kamu pasti akan lebih mudah mengikuti panduanya kalau kamu pakai hosting yang sama.

Harga sewa hosting di niagahoster sekitar Rp. 40.223/bln, kamu bisa pakai kode kupon mashary biar kamu dapat diskon tambahan +10%.

Cukup buka website niagahoster pakai link saya, link diskon niagahoster.

Cara Mendaftarkan Domain dan Hosting di Niagahoster
1) Buka Website dengan Link Link Di Atas

Buka Website Niagahoster

Pilihlah paket hosting yang akan kamu ambil sesuai kebutuhan mu.

Tips memilih paket hosting:

* Jangan pilih paket bayi untuk website pertama kamu karena kamu gak bisa dapat domain gratis, kecuali kamu sudah punya domain sebelumnya.
* Pilih paket pelajar kalau kamu hanya butuh website saja dan kelihatanya akan jarang/tidak menggunakan email nama domain kamu.
* Pilih paket Personal kalau kamu suka hal teknis untuk utak-atik website sendiri nantinya.
* Pilih paket Binis kalau kamu menggunakan website dan akan menggunakanemail secara intensif, paket ini cocok untuk perusahaan yang tidak ingin komunikasi emailnya terganggu.
* Jangan tergiur diskon memang biaya awal lebih murah tetapi pikirkan juga biaya perpanjangannya (harga nomral)

2) Pilih Periode Hosting dan Periksa Ketersediaan Domain

Keterangan gambar di atas:

Nomor 1. Pilih periode hosting yang akan kamu ambil saya sarankan 3 tahun.

Kenapa? Pada pembelian pertama kamu bisa dapat diskon paket sampai dengan 34% paket pelajar, 75% paket personal, 42% paket bisnis lalu untuk perpanjangan kamu bakal dikenakan harga normal.

Jadi asumsi perhitunganya paket pelajar kalau ambil setahun:

Harga diskon pembelian pertama selama 1 tahun Rp. 554.193
Perpanjangan setiap tahunnya dikenakan harga normal Rp. 801.600
Jadi selama 3 tahun kamu harus bayar Rp. 554.193+Rp. 801.600+Rp. 801.600 = Rp. 2.157.393
Kalau saya bagi 3 tahun maka pertahun kira-kira Rp. 719.131/tahun

Sekarang bandingkan kalau ambil 3 tahun di pembelian pertama:

Harga diskon pembelian pertama selama 3 tahun Rp. 1.448.033
Jadi selama 3 tahun kamu harus bayar Rp. 1.448.033= Rp. 1.448.033
Kalau saya bagi 3 tahun maka pertahun kira-kira Rp. 482.678/tahun

Itu hanya saran tetapi semua kembali ke budget masing-masing.

Nomor 2. Ketikan nama domain yang kamu mau daftarkan, setelah itu tekan tombol Cek Domain di bawahnya untuk mengetahui apakah domain tersebut bisa digunakan atau tidak.

Kalau domain yang kamu pilih tidak tersedia artinya domain tersebut sudah digunakan orang lain, kamu bisa ganti akhiran domain lain atau kamu bisa gunakan frasa/sinonim sebagai pengganti.

Jika masih belum berhasil kamu bisa coba terus sampai domain tersedia, tapi pikirkan baik-baik jangan pakai nama domain asal-asalan.

Pada saat domain tersedia akan muncul tombol Tambahkan ke Cartuntuk memasukan hosting dan domain ke daftar pembelian, tekan tombol itu.

Setelah itu lihat kotak bagian kanan atas untuk memastikan domain dan hosting sudah masuk ke dalam daftar keranjang pembelian (perhatikan gambar di bawah)

Selamat ya… Kamu sudah HEMAT karena dapat domain gratis. Tekan tombol Lanjutkan untuk menuju ke langkah berikutnya.

3) Tidak Perlu Fitur Tambahan Saat Ini

Memang kamu bakal install wordpress tetapi kamu tidak akan install wordpress disini karena kamu akan install HTTPS/SSL gratis terlebih dulu.

Seperti terlihat untuk pasang HTTPS/SSL kamu di sarankan bayar, sebenarnya kamu bisa dapat gratis makanya nanti akan saya jelaskan, tapi untuk saat ini kamu abaikan fitur tambahan.

Keterangan gambar diatas:
Abaikan fitur tambahan karena akan menambah biaya tambahan, jadi tekan tombol Lanjutkan saja.

4) Pilih Metode Pembayaran

Keterangan gambar diatas:
Nomor 1. Pilih metode pembayaran yang mau kamu pakai.
Nomor 2. Gulung/scroll layar kebawah untuk melanjutkan.

Jangan lupa masukan kode promo MASHARY biar kamu dapat diskon tambahan 10%

6). Pembuatan Akun

Ilustrasi gambar diatas:
Nomor 1. Tekan tombol Belum Punya Akun untuk membuat akun baru setelah itu isi lengkap formulir di bawahnya.
Nomor 2. Setelah formlir di lengkapi kamu bisa tekan Checkout Sekarang untuk menyelesaikan proses pembayaran.

Silakan ikuti prosedur selanjutnya dan lakukan pembayaran, selalu periksa email kamu secara berkala karena selanjutnya kamu akan menerima banyak email.

7) Apa yang kamu dapatkan?

Setelah kamu berhasil mendaftarkan domain dan hosting kamu akan mendapatkan email yang berisi informasi username dan password, harap simpan itu atau bila perlu di cetak untuk di arsipkan.

Kamu akan mendapatkan beberapa username dan password yang berbeda:

* Username dan password untuk masuk ke panel Niagahoster (sewaktu kamu daftar)
* Username dan password untuk masuk ke control panel hosting (di kirim via email)

Jangan sembarang berikan informasi password, karena itu merupakan akses penuh untuk website kamu nanti.

Menjawab Pertanyaan Umum Hosting
Apakah pembayaran bisa perbulan?
Tidak, umumnya perusahaan jasa hosting memberikan tagihan pertahun atau minimal 6 bulan bergantung dari jasa penyedia.

Satu hosting apakah bisa untuk beberapa domain/website?
Bisa banyak, bergantung dari ketentuan penyedia hosting. Kamu cukup beli domain baru sebagai tambahan.

Apa yang terjadi kalau saya tidak bayar biaya perpanjang domain dan hosting?
Kalau domain tidak di perpanjang domain tersebut bisa di ambil oleh orang lain. Kalau Hosting tidak di bayar, itu akan membuat website dan segala fiturnya termasuk email tidak akan bisa di akses.

Apakah caramembuatwebsite.org bagian dari perusahaan hosting?
Tidak, saya adalah seorang blogger dan web programmer independen yang menulis sendiri artikel ini untuk membantu teman-teman di indonesia biar bisago online.

Langkah 3
Install WordPress di Hosting

Pada langkah ke-3 cara membuat website, kamu akan melakukan beberapa langkah instalasi di hosting.

1. Cara Masuk Panel Hosting
2. Langkah Install SSL/HTTPS
3. Langkah Install WordPress
4. Periksa Hasil Instalasi WordPress

Ini adalah langkah yang perlu kamu lakukan hanya sekali saja sewaktu membuat website (one time setup) jadi kamu tidak perlu pusing dengan step-step yang saya berikan di langkah 3, kamu cukup ikuti saja persis yang saya sebutkan.

Cara Masuk Panel
Sebelum melakukan proses instalasi kamu perlu tau cara masuk ke ke panel hosting menggunakan user dan password yang sudah kamu miliki.

Ada dua jenis panel:

1. Panel Jasa Hosting/Niagahoster
(produk, support dan invoicing) . Control Panel Hosting/cPanel
(hal teknis website, email, sekuriti, backup, dll)

Masuk Panel Hosting Niagahoster
Di halaman panel ini kamu bisa minta bantuan support hal teknis atau invoicing termasuk PPN dan faktur pajak bagi kamu yang membutuhkanya.

Buka websiteNiagahoster lalu kamu menuju halaman login untuk masuk ke panel Niagahoster.

Buka Website Niagahoster

Gunakan Email dan password niagahoster yang kamu daftarkan di langkah 2 untuk masuk halaman login.

halaman panel niagahoster

Setelah masuk ke panel, kamu akan langsung ada pada halaman beranda dari panel hosting.

halaman panel niagahoster

Ilustrasi gambar di atas:

1. Kiri bagian menu dimana kamu bisa memeriksa tagihan/invoice, beli produk tambahan lainnya.
2. Tombol ungu untuk support 24 jam, kamu cukup tanya disana pasti kamu bakal di bantu.

Masuk Panel Hosting Cpanel
Selanjutnya kamu perlu masuk ke cPanel yaitu sebuah panel yang berfungsi untuk mengatur hal teknis hosting termasuk file, email management, database, file management, backup dan lain-lain.

masuk kelola hosting

Pada halaman panel hosting di menu beranda kamu bisa pilih kelola hosting.

all feature cpanel

Kemudian akan muncul beberapa fitur cPanel tetapi kamu pilih All Feature saja karena kita akan melakukan semua proses instalasi di cPanel.

halaman cpanel

Di atas adalah halaman Control Panel Hosting yang bernama cPanel, kita akan melakukan proses instalasi di sana.

Pertama kita install SSL terlebih dulu.

Langkah Install SSL/HTTPS Gratis
Setelah kamu punya nama domain dan sebuah web hosting selanjutnya kamu perlu install WordPress kedalam hosting, tapi sebelum itu kamu perlu mengaktifkan HTTPS/SSL.

SSL atau HTTPS adalah fitur keamanan website agar tidak mudah di hack oleh orang lain, selain itu google lebih menyukai website yang menggunakan https ini bagus untuk ranking google.

perbedaan https dan http

Website tanpa https akan memunculkan peringatan tidak aman, jangan sampai penunjung website merasa tidak aman sewaktu membuka website kamu, makanya kita butuh SSL/HTTPS.

Untuk punya https umumnya kamu harus beli tapi saya akan kasih tau kamu cara dapat HTTPS/SSL gratis melalui hosting cPanel yang sudah kamu beli.

Pada halaman cpanel gunakan pencarian ketik lets encrypt atau kamu bisa cari di bawah di bagian security. Pilih itu kemudian kamu akan masuk ke menu Lets Encrypt SSL.

cpanel pilih lets encrypt

Pada menu Lets Encrypt pilih tombol + Issue untuk membuat SSL baru, lalu tunggu sampai prosesnya selesai.

tambah ssl baru dengan lets encrypt

Setelah itu simpan pembuatan SSL dengan cara menekan tombol issue

terbitkan ssl gratis dengan lets encrypt

Setelah itu kamu bisa kembali ke menu utama dengan cara klik tombol kotak-kotak di bagian kiri atas.

kembali ke menu utama cpanel

Sekarang HTTPS sudah terinstall di hosting langkah berikutnya adalah instalasi wordpress.

Langkah Install WordPress
Masuk ke Control Panel cPanel lalu pilih SOFTACULOUS APPS INSTALLER kemudian pilih WordPress.

Pilih tombol Install Now untuk menuju formulir instalasi.

cpanel install wordpress

Ada banyak yang form yang harus di isi tapi kamu jangan pusing kamu cukup ikuti langkah yang saya berikan di bawah ini:

Penjelasan Ilustrasi gambar diatas:

1. Di installation url pastikan kamu mengganti protocol menjadi https:// lalu in Directory harus kosong tidak boleh ada isi.
2. Tuliskan Admin Username dan Admin password yang akan kamu buat untuk masuk ke halaman admin wordpress nantinya.
Admin Username bisa gunakan nama panggilan (tanpa spasi)
Admin Password klik saja gambar kunci di samping untuk membuat password otomatis
Harap di catat biar kamu tidak lupa karena kita akan selalu pakai ini pada langkah berikutnya

3. Pada bagian Plugin kamu biarkan saja seperti pada gambar di atas.
4. Tekan tombol Install untuk memulai proses instalasi, mungkin agak lama jadi tunggu saja sampai prosesnya selesai .

Tunggu prosesnya lalu jika sudah selesai maka akan muncul keterangan berhasil seperti pada gambar dibawah.

instalasi wordpress di cpanel berhasil

Periksa Hasil Instalasi WordPress
Kamu perlu memastikan bahwa instalasi wordpress berhasil sebelum bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Caranya mudah kamu cukup ketikan nama domain kamu ke aplikasi browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Microsoft Edge dll.

Jika muncul halaman website seperti dibawah itu artinya wordpress sudah berhasil di install.

tampilan website wordpress awal

Sampai disini sebenarnya website kamu sudah selesai dan sudah bisa di akses oleh orang-orang melalui internet.

Jangan kaget ya, mungkin tampilanya tidak seperti yang kamu harapkan karena memang semua masih kosong melompong.

Maka itu sekarang kita perlu atur settingan dasar wordpressnya terlebih dulu.

Langkah 4
Pengaturan WordPress

Setelah Instalasi WordPress berhasil, hal pertama yang perlu kamu dilakukan adalah pengaturan dasar.

Maka pada langkah ke 4 dari cara membuat website akan membahas bagaimana cara mengaturnya.

Apa saja yang di bahas?

1. Cara Masuk Pengaturan WordPress
2. Mengenal Halaman Admin
3. Melakukan Pengaturan Awal
4. Mengganti Tampilan

Cara Masuk Pengaturan WordPress
Pada dasarnya wordpress menyediakan dua tampilan yaitu:

1. Tampilan Publik merupakan tampilan website untuk di lihat oleh orang-orang
2. Tampilan Admin seperti dapur website dimana kita bisa mengatur seluruh isi website sesuai selera kamu, untuk masuk ke tampilan admin dibutuhkan akses user dan password (hanya kamu dan orang yang kamu percaya boleh masuk kesini)

wordpress halaman publik dan admin

Cara masuk ke pengaturan wordpress cukup mudah kamu hanya perlu membuka website milikmu lalu di tambah dengan akhiran /wp-admin.

Contoh /wp-admin setelah itu masukan user dan password yang sudah kamu buat sewaktu install wordpress jika passwordnya benar maka kamu akan masuk ke halaman admin.

Mengenal Halaman Admin
Setelah masuk halaman admin wordpress kira-kira tampilan awalnya akan seperti ini.

Menunya mungkin kelihatan banyak tapi kamu tak usah pusing karena saya akan jelaskan, kamu pasti akan terbiasa kedepanya karena ini cukup mudah di pelajari.

mengenal halaman admin wordpress

Semua menu ada di bagian kiri seperti di tunjukan pada gambar di atas, saya akan jelaskan satu per satu secara ringkas agar kamu tidak bingung.

Daftar Menu:

* Dashboard adalah halaman depan admin yang berisi informasi sekilas tentang website kamu.
* Posts berisi daftar artikel yang di terbitkan berdasarkan waktu terbit cocok untuk kumpulan artikel berita dan blog post.
* Media berisi kumpulan gambar yang digunakan oleh website
* Pages berisi daftar artikel yang khusus yang tidak membutuhkan urutan waktu cocok digunakan untuk halaman depan, kontak, produk semua halaman tanpa tanggal
* Comments memuat semua komentar pembaca dari setiap artikel
* Appearance tempat untuk mengatur tampilan website atau mengganti template
* Plugins tempat untuk penambahan fitur yang di buat oleh kumpulan orang
* Users pengaturan daftar pengguna webiste
* Tools menu fitur tambahan
* Settings menu berisi pengaturan website

Kamu boleh melihat-lihat isi menu itu satu persatu, silakan di explore agar kamu lebih terbiasa.

Melakukan Pengaturan Melakukan WordPress
Setelah kamu cukup familiar dengan halaman admin maka sekarang saatnya untuk mengatur website wordpress pertama kamu.

Umumnya pengaturan ini hanya dilakukan satu kali saja di awal pembuatan website.

Apa yang perlu di atur pada awal pembuatan website wordpress?

* Ganti Judul Website
* Pengaturan Search Engine
* Cegah Komentar Sampah
* Pengaturan URL

Ganti Judul
Disini kamu perlu atur judul website dan slogannya, caranya masuk ke menu settings lalu pilih General.

pengaturan umum wordpress

BuatlahSite Title(judul) dan tagline yang sesuai dengan jenis dan isi dari website kamu, contohnya seperti punya saya di atas.

Selain itu kamu perlu mengganti Timezone menjadi Jakarta (sesuaikan dengan waktu kamu tinggal WIB, WITA atau WIT)

Setelah melakukan perubahan jangan lupa tekan tombol Save Changes yang berada di bawah untuk menyimpan hasil perubahan.

Pengaturan Search Engine
Kita perlu mengatur agar website kita bisa di baca dan kenali oleh search engine seperti Google, Bing dan yang lainya.

Caranya masuk ke Settings kemudian pilih Readings kemudian akan tampil seperti di bawah ini.

pengaturan wordpress search engine

Pastikan pada kolom Engine Visibilityjangan diberi centang dengan begitu website kamu bisa di kenali oleh search engine. Setelah itu simpan menggunakan tombol Save Changes.

Cegah Komentar Sampah / SPAM
Banyak sekali sekarang orang-orang yang melakukan spam dengan cara memberikan komentar-komentar sampah, maka kamu perlu mencegah hal itu.

Caranya buka Settings lalu ke Discussion seperti gambar di bawah.

cegah komentar sampah di wordpress

Berikan tanda centang pada Comments must be manually approved biar orang tidak bisa melakukan spam comment di website kamu.

Selalu simpan perubahan setelah melakukan perubahan pakai tombol Save Changes.

Pengaturan URL
Kamu perlu mengatur hal ini biar website kamu disukai oleh search engine seperti google.

Cara masuk ke menu Settings lalu pilih Permanenlinksganti menjadi /%postname%/

pengaturan url wordpress

Seperti biasa setelah kamu melakukan prubahan jangan lupa tekan tombol Save Changes di bagian bawah halaman.

Oke pengaturan awal sudah selesai sekarang saatnya ubah tampilan website.

Merubah Tampilan Website
WordPress punya fitur ganti template/tema website dengan mudah jadi kamu bisa merubah-rubah tampilan website hanya dengan beberapa klik saja.

Di internet banyak sekali tersedia ribuan template wordpress gratis dan juga berbayar yang bisa kamu pakai/beli biar website mu tampak profesional.

Bahkan wordpress mengizinkan kamu untuk membuat template sendiri kalau kamu bisa atau kalau tidak kamu bisa di bantu oleh programmer atau jasa pembuat template wordpress.

Tapi kalau kamu mau pakai yang gratis tempat terbaik untuk mendapatkanya ada di website resminya kumpulan theme populer wordpress.

Intinya kamu punya kebebasan untuk menentukan tampilan website yang kamu mau, tapi untuk mempercepat keberhasilan pembuatan website mu maka saya rekomendasikan pakai template Neve karena cukup mampu memenuhi kebutuhan website pertama mu.

Saya akan pakai template itu untuk panduan disini sampai selesai.

Cara merubah tampilan WordPress bisa di lakukan di halaman Admin kemudian pilih di menu Appearance kemudian pilih Themes maka akan muncul semua daftar template/tema bawaan yang sudah di install di WordPress

Selanjutnya kamu kamu perlu menambahkan theme yang bernama neve.

tambah theme wordpress baru

Keterangan gambar diatas, cara menambah theme neve ke wordpress kamu:

1. Masuk menu Appearance kemudian Themes
2. Setelah itu tekan tombol Add New

install theme wordpress

Keterangan gambar diatas:

1. Pada kolom pencarian tekan tulis neve
2. Tekan tombol Install dan tunggu sampai prosenya selesai

Setelah instalasi selesai klik tombol Activate maka akan muncul pesan berhasil, sampai disini website kamu sudah berganti tema.

Setelah aktivasi kira-kira akan muncul ucapan selamat datang sepert di bawah.

install theme wordpress

Tapi khusus tema Neve kamu perlu melakukan import desain, langkah inilah yang bakal mensulap tampilan website milikmu jadi profesional.

Tekan tombol biru besar di atas untuk melakukan melihat daftar desain yang bakal kamu import.

Ada sekitar 20 desain yang bisa kamu import secara gratis yang sudah hampir mencakup beberapa industri jenis website mulai dari bisnis, restauran, pribadi, fotografi dan banyak lagi. Tidak soal industri kamu desain tampilan ini bisa cocok untuk di aplikasikan ke website kamu.

Untuk panduan disini ini saya akan pakai desain original.

pilih desain tema neve wordpress

Tekan tombol Import setelah itu akan muncul dialog seperti ini di bawah ini.

import desain neve di wordpress

Tekan tombol dan tunggu saja sampai proses import selesai setlah itu tampilan halaman pulik website kamu akan berubah sesuai dengan desain yang kamu import.

Setelah proses selesai kamu bisa ke Halaman Admin wordpress lalu menuju Appearance → Neve Option disana kita akan melakukan modifikasi tampilan.

pengaturan tema neve wordpress

Memasukan Logo ke Website
Setelah menentukan desain umumnya kebanyakan orang memasukan logo untuk website mereka.

Caranya mudah cukup buka menuAppearance → Neve Option→ Upload Logosetelah itu muncul seperti gambar di bawah.

cara ganti logo website

Klik Select logo untuk upload logo, setiap kamu mengganti sesuatu akan langsung bisa terlihat di tampilan websitenya pada bagian kanan.

Silahkan di jelajahi pengaturan logo lainnya seperti posisi logo atau yang lainnya, sesuaikan saja dengan selera kamu oh iya jangan takut untuk coba utak-atik di buat enjoy saja.

Jika sudah selesai untuk menyimpanya kamu cukup tekan tombol Publish di atas untuk menyimpan semua perubahan yang sudah kamu buat.

logo website sudah masukan

Saya sudah berhasil menambahkan logo di website , sekarang giliran kamu untuk menambahkan logo di website.

Ganti Warna Website dan Font
Hal selanjutnya yang perlu kamu ubah adalah warna dan jenis font yang akan di pakai. Seperti biasa buka menuAppearance → Neve Option lalu gunakan Set Colors untuk pengaturan warna dan Customize Fonts untuk penggantian font.

Pertama kamu ganti warna di menu Set Colors

pengaturan warna website wordpress

Kamu bisa ganti warna sesuai dengan selera kamu, tapi pastikan komposisi warnanya pas dan enak di mata.

Kalau sudah tekan tombol Publish di atas lalu tekan tanda X untuk keluar dari mode editan ini.

Selanjutnya kamu bisa mengganti jenis font yang akan dipakai, buka menu Appearance → Neve Option→ Customize Fonts.

pengaturan wordpress theme ganti font

Di Font Family ganti dengan font yang kamu sukai, saran saya jangan pakai font yang aneh-aneh cukup pakai font yang enak di baca mata.

Kamu juga boleh mengganti Heading 1 sampai 6 (H1-H6), heading di pakai untuk judul-judul dan subjudul artikel seperti yang saya pakai di website ini.

Tekan tombol Publish di atas untuk simpan setelah itu tekan tombol X di atas untuk keluar dari mode editan ini.

Sidebar / Menu Samping
Kebanyakan website punya menu samping entah posisi di kiri atau di kanan, untuk mengatur ini kamu bisa buka menuAppearance → Neve Option→ Content Sidebar.

pengaturan layout sidebar wordpress

Kamu di berikan 3 opsi apakah kamu mau pakai tanpa menu samping atau pakai menu samping kiri atau menu samping kanan. Kamu juga bisa mengatur seberapa lebar kolom konten website mu.

Kamu bisa atur sesuai selera mu, jika sudah tekan tombol Publish dan X untuk simpan dan keluar.

Widget WordPress
Widget adalah semua blok konten/menu yang berada di menu samping di website pada umumnya.

Kalau kamu menggunakan menu samping maka kamu perlu tentukan apa saja yang akan di tampilkan di menu samping, selain menu samping widget juga bisa di taruh di bagian bawah website.

Caranya buka menuAppearance → Widgets.

pengaturan widget

Kamu cukup pindahkan widget yang akan kamu pakai di bagian Available Widgets ke bagian widget yang tersedia di kanan bergantung dari nama posisi letaknya.

Misalnya kamu mau tampilkan Gallery di menu samping maka kamu cukup tarik Gallery ke Sidebar.

Widget yang sudah di pindahkan akan otomatis tersimpan jadi kamu tidak perlu menekan tombol khusus untuk menyimpan perubahan posisi widget.

Jelajahi Menu Tampilan
Apa yang saya sebutkan di atas sebenarnya dasar yang di perlukan untuk web pertama mu, tapi sebenarnya masih banyak yang bisa di gali lebih dalam.

Untuk bisa melihat apa saja yang bisa kamu lakukan buka menu Appearance → Customize maka akan muncul seperti gambar di bawah.

pengaturan tampilan wordpress

Saya anjurkan kamu untuk melakukan percobaan dan utak atik sendiri dan tidak usah takut karena kamu pasti bisa melakukannya.

Setelah melakukan pengaturan wordpress maka selanjutnya kamu perlu mengisi website dengan informasi.

Langkah 5
Pembuatan Konten

Langkah ke 5 cara membuat website adalah pembuatan konten yang memuat informasi apa saja yang ingin kamu sampaikan kepada para pengunjung website.

Semua orang di internet mencari informasi, apa kamu bisa bayangkan sebuah website tanpa informasi? Apa gunanya!

Menentukan Konten Website
Sebagian besar situs web yang dibuat pasti ada halaman ini:

* Halaman Depan – Halaman yang pertama kali muncul sewaktu orang mengunjungi websitemu
* Tentang Kami – Halaman menjelaskan informasi tentang website mu
* Kontak Kami – Halaman berisi informasi bagaimana caranya bisa menghubungi kamu
* Produk/Jasa – Untuk website bisnis / perusahaan ini adalah halaman yang menejaskan apa yang kamu tawarkan.
* BlogBerita/Kegiatan– Halaman yang memuat daftar artikel seperti blog atau berita.

Untuk tahap awal tahap awal pembuatan website paling tidak kamu harus membuat kontent yang saya sebutkan di atas, kedepanya kamu bisa tambahkan sesuai kebutuhan.

Bagaimana Cara Menulis di WordPress
Untuk membuat konten wordpress cukup mudah kamu hanya perlu mengetikan seperti layaknya menggunakan microsoft word.

Ada dua menu yang bisa dipakai untuk menulis konten yaitu di menu Pages dan Posts pada halaman admin wordpress.

Posts
Tempat untuk menulis konten artikel yang akan di tampilkan/diterbitkan secara berurutan berdasarkan waktu atau kategori, urutanya di mulai selalu dari waktu yang terbaru sampai paling lama.

Post cocok dipakai untuk menulis artikel blog di website pribadi, berita pada website perusaan bisnis dan lainnya.

Pages
Tempat untuk menulis konten artikel yang bersifat statis artinya artikelnya berdiri sendiri tidak ada kategori dan tidak membutuhkan tanggal.

Pages cocok untuk membuat halaman depan, produk, jasa, kontak kami, tentang kami dan halaman sejenis lainya.

Membuat Halaman Depan
Kalau kamu ikuti persis setiap langkah yang saya berikan maka kurang lebih halaman depan website mu seperti ini.

halaman depan website

Kamu bisa ganti isi halaman depan termasuk tulisan dan gambar.

Caranya cukup mudah kamu hanya perlu tekan tombol Edit with Elementor.

edit halaman depan website

Selanjutnya kamu akan melihat menu editor elementor, disinilah kamu bisa melakukan editing halaman depan dengan mudah.

edit halaman depan dengan elementor

Elementor dikenal dengan sebutan visual page builder artinya kamu bisa merubah konten secara langsung pada setiap elemen di bagian tampilan.

Contohnya kamu bisa edit headline cukup dengan cara klik tulisan tersebut lalu kamu langsung bisa menggantinya.

edit halaman depan dengan elementor

Coba perhatikan pada bagian kiri yang merupakan panel dan banyak yang bisa kamu lakukan disana untuk mengedit sesuai selera.

Hal lain lagi yang perlu kamu tau adalah kamu adalah itu elemen bisa di tarik-tarik lokasinya sesuai dengan selera kamu.

Kamu juga bisa menambah elemen-elemen lainya dengan cara menekan tombol kotak-kotak di atas kiri, ada banyak tersedia jenis elemen kamu bisa cari sesuai untuk kebutuhan website mu.

Caranya cukup mudah: tarik elemen dari daftar elemen di kiri ke kanan bagian tampilan, letakan posisinya dimana yang kamu sukai.

Coba luangkan waktu untuk mengatur halaman depan kamu, setelah kamu dapat pengalamanya kamu pasti bakal menyukainya.

cara simpan elementor

Setelah kamu melakukan perubahan jangan lupa tekan tombol Update / Save pada menu bagian kiri bawah.

Membuat Halaman (Tentang Kami, Kontak, Produk/Jasa)
Setelah mengatur halaman depan sekarang kamu perlu membuat konten atau artikel untuk halaman lainnya seperti halaman tentang kami, kontak atau bahkan produk jasa.

Caranya cukup mudah kamu perlu masuk ke halaman Admin WordPress →Pages → Add New lalu akan muncul tampilan seperti ini

cara tambah pages di wordpress

Keterangan ilustrasi gambar di atas:

1. Tulis Judul Konten Misalnya, Tentang Kami
2. Tulis artikel Tentang Kami
3. Kamu bisa atur halaman jika perlu
4. Kalau kamu mau tambah gambar, table atau yang lain kamu bisa gunakan tombol plus nanti akan tersedia apa saja yang bisa kamu masukan ke dalam konten.

Kamu bisa mulai menulis halaman lain disana seperti kontak kami, produk jasa dan lainya. Kamu bebas membuat halaman apa saja.

Membuat Blog/Berita
Selanjutnya adalah membuat halaman blog atau berita yaitu artikel yang akan muncul dalam bentuk daftar artikel yang di urutkan berdasarkan waktu, seperti pada blog atau berita pada umumnya.

Kamu bisa abaikan ini jika memang kalau kamu rasa website kamu tidak membutuhkannya.

Caranya menambah artikel berita atau blog cukup mudah kamu perlu masuk ke halamanAdmin WordPress→Posts → Add New.

Akan muncul halaman serupa seperti pages nah disitu kamu bisa tuliskan berita-berita secara rutin atau kegiatan-kegiatan yang perlu di munculkan di website kamu nantinya..

Setelah kamu membuat konten langkah berikutnya adalah pengaturan menu, setiap website pasti ada menunya kan? Untuk memudahkan pengunjung mencari informasi yang ada di website kamu.

Kamu bakal membuat menu untuk setiap konten yang sudah kamu buat.

Menunya seperti ini (nanti kamu bisa sesuaikan dengan konten yang sudah kam buat):

* Depan→ Halaman yang pertama kali muncul sewaktu orang mengunjungi websitemu
* Tentang Kami→ Halaman menjelaskan informasi tentang website mu
* Kontak Kami→ Halaman berisi informasi bagaimana caranya bisa menghubungi kamu
* Jasa → Untuk website bisnis / perusahaan ini adalah halaman yang menejaskan apa yang kamu tawarkan.
* Berita→ Halaman yang memuat daftar artikel seperti blog atau berita.

Cara bikin menu di website wordpress, masuk ke Appearance→ Menu.

cara membuat menu website

Ilustrasi gambar di atas:

1. Pilih pengaturan menu
2. Pilih konten yang kamu sudah buat misalnya Tentang Kami setelah itu tekan tombol Add to Menu maka otomatis akan memasukan menu ke bagian kanan.
3. Berikan nama untuk daftar menu yang sudah di buat
4. Simpan menu.

Kamu bisa atur urutan menu di bagian kanan dengan cara tarik saja, jika sudah selesai kamu bisa tekan tombol Save Menu pada bagian paling kanan.

Sampai disini belum selesai, kamu sudah membuat daftar menu tetapi kamu perlu menempatkan posisi atau lokasi menu tersebut.

Caranya mudah ikuti langkah berikut.

Keterangan gambar di atas:

1. Masih di halaman menu kamu pilih Manage Locations
2. Primary Menu kamu ganti dengan menu yang sudah kamu buat, saya tadi buat dengan namaMenu Utama.
3. Tekan tombol Save Chages untuk menyimpan perubahan.

Sekarang website kamu sudah menampilkan menu dari setiap artikel yang sudah kamu buat.

Caranya ceknya cukup mudah kamu hanya perlu membuka halaman website kamu dan coba periksa menu bagian kanan atas.

Sampai disini kamu sudah selesai mengatur semua konten beserta menu untuk menampilan semua konten.

Selamat Kamu Berhasil Membuat Website

Akhirnya melalui tahap yang panjang saya senang kamu berhasil sampai disini, sekarang kamu sudah bagaimana cara membuat website.

Apa yang sudah kamu pelajari?

Jangan tunda untuk melakukan langkah demi langkah panduan cara membuat website pemula menggunakan wordpress yang sudah saya jelaskan, saya yakin kamu pasti bisa dan harus berhasil.

Bagi kamu yang masih bingung jangan khawatir kalau ada kesulitan kamu bisatanya saya.

Akhir Kata Tapi Bukan yang Terakhir
Silakan isi formulir ini untuk dapat update terus dari saya perihal pembuatan website, tips bisnis online menggunakan website dan cara mendapatkan uang dari internet menggunakan website.

Jangan lupa subscribeyoutube channelnya cara membuat website, kasih like juga cara membuat website di facebook dan jangan ragu untuk membagikan panduan ini ke teman kamu.