Blog

Cara Membuat Sushi Mentai

Sushi mentai termasuk makanan olahan populer. Mentai berasal dari makanan Jepang mentaiko. Arti mentaiko yaitu telur ikan pollock (tarako) yang dibumbui merica. Kemudian mental menjadi makanan olahan modifikasi.

Mentai biasanya menjadi saus di sushi atau nasi. Di Jepang, mentai berasal dari telur ikan pollock yang sudah diekstraksi. Mentai ini memiliki bau dan rasa amis yang tidak biasa, serta rasa asin.

Mentai biasanya diasinkan atau diawetkan untuk menghilangkan bau dan rasa amis. Di Indonesia, mentai biasanya menjadi saus untuk nasi atau sushi. Misalnya nasi salmon mentai atau nasi ayam mentai. Cara membuat saus mentai bahan sederhana seperti mayones, saus sambal, dan cabai bubuk. Berikut cara membuat sushi mentai di rumah, mengutip dari endeus.tv:

Bahan
200 gram daging ikan salmon (bisa diganti ikan lain sesuai selera)
4 sdm mayones
4 lembar nori (rumput laut) berukuran 20 x 20 cm
1 sdm cuka beras
3/4 gula pasir
1/2 sdt garam
300 gram nasi putih bulir

Bahan Saus Mentai
200 ml mayones
1 sdt bubuk cabai
1 sdm tobiko
1 sdm saos tomat
Shoyu (kecap asin)

1. Pertama potong 1/4 bagian ikan salmon kemudian iris tipis-tipis. Setelah itu potong sisa fillet ikan dalam ukuran memancang sebanyak 8 buah. Ukuran potongan yaitu 1x1x10 cm.
2. Siapkan 300 gram nasi putih. Tambahkan cuka beras, gula pasir, dan garam. Aduk secara merata bahan tersebut. Kemudian tambahkan cuka ke dalam nasi lalu aduk sampai tercampur. Setelah itu bagi nasi menjadi 4 bagian.
3. Cara membuat saus mentai yaitu campurkan mayones, bubuk cabai, tobiko, dan saos tomat. Aduk sampai merata hingga kental. Masukan saus mentah ke dalam piping bag.
4. Siapkan nampan, letakkan 1 lembar nori di atasnya. Tambahkan nasi di bagian atas. Kemudian ratakan nasi sampai menutupi permukaan nori. Setelah itu balikkan nori sehingga posisi nasi berada dibawah.
5. Letakkan 2 potongan ikan salmon yang memanjang di atas nori. Tambahkan 1 sdm mayones. Kemudian gulung bahan tersebut sambil dipadatkan.
6. Susun irisan tipis daging ikan salmon di atas sushi. Kemudian potong sushi menjadi 8 bagian.
7. Setelah itu tambahkan saus mentai di bagian atasnya. Anda bisa menggunakan blow torch atau pembakar sehingga warna saus mentai hingga kecoklatan.