Blog

Cara Membuat Roti Bakar

Cara Membuat Roti Bakar – Sesuai dengan tagline-nya, “Fresh from the oven“, mungkin ungkapan itulah yang menggambarkan spesialnya makanan yang satu ini, yaitu Roti Bakar.

Roti bakar merupakan jajanan rakyat yang sudah ada sejak dulu. Rasanya yang legit serta teksturnya yang membuat membuat roti bakar ini disukai masyarakat dari berbagai kalangan. Disajikan saat sarapan ataupun sebagai cemilan di sore hari saat bersantai, roti bakar selalu pas sebagai pelengkap waktu-waktu kita.

Roti bisa dibilang menjadi salah satu menu favorit bagi kebanyakan orang, terutama bagi mereka yang tidak memiliki waktu banyak untuk mempersiapkan sarapan. Roti juga mengandung karbohidrat yang bisa diolah menjadi sumber energi bagi tubuh kita. Nah supaya tidak bosan, biasanya kita membuat berbagai macam kreasi roti, seperti roti bakar yang dikombinasikan dengan beragam bahan makanan lainnya.

Untuk bahan-bahannya sendiri, resep roti bakar ini tentunya tidak memerlukan banyak bahan yang harus disiapkan. Cara membuat roti bakar ini juga terbilang sangat mudah, karena tidak memerlukan proses memasak yang rumit, jadi siapapun bisa membuatnya sesuai dengan kreasi masing-masing.

Sesuai dengan namanya, Roti Bakar pada awalnya adalah roti yang dipanggang dengan menggunakan mesin pemanggang roti. Tapi seiring berjalannya waktu dan banyaknya variasi, pembuatan roti bakar saat ini bisa dilakukan dengan menggunakan pan.

Baca Juga…! SPESIAL! 3 Resep Roti Berkelas, Dengan Biaya Pantas

1.) French Toast

Roti tawar kadang akan jadi terasa kurang nikmat kalau tidak ditambah apa-apa. Seringnya hanya diolesi mentega, selai, atau susu saja. Nah kali ini Anda bisa mengolahnya menjadi french toast yang renyah. Olahan roti yang terkenal di Eropa ini sekarang bisa Anda buat dengan mudah, bahannya juga sangat mudah didapat, dan tentunya rasanya akan lebih lezat dan nikmat.

Bahan French Toast
* 6 lembar roti tawar
* 2 butir telur
* 100 ml susu cair (bisa dibuat dari 2 sdm susu bubuk ditambah air hingga 100 ml)
* 1 sdt kayu manis bubuk
* 2 sdm gula pasir
* 1 sdt vanila ekstrak
* 1 sdt parutan kulit jeruk lemon (optional)
* margarine untuk menggoreng roti

Bahan Dressing
* Madu
* Buah-buahan seperti strawberry, cherry, atau yang lainnya

Cara Membuat French Toast
1. Langkah pertama, kocok telur pada mangkok hingga lepas. Lalu tambahkan susu cair, kayu manis bubuk, gula pasir, buah lemon dan vanila ekstrak. Dan aduk rata.
2. Lalu pindahkan larutan telur ke dalam wadah yang lebih besar, misalnya loyang ukuran 20×20 cm. Kemudian celupkan roti tawar pada larutan itu sampai basah dan tenggelam. Tapi perhatikan jangan sampai terlalu lembek.
3. Setelah itu panaskan 1/2 sendok makan margarine pada teflon lalu goreng dengan api sedang hingga roti berwarna kecoklatan. Anda juga bisa menggunakan mesin pemanggang roti agar hasilnya bisa lebih merata dan lebih cepat matang.
4. Lalu tiriskan.

Nah supaya french toast buatan Anda lebih bergizi, bisa ditambahkan madu dan buah-buahan seperti strawberry, cherry, anggur, kismis ataupun buah lainnya sesuai dengan selera Anda pada sekelilingnya. Olahan roti ini juga bisa dijadikan sebagai menu bekal Anda disaat kuliah, bekerja, atau sekedar rekreasi.

2.) Roti Pisang Roll

Suka makan pisang? Sekarang Anda bisa membuat olahan pisang dengan menggunakan roti yang tentunya memiliki rasa yang manis, enak, dan lezat. Siapapun pasti akan menyukainya, terutama untuk disajikan bagi keluarga dan teman Anda. Selain itu, pisang terkenal sebagai salah satu energi instan yang akan bermanfaat bagi tubuh kita sebelum memulai aktivitas apapun.

Bahan Roti Pisang Roll
* 4 lembar roti tawar (tanpa kulit pinggir)
* coklat meises
* selai nutella
* 1 buah pisang tanduk
* 1 butir telur (kocok lepas)
* 2 sdm mentega
* tepung roti secukupnya

Cara Membuat Roti Pisang Roll
1. Langkah pertama, ambil satu lembar roti tawar dan tempatkan pada piring.
2. Kemudian oleskan permukaan roti dengan mentega dan selai nutella.
3. Kupas pisang dan letakkan di bagian tengah permukaan roti. Lalu taburkan coklat meises dan gulung roti tawarnya. Tapi sebelum menggulung rotinya, Anda bisa memipihkan lembaran rotinya terlebih dahulu supaya teksturnya terasa lebih lembut.
4. Setelah itu celupkan ke dalam telur dan celupkan pada tepung roti.
5. Kemudian goreng roti pisang roll sampai berwarna kuning keemasan pada minyak panas.

3.) Roti Pizza

Bagi Anda para penggemar pizza, sekarang tak perlu repot-repot lagi untuk beli pizza diluar, apalagi harga pizza lumayan mahal, karena Anda pun bisa membuatnya sendiri dengan praktis dan mudah.

Ya, hanya dengan menggunakan roti tawar Anda pun bisa mengolahnya menjadi pizza dengan citarasa yang berkelas. Apalagi Anda bisa mengkreasikan topping pizza-nya sesuai dengan selera Anda. Roti pizza ini sangat cocok untuk menemani waktu bersantai atau juga bisa dimakan pada saat sarapan atau makan siang.

Bahan Roti Pizza
* 4 lembar roti tawar tanpa kulit
* 4 potong sosis sapi/ayam (dipanggang atau digoreng)
* bawang bombay 1 buah, iris panjang
* keju secukupnya

Bahan Olesan
* 3 sdm saus barbeque
* 1 sdm saus tomat

Cara Membuat Roti Pizza
1. Pertama-tama, olesi roti tawar dengan saus olesan yang sudah dibuat. Saus bisa Anda buat dengan cara mencampurnya saja.
2. Setelah itu tumis bawang bombay pada sedikit minyak sampai layu dan taburkan diatas roti tawar secara merata.
3. Tambahkan potongan sosis dan keju secukupnya di bagian atas. Anda juga bisa menambahkan bahan lainnya seperti paprika, jamur, dan lain sebagainya sesuai dengan selera Anda.
4. Kemudian panggang sebentar di mesin pemanggang roti sampai matang, tandanya itu ketika warna rotinya berubah menjadi kecoklatan dan kejunya meleleh.

4.) Cheese Stick

Kalau Anda suka makan keju, bisa coba membuat olahan roti bakar yang satu ini. Cara membuat roti bakar ini cukup mudah, dan tentunya memiliki citarasa keju yang enak dan gurih. Cheese stick ini menjadi pilihan yang pas sebagai makanan ringan yang akan menemani waktu santai Anda.

Bahan Cheese Stick
* 5 lembar roti tawar (hilangkan pinggiranya)
* 5 lembar keju leleh (melt cheese) yang berbentuk lapis tipis
* 1 butir telur
* sedikit minyak

Cara Membuat Cheese Stick
1. Pertama, pipihkan lembaran roti tawarnya terlebih dahulu, lalu letakkan lembaran keju leleh diatasnya, atau Anda juga bisa menggunakan keju stick.
2. Kemudian gulung lapisan roti tawar dan keju. Lalu rekatkan gulungan roti dengan menggunakan telur yang sudah dikocok sebelumnya supaya gulungan roti tidak terlepas.
3. Setelah itu, panaskan minyak diatas teflon, lalu goreng roti gulungnya sampai kejunya terlihat meleleh.

5.) Roti Sandwich

Kalau kata orang zaman dulu, sarapan roti itu sarapannya orang Amerika. Ya memang benar, karena orang Indonesia sarapannya selalu nasi. Tapi kalau Anda bosan dengan menu makanan nasi, Anda bisa mencoba yang satu ini.

Sandwich juga sudah terkenal sebagai salah satu menu sarapan pagi yang sehat. Karena makan pagi dengan nasi beserta dengan lauk pauknya itu kadang terlalu mengenyangkan perut dan justru menyebabkan rasa ngantuk.

Nah supaya perut tetap terisi dan rasa kantuk bisa hilang, tak ada salahnya Anda mencoba membuat roti sandwich ini sebagai menu sarapan pagi yang sehat untuk Anda. Roti yang bagus untuk sarapan adalah roti gandum utuh karena mengandung kadar serat yang tinggi, tapi Anda juga bisa menggunakan roti tawar biasa untuk membuatnya.

Bahan Roti Sandwich
* Roti gandum
* Telur ayam, untuk memasaknya boleh didadar atau diceplok
* Keju chedar lembaran
* Bawang Bombay, dicincang halus
* Tomat, diiris tipis-tipis
* Daun selada
* Mayonnaise

Cara Membuat Roti Sandwich
1. Roti gandum dipanggang dahulu di atas teflon dengan diolesi mentega atau juga bisa menggunakan mesin pemanggang roti supaya lebih praktis. Tunggu hingga berwarna kecoklatan. Kalau sudah terlihat coklatnya, angkat dan olesi dengan mayonnaise secukupnya ke seluruh permukaan roti.
2. Kemudian, ambil roti gandum yang sudah dipanggang, lalu lapiskan roti dengan daun selada dan keju di atasnya. Isi sandwich seperti telur dan bawang Bombay ditaruh ke roti tawar, tutupi dengan irisan tomat serta daun selada. Anda dapat menambahkan mayonnaise di atas daun selada sebelum ditutup dengan lapisan roti terakhir.
3. Sandwich siap untuk disajikan

Agar lebih nikmat, Anda bisa mencocolnya pada saus pedas atau mayonnaise. Tanpa butuh waktu yang lama, sekarang Anda bisa menikmati olahan roti bakar yang sehat.

6.) Roti Bakar Keju Saus Coklat

Bagi Anda yang suka dengan coklat dan keju, bisa mencoba resep roti bakar yang satu ini. Cara membuat roti bakar ini cukup mudah. Perpaduan manisnya coklat dan gurihnya keju ini sangat memanjakan lidah Anda, apalagi dimakan pada saat malam hari, pasti akan menambah kenikmatan tersendiri.

Bahan Roti Bakar Keju Saus Coklat
* 2-3 potong roti tawar
* Keju cheddar, parut
* Margarin secukupnya untuk olesan
* 150 gr dark chocolate, lelehkan

Cara Membuat Roti Bakar Keju Saus Coklat
1. Pertama, tiap lembar roti potong 3 atau 2 bagian olesi tiap sisi dengan margarin, panggang dengan menggunakan teflon atau mesin pemanggang roti.
2. Balik satu sisi jika sisi yang satu sudah kecoklatan, taburi keju parut di satu sisi sampai agak meleleh angkat, beri dark chocolate yang sudah dilelehkan di atasnya sebagai toping.

7.) Sweet Pan Pizza

Pizza sekarang ini bisa Anda olah menjadi ke berbagai macam rasa, termasuk manis. Tapi bagi Anda yang suka memasak simpel, Anda bisa mencoba membuat Sweet Pan Pizza yang berbahan dasar roti ini.

Bahan Sweet Pan Pizza
* 3 gelas tepung terigu
* 2 sdm margarin
* 1 butir telur
* 1 sdt ragi
* 1 sdm gula pasir

Bahan Topping
* Keju cheddar parut
* Messes coklat secukupnya
* Dark chocolate, dilelehkan atau diparut

Cara Membuat Sweet Pan Pizza
1. Pertama, larutkan ragi dengan air, tambahkan juga gula pasir.
2. Setelah itu siapkan wadah untuk uleni adonan lalu campur tepung, margarin dan telur. Tambahkan air larutan ragi sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Diamkan adonan sampai mengembang kurang lebih selama 30 menit.
3. Siapkan teflon yang sudah dioles margarin lalu tata adonan diatas teflon. Ratakan, lalu nyalakan kompor kecil sekali. Tutup teflon dengan penutup kaca.
4. Masak beberapa menit, mungkin sekitar 5 menit, lalu buka penutup kaca. Permukaan adonan dengan garpu supaya matang merata. Beri topping parutan keju lalu tutup lagi.
5. Kemudian biarkan 5 menit, buka lagi, beri topping meises lalu coklat blok parut. Tutup lagi sampai matang.
6. Kalau sudah matang, angkat lalu taruh dipiring. Belah dua lalu ditumpuk seperti martabak dan siap diiris sesuai selera.

8.) Roti Bakar Keju Telur

Roti Bakar Keju Telur ini merupakan salah satu makanan siap saji yang sangat cocok untuk disajikan pada pagi hari, terutama bagi Anda punya segudang aktivitas. Cara membuat roti bakar ini cukup mudah, karena memang berbahan dasar roti dan telur. Selain itu, varian roti bakar yang satu ini mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi, jadi sangat baik untuk Anda konsumsi sehari-hari.

Bahan Roti Bakar Keju Telur
* 2 lembar roti tawar
* 1 butir telur
* 1 buah keju slice
* Saos secukupnya
* Mayonaise secukupnya
* Margarin secukupnya
* Kentang goreng secukupnya
* Bumbu keju secukupnya

Cara Membuat Roti Bakar Keju Telur
1. Masukan margarin secukupnya kedalam wajan, kemudian masukan satu butir telur dan goreng sampai matang.
2. Setelah telur matang dan ditiriskan, selanjutnya roti dipanggang dengan menggunakan mesin pemanggang roti.
3. Kemudian untuk makanan pelengkapnya goreng kentang siap saji hingga matang dan setelah ditiriskan campur dengan bumbu keju.
4. Untuk membuat roti specialnya, kita tinggal menyusun dari mulai roti yang sudah dipanggang tadi diolesi saos dan mayonese kemudian tumpuk telur diatasnya dan keju slices kemudian dilapis roti panggang lagi.

9.) Roti Bakar Ovomaltine Mozarella

Siapa disini yang suka ngemil Ovomaltine? Selai coklat yang satu ini memang sedang naik daun. Apalagi kalau bukan rasa khas coklatnya yang begitu nikmat yang membuat banyak orang menyukainya. Nah kali ini Anda pun bisa mengkreasikannya menjadi Roti Bakar Ovomatine Mozarella. Cara membuat roti bakar ini sangat simpel, dan tentunya memiliki rasa yang lezat.

Bahan Roti Bakar Ovomaltine Mozarella
* 4 lembar roti tawar
* Selai ovomaltine
* Keju mozarella
* Susu kental manis

Cara Membuat Roti Bakar Ovomaltine Mozarella
1. Olesi roti dengan ovomaltine, tambahkan keju yang sudah dipotong kotak kecil di tengahnya, kemudian beri sedikit susu kental manis.
2. Lipat roti berbentuk segitiga. Usahakan isi tidak sampai terlihat di pinggir.
3. Bakar dengan sandwich toaster. Dan hidangkan setelah matang.

10.) Roti Bakar Srikaya

Roti bakar yang satu ini sangat cocok untuk menemani hari-hari Anda. Citarasa buah srikaya yang manis, ditambah dengan taburan keju yang gurih membuat roti bakar ini terasa begitu spesial.

Bahan Roti Bakar Srikaya
* 4 lembar roti tawar
* 1 sdm mentega untuk olesan
* Selai srikaya secukupnya
* Keju cheddar secukupnya
* Susu kental manis putih secukupnya
* Saus coklat secukupnya

Cara Membuat Roti Bakar Srikaya
1. Pertama, olesi semua permukaan roti tawar dengan mentega tipis-tipis. Lanjutkan dengan di olesi selai srikaya pada atasnya. Beri taburan keju yang telah di parut. Lalu tambahkan susu kental manis sebagai penambah rasa nikmatnya.
2. Siapkan wajan datar, masukan sisa mentega yang di gunakan untuk olesan roti. Bila dirasa panas sudah cukup letakan roti di atasnya, panggang hingga matang & lakukan pada semua roti.
3. Setelah matang, lipat roti menjadi bentuk segitiga, kalau terasa sulit bisa di bantu dengan pisau potong serong dan tumpung menjadi segitiga. Susun cantik di atas piring, taburi dengan keju parut & siram dengan selai coklat / susu coklat.
4. Siap di hidangkan.

Roti ini menjadi sumber makanan lain yang menjadi andalan bagi Anda yang suka masak serba instan. Nah, tanpa melulu mengolesinya dengan selai kacang atau susu coklat, sekarang Anda bisa coba olahan ini agar roti buatan Anda lebih bergizi dan berkelas.

Mempermudah pekerjaan anda dengan mesin pemanggang roti akan meningkatkan omzet pendapatan anda dari usaha ini.