Blog

Cara Membuat Jurnal Skripsi

Cara Membuat jurnal skripsi sangat mudah bagi kalangan pendidikan terutama kalangan perkulihan membuat jurnal juga bisa dari tugas akhir, dari skripsi, dari desertasi, laporan penelitian dan pengabdian. Arti dalam (bahasa Inggris Journal) adalah catatan akuntansi permanen yang pertama (book of original entry).

Agar kamu mudah dalam menyusun jurnal, kamu harus tahu dulu susunan dalam cara membuat jurnal yang tepat. Selain waktu pengerjaannya bisa lebih efektif, kamu juga lebih yakin ketika mengerjakan jurnal tersebut. Oke, daripada kelamaan kita langsung simak saja yuk 9 cara membuat jurnal berikut ini.

Biasanya syarat untuk wisuda mahasiswa harus membuat jurnal dari skripsi. Tetpai seringkali mahasiswa masih bingung bagaimana untuk penelitian tersebut dijadikan jurnal.

Cara Membuat jurnal skripsi
Banyak dari perguruan tinggi di indonesia yang mengharuskan mahasiswa nya untuk publikasi jurnal, yaitu dari skripsi dijadikan jurnal untuk salah satu syarat mengikuti wisuda atau yudisium.

Oleh karena itu mahasiswa kerap kebingungan untuk membuat jurnal dari hasil skripsinya, padahal untuk menjadikan jurnal terbilang sangat mudah.

Karena mahasiswa tidak perlu lagi melakukan penelitian dan riset untuk membuat jurnal, tinggal skripsi anda dijadikan jurnal.

Pengertian Jurnal
Bisa dikatakan bahwa jurnal adalah artikel yang diterbitkan Setiap Bulan. Isinya juga sangat padat lho, yang biasannya terdiri dari 10 sampai 19 halaman.

Kenapa bisa dikatakan padat? Sebab, tiap isi dari jurnal itu berisi ilmu pengetahuan dimana bisa jadi acuan untuk peneliti lain.

Jadi, bisa dibilang kalau jurnal ini target pembaca utamannya berasal dari kalangan peneliti, akademis ataupun komunitas terpelajar lainnya.

Jurnal sendiri terbagi menjadi beberapa jenis seperti popular journals, scholarly journal, dan juga professional or trade journal. Meskipun terlihat mudah, tapi untuk menerbitkan setiap jurnal itu enggak sembarangan.

Naskah yang nantinya sudah ditulis akan di-review kembali sebelum masuk ke editorial jurnal untuk memastikan bahwa cara membuat jurnal dan kaidahnya sudah tepat.

Lalu, kenapa sih harus seribet itu? Alasannya karena biasannya jurnal ini dibuat berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan. Jadi, hasilnya harus objektif dan didasasri oleh metode-metode ilmiah.

Perbedaan Skripsi dan Jurnal
Sebenernya skripsi dan jurnal yaitu sama sama hasil jurnal, bedanya yaitu isi jurnal lebih padat dari skripsi dan jurnal untuk korespondensinya bisa lebih dari satu , kalau skripsi hanya satu untuk penulisnya.

> Ingin konsultasi seputar jasa pembuatan jurnal dari skripsi? silahkan klik link whatsapp dibawah ya

Cara Membuat Jurnal Skripsi di Word dan Contohnya
Langkah-langkah Cara Membuat Jurnal Skripsi
Agar kamu mudah dalam menyusun jurnal kemudian kamu harus tahu dulu susunan dalam cara membuat jurnal yang tepat. Selain waktu pengerjaannya bisa lebih efektif, kamu juga lebih yakin ketika mengerjakaan jurnal tersebut. Oke, dari pada kelamaan kita langsung simak saja yuk…

Pemilihan Jurnal
Ketika Kita membaca sebuah bacaan, tentu kita akan melihat judulnya terlebih dahulu. Untuk itu, dalam memilih sebuah judul itu tidak bisa sembarangan.

Inti dari sebuah bacaan bisa langsung diketahui dari judul, nah untuk mempermudah para pembaca, judul jurnal yang dipilih haruslah jelas. Coba deh cari dan pilih yang bagus yaitu Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia.

Pemilihan judul yang cukup panjang juga bukan masalah lho, asalkan tidak melebihi dari 12 kata,Misalnya judulnya: Metode Pembelajaran Ilmu Sosial.

Membuat jurnal skripsi Nama
Cara membuat jurnal yang selanjutnya adalah dengan mencantumkan nama penulis, nama pembimbing, dan juga nama lembaga jika tanpar gelar akademik. Kamu juga bisa kok mencantumkan alamat rumah serta alamat email penulis beserta pembimbing.

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah IndonesiaMembuat jurnal skripsi Abstrak
Syntax Literate: Jurnal Ilmiah IndonesiaSetelah memberikan judul pada jurnal, susunan selanjutnya adalah bagian abstrak.

Selain itu, abstrak juga harus berdiri sendiri lho alias mandiri. Maksudnya, abstrak ini tidak boleh di dalamnya berisi kutipan ataupun catatan kaki, ya.

Bagian Pendahuluan
Syntax Literate: Jurnal Ilmiah IndonesiaBisa menuliskan latar belakang yang berupa alasan dalam membuat jurnal tersebut. Sertakan juga manfaat dan ulasan dari jurnal agar para pembaca mengetahui tujuan dari jurnal itu.

Meskipun kamu menyertakan tujuan jurnal pada bagian ini, kamu enggak perlu membahasnya menjadi cakupan yang terlalu luas. Cukup ambil inti dari tujuan kemudian merangkumnya menjadi satu lembar saja. Jangan lupa juga untuk membuatnya tersambung dengan bagian selanjutnya, ya.

Bahan dan Metode
Syntax Literate: Jurnal Ilmiah IndonesiaHal ini bertujuan agar pembaca jadi memiliki pengetahuan dan teknik dasar setelah membaca jurnal tersebut.

Hasil
Syntax Literate: Jurnal Ilmiah IndonesiaCara Membuat jurnal selanjutnya adalah dengan memaparkan hasil penelitian. Pada bagian ini, kamu harus menuliskan informasi yang terbilang cukup singkat dari hasil penelitian.

Bagian Pembahasan
Syntax Literate: Jurnal Ilmiah IndonesiaHal ini bertujuan supaya para pembaca nantinya bisa melihat perbedaan dan persamaannya.

Walaupun tidak ada acuan seberapa banyak kamu harus menulis pembahasan, tapi umumnya kamu bisa menulisnya kurang lebih 4 hingga 6 halaman.

Kesimpulan
Syntax Literate: Jurnal Ilmiah IndonesiaOke, kalao tadi kita udah bahas bagian pembahasan, sekarang kita masuk ke bagian kesimpulan.

Daftar pustaka
Sekarang kita masuk ke bagian akhir dari cara membuat jurnal yaitu menyusun daftar pustaka.

Oh iya karena ada beberapa kaidah juga lho dalam menyusun daftar pustaka. Misalnya saja, kita bisa menulis secara berturut-turut seperti nama pengarang, tahun terbitan, judul, tempat penerbitan, dan nama penerbit.

Gimana nih setelah kamu tahu cara membuat jurnal, mudah bukan? Pastikan kamu lakukan penyusunan dengan teliti ya agar tidak terjadi kesalahan. Sebaiknya, jangan menunda-nunda, segeralah mulai untuk menulis.

Penutup
Itulah langkah langkah cara membuat jurnal skripsi yang bisa anda coba, jika anda kebingungan untuk membuat jurnal dari skripsi anda bisa chat wa yan ada disamping kanan.