Blog

Cara Membuat Google Form Yang Mudah Disertai Gambar

PerbesarDoc : PinterestCara membuat Google Form yang mudah kini bisa disertai dengan gambar sehingga terlihat lebih menarik dan tidak monoton. Dengan adanya Google Form dapat memudahkanmu dalam membuat dan mengumpulkan data yang dibutuhkan seperti data penelitian skripsi, formulir registrasi online, dan banyak lagi. Selain itu, data formulir atau kuesioner yang dibuat pun dijamin keamanannya. Semua data yang dibuat akan otomatis tersimpan dalam spreadsheet secara otomatis. Selain menyimpan, data pada spreadsheet juga dapat diedit sebelum diolah lebih lanjut atau dikirimkan kepada penerima.

Kamu bisa menambahkan, mengurangi, maupun mengubah setiap komponen pada formulir hanya dengan melakukan drag dan drop. Sebagai pelengkap, Google Form juga dilengkapi dengan berbagai palet warna untuk mempercantik desain.

Berikut Ini Cara Membuat Google Form yang Mudah Disertai Gambar

Untuk menggunakan Google Form, kamu harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Bila belum memiliki akun, buatlah dengan cara seperti biasa dan gratis. Setelah buat langsung saja buka situs Google Form. * Buka situs Google Form lewat alamat docs.google.com lalu pilih menu (logo tiga garis) di kiri atas.

* Pilih menu Form, dan kamu akan dibawa ke halaman Google Form atau bisa langsung ke docs.google.com/forms/u/0/

* Di bagian atas tersedia beberapa template, namun jika ingin memulai yang baru pilih blank dengan ikon +

* Isi judul Google Form, diikuti deskripsi dibawahnya.

* Buat daftar pertanyaan dengan model jawab, dari jawaban singkat, paragraf, multiple choice, checbox, tinggal sesuaikan kebutuhan.

* Kamu bisa ubah warna latar belakang atau tema: Klik palet (palet warna) lalu pilih warna atau tema.

* Jika ingin menambahkan pertanyaan baru, klik tanda + di kanan.

* Untuk mendapatkan data respon dalam bentuk spreadsheet, masuk ke tab respons di atas dan klik logo spreadsheet berwana hijau, klik create dan akan otomatis membuat file spreadsheet.

Itulah cara membuat Google Form yang mudah disertai gambar yang menarik sehingga tidak monoton dan membuat respondenmu bosan. Selamat mencoba.