Blog

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dan Manual Di Word

Jakarta – Makalah maupun skripsi, ada daftar isi yang memudahkan para pembaca mencari halaman. Cara membuat daftar isi bisa dibuat dengan mudah, bisa cara manual dan otomatis.

Memuat dan merapikan daftar isi terkadang memakan waktu yang cukup lama, padahal ada cara yang mudah. Daftar isi pada microsoft Word bisa dibuat dengan hasil yang lebih rapi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Berikut Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis :

1. Mengatur Heading

Langkah yang pertama yang harus dilakukan adalah mengatur heading, hal ini dilakukan agar bagian dan sub bagian tugas kamu dapat dibaca oleh word. Atur heading menggunakan fitur Styles yang terletak pada tab Home, Kemudian pilih Heading 1 untuk bagian utama dan Heading 2 untuk sub bagian. Lakukan terus hingga bagian dan sub bagian terisi.

2. Memasukan Daftar Isi

Langkah berikutnya memasukkan daftar isi, masuk ke tab References, kemudian pilih Table of Contents. Kamu bisa memilih antara membuat daftar isi secara otomatis atau manual. Opsi pertama dan kedua adalah Tabel Otomatis (Automatic Table 1 dan Automatic Table 2), dan opsi ketiga merupakan Table Manual. Setelah memilih, maka daftar isi yang kamu masukkan akan langsung jadi dengan rapih, dan hanya perlu mengubah beberapa kata.

3. Melakukan Pembaruan Table

Jika ada beberapa perubahan yang kamu terapkan pada dokumen sehingga diperlukan perubahan pada daftar isi, tekan tombol update table di pojok kiri atas. Ada pilihan untuk mengupdate nomor halaman saja atau mengupdate table secara keseluruhan.

Cara Membuat Daftar Isi Secara Manual :

1. Mengatur Right Tab

Langkah pertama adalah mengatur right tab terlebih dahulu, untuk menampilkan ikon right tab kamu terlebih dahulu menampilkan Ruler pada tab View. Selanjutnya kamu bisa mengatur posisi Right Tab tersebut melalui ruler yang telah ditampilkan, di bagian atas dokumen. Dengan begitu, kamu bisa meletakkan nomor halaman dengan rapi dari sini.

2. Memunculkan Titik-Titik Dengan Rapi

Langkah selanjutnya, kamu bisa double click pada Tab tersebut hingga muncul menu pop-up. Pada menu pop-up, pilih opsi kedua yang merupakan titik-titik yang biasa digunakan dalam daftar isi.

3. Memasukkan Daftar Isi

Masukan daftar isi tugasmu, setelah memasukkan judul bagian tekan tombol Tab pada keyboard untuk memunculkan titik-titik. Lalu, terakhir masukan nomor halaman yang sesuai dengan judul bagian tersebut.

Itulah cara membuat daftar isi dengan mudah di Microsoft Word. Dengan cara yang mudah dan cepat, memudahkan kamu dalam mengerjakan tugas makalah dan skripsi.

tag

cara membuat daftar isi

cara membuat daftar isi makalah

cara membuat daftar isi skripsi

cara membuat daftar isi manual

cara membuat daftar isi dengan tab

(erd/erd)