Blog

Cara Membersihkan Nat Keramik Tanpa Menggunakan Pemutih

JAKARTA, KOMPAS.com – Nat keramik merupakan bagian yang harus selalu dibersihkan sesering mungkin karena sering kali menumpul kotoran.

Bahkan nat yang kotor bisa berubah warna menjadi lebih gelap yang membuat keramik terlihat buruk serta berpotensi membahayakan kesehatan karena menyimpan bakteri dan memungkinkan tumbuhnya jamur sehingga penting membersihkan nat secara teratur.

Baca juga: Cara Membersihkan Nat Keramik Kamar Mandi, Cukup Pakai Pasta Gigi

Sarah Dempsey dari MyJobQuote dan Olly Cavner, Manajer Operasi di Essential Living, membagikan cara efektif membersihkan nat ubin menggunakan solusi alami daripada pemutih.

Olly menjelaskan, pemutih biasanya digunakan untuk membersihkan area di sekitar rumah, tapi tidak boleh untuk nat. Banyak dari kita menggunakan pemutih untuk menghilangkan jamur dan lumut.

Namun, pemutih sangat beracun bagi mereka yang menghirup asapnya dan membahayakan saluran air dan lingkungan perairan.

Selain itu, tidak menghilangkan bakteri sepenuhnya pada ubin dan dapat menumpuk kembali seiring waktu.

Sebaliknya, para ahli menyarankan menggunakan bahan pembersih buatan sendiri adalah cara efektif membersihkan nat ubin.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Air pada Nat Kamar Mandi

Untuk noda nat dan jamur, pembersihan paling umum adalah menggunakanbaking soda dan cuka.

Olly mengatakan jamur apa pun sedikit lebih tahan terhadap baking soda. Sedangkan untuk cuka putih, buat campuran bersama air, lalu masukkan ke botol semprot, dan semprotkan di atas baking soda.

Biarkan cuka putih menempel pada nat selama beberapa menit sebelum menggunakan sikat gigi bekas untuk membantu menghilangkan noda.

Baca juga: Cara Membersihkan Nat Kamar Mandi dan Dapur dengan Pasta Gigi

Sarah setuju menggunakan kombinasi baking soda dan cuka putih untuk membersihkan nat. Caranya, buat campuran pasta baking soda dan air, kemudian oleskan pasta ke garis nat.

Setelah nat tertutup pasta, semprotkan cuka dia atasnya. Percampuran kedua bahan ini akan memunculkan busa.

Setelah berhenti berbusa, gosok nat keramik dengan sikat, kemudian bilas dengan air dan lap hingga kering.

Cuka putih juga dapat digunakan sendiri untuk menghilangkan kotoran pada nat keramik. Cuka terkenal sebagai salah satu bahan pembersih alami paling serbaguna dan efektif.

Baca juga: Cara Membersihkan Jamur Hitam di Nat Keramik Kamar Mandi

Secara alami, cuka bersifat asam yang berfungsi mencegah pertumbuhan jamur, lumut, dan jenis bakteri lainnya.

Untuk membuatnya, cukup campur beberapa cuka putih suling dan air, lalu masukkan ke botol semprot, dan semprotkan campuran langsung ke nat keramik. Selanjutnya, biarkan bahan meresap selama menit, kemudian gosok dengan sikat.

Meski cuka putih adalah pembersih yang efektif, Olly memperingatkan cuka putih harus digunakan dengan hati-hati.

“Penting diingat karena sifatnya yang asam, cuka dapat menyebabkan keausan pada beberapa ubin dari waktu ke waktu, jadi disarankan hanya menggunakan cuka putih sebagai upaya terakhir,” ucap Olly dilansir dari Express, Minggu (23/10/2022).

Baca juga: Bukan Pakai Cuka, Ini Cara Tepat Membersihkan Nat Kamar Mandi

Alternatif lainnya
Hidrogen peroksida lebih efektif membersihkan nat ubin daripada pemutih. Bahan pembersih kuat ini sering digunakan untuk memutihkan dan mencerahkan ubin. Hidrogen peroksida juga merupakan disinfektan, pembersih, dan pewangi yang hebat.

Sarah mengatakan hidrogen peroksida adalah agen pembersih alami yang hebat dan memiliki sifat anti-jamur.

Tuang beberapa zat ke dalam botol semprot, kemudian semprotkan langsung ke nat ubin. Setelah itu, biarkan meresap selama 10 menit, kemudian gosok.

Sama dengan baking soda, hidrogen peroksida menghasilkan pemutih beroksigen yang sangat efektif membersihkan nat keramik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link /kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.