Blog

Cara Memaketkan Pulsa Telkomsel

Pengguna Telkomsel maupun operator lainnya, tentu membutuhkan jaringan internet saat menggunakan ponsel pintar atau smartphone. Salah satu cara mendapatkan jaringan internet ini, adalah dengan membeli kuota internet, yang bisa didapatkan dengan membelinya di e-commerce atau lewat mobile banking.

Lantas, bagaimana jika dana sedang “tipis” sementara kuota internet habis? Untuk menyiasatinya, pengguna Telkomsel perlu mengetahui cara memaketkan pulsa Telkomsel. Dengan cara ini, pulsa yang fungsinya hanya untuk melakukan penggilan telepon dan mengirim pesan singkat atau SMS, dapat diubah menjadi kuota internet.

Cara memaketkan pulsa Telkomsel tergolong mudah. Sebab, operator telekomunikasi ini, telah menyediakan beragam kanal yang memudahkan penggunanya.

Seperti apa cara memaketkan pulsa Telkomsel melalui beberapa kanal yang disediakan oleh Telkomsel? Simak ulasan singkat berikut ini.

Seperti telah disebutkan, Telkomsel merupakan salah satu operator telekomunikasi yang menyediakan beberapa kanal untuk memaketkan pulsa menjadi kuota internet. Secara umum, cara memaketkan pulsa Telkomsel, bisa dilakukan melalui aplikasi MyTelkomsel, melalui SMS, dan panggilan telepon.

1. Cara Memaketkan Pulsa Telkomsel Melalui Aplikasi MyTelkomsel
Aplikasi MyTelkomsel menyediakan berbagai fitur, seperti untuk mengecek pulsa dan kuota internet Telkomsel, memperpanjang masa aktif nomor Telkomsel, berlangganan Netflix, dan masih banyak lagi.

Salah satu fitur yang disediakan oleh MyTelkomsel adalah memaketkan pulsa menjadi kuota internet. Cara memaketkan pulsa Telkomsel dengan aplikasi MyTelkomsel, adalah sebagai berikut:

* Buka aplikasi MyTelkomsel.
* Scroll ke bawah hingga muncul menu ‘Paket Kuota’ atau pilih menu ‘Belanja’.
* Pilih ‘Lihat Semua Paket’ maka akan muncul menu ‘Paket Kuota’.
* Pilih Paket ‘Internet’, ‘Roaming’, ‘Hiburan’, atau ‘Telepon dan SMS’.
* Pengguna dapat memakai fitur ‘Filter’ untuk mencari paket yang dinginkan dengan memasukkan nominal harga, besaran kuota, masa berlaku, dan/atau jenis paket yang dipilih. Kemudian pilih ‘Terapkan’.
* Pilih salah satu paket yang tersedia dalam menu. Tersedia paket dengan masa aktif harian, mingguan, dan bulanan.
* Pahami rincian paket berupa Masa Aktif, Jenis Internet, Masa Aktif, Jaringan, Wilayah, Syarat dan Ketentuan, dan lain sebagainya.
* Pilih ‘Sekali Beli’ untuk melanjutkan transaksi.
* Pilih metode pembayaran menggunakan pulsa.
* Klik ‘Bayar’.
* Klik ‘Lanjut’.
* Tunggu pemberitahuan yang dikirimkan melalui SMS.
* Kuota internet sudah terisi dan dapat digunakan.

2. Cara Memaketkan Pulsa Telkomsel dengan Fitur Panggilan
Cara memaketkan pulsa Telkomsel selain dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel, adalah melalui fitur panggilan (call). Caranya, adalah sebagai berikut:

* Ketik *363# pada keypad ponsel.
* Pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan.
* Pastikan harga telah sesuai.
* Jika ingin mengetahui paket lainnya, pilih ‘Paket Lainnya’ dan akan muncul menu paket yang tersedia lainnya.
* Pilih paket yang dibutuhkan beserta besaran kuota, harga, dan masa aktif. Tersedia paket aktif mingguan dan bulanan
* Klik ‘Ya’ jika telah memahami informasi detail paket dan ingin melanjutkan transaksi.
* Tunggu pemberitahuan yang dikirimkan melalui SMS.
* Paket internet pun sudah dapat digunakan.

Itulah dua cara memaketkan pulsa Telkomsel, yakni melalui aplikasi MyTelkomsel dan fitur panggilan. Patut diingat, sebelum memaketkan pulsa menjadi kuota internet, pengguna Telkomsel harus memastikan apakah saldo pulsa tersedia untuk membeli kuota internet.

Alternatif Pengisian Kuota Selain Memaketkan Pulsa
Jika pengguna tidak memiliki saldo yang cukup untuk memaketkan pulsa Telkomsel menjadi kuota, maka cara lain yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan layanan paket internet darurat.

Paket Darurat Telkomsel adalah paket internet, telepon, atau SMS yang bisa diaktifkan dan dibayar nanti saat mengisi ulang pulsa. Pulsa pelanggan akan dipotong otomatis sebagai pembayaran Paket Darurat saat isi ulang.

Paket Darurat Telkomsel hanya bisa diaktifkan oleh pelanggan yang memenuhi beberapa kriteria, antara lain:

* Pelanggan Telkomsel PraBayar.
* Telah aktif menjadi pelanggan selama > 60 hari dan melakukan isi ulang minimum 1 kali dengan nominal Rp5.000 dalam 3 bulan terakhir.
* Memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan kebijakan Telkomsel.

Paket Darurat Telkomsel dapat diaktifkan lebih dari satu kali selama nomor pelanggan termasuk ke dalam kriteria dan telah membayar tagihan Paket Darurat yang dimiliki sebelumnya.

Jika nominal pulsa kurang dari tagihan yang harus dibayar, pulsa akan dipotong sejumlah sisa pulsa yang dimiliki. Sisa tagihannya akan dibayarkan pada pengisian pulsa berikutnya.

Cara yang paling umum untuk mendapatkan Paket Darurat Telkomsel, adalah melalui fitur panggilan. Adapun, langkah-langkah yang harus dilakukan, adalah sebagai berikut:

* Tekan *888# melalui keypad pada ponsel.
* Pilih menu ‘Paket Darurat’ dari delapan pilihan yang diperlihatkan. Klik ‘Send’.
* Kemudian, pilih (1) pada keypad, untuk memilih Paket Darurat. ‘Send’.
* Pilih (1) untuk mendapatkan Paket Darurat senilai Rp 10.000. Klik ‘Send’.
* Pilih (1) sebagai tanda persetujuan akan mengambil Paket Darurat. Klik ‘Send’.
* Tunggu notifikasi yang akan dikirimkan via SMS.
* Paket Darurat sebesar 1 GB telah diaktifkan dan bisa digunakan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memaketkan pulsa Telkomsel, serta cara alternatifnya jika tidak memiliki saldo pulsa yang cukup untuk mengaktifkan paket internet.