Blog

Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI Tak Perlu Aplikasi

PerbesarIlustrasi IMEI. Foto: Aditia Noviansyah/kumparanCara melacak HP hilang dengan IMEI bisa dilakukan, namun membutuhkan bantuan kepolisian dan operator ponsel. Cara ini tidak membutuhkan e-mail sehingga data kamu bisa terjaga. Cara melacak IMEI HP bisa menjadi pilihan jika kamu tidak bisa mengakses e-mail yang tersambung di ponsel. IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity, yaitu kode unik yang ada di setiap ponsel dan berlaku secara internasional. Sehingga, setiap ponsel memiliki identitasnya sendiri-sendiri.

Lalu, bagaimana cara melacak HP hilang dengan IMEI? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI Tanpa Email

Berikut ini adalah cara melacak HP hilang dengan IMEI Samsung dan tipe lainnya:

1. Mengetahui Nomor IMEI Ponsel

Jika ingin melacak HP yang hilang dengan IMEI, tentunya kamu harus mengetahui nomor IMEI ponsel tersebut. Lalu, di mana letak nomor IMEI?

Mengutip laman How To Geek, berikut ini adalah cara mudah melacak HP hilang dengan IMEI:

PerbesarCara mengetahui nomor IMEI HP melalui dial *#06#. Foto: Nada Shofura/kumparanMengetahui nomor IMEI ponsel bisa dilakukan dengan membuka menu panggilan ponsel, kemudian ketik *#06#. Setelah itu, kamu akan melihat dua nomor IMEI pada ponsel tersebut.

PerbesarCara mengetahui nomor IMEI HP melalui Setting. Foto: Nada Shofura/kumparanSelain *#06#, kamu juga bisa cek nomor IMEI di pengaturan ponsel. Buka menu ‘Settings’ dan scroll ke bawah hingga menemukan ‘About phone’.

PerbesarIlustrasi nomor IMEI yang tertulis di HP. Foto: Aditia Noviansyah/kumparanBeberapa HP mencantumkan nomor IMEI di bagian belakang ponsel. Biasanya, nomor IMEI diletakkan di tempat SIM Card atau dibalik baterai HP. Kamu bisa membongkar HP untuk melihat nomor IMEI-nya.

PerbesarIlustrasi IMEI di kardus HP. Foto: Aditia Noviansyah/kumparanKetiga cara di atas mungkin tidak bisa dilakukan jika ponsel sudah telanjur hilang, namun kamu masih bisa melihat nomor IMEI tersebut di kardus HP.

Cari kardus HP kamu yang hilang dan temukan stiker yang tertulis nomor IMEI di kardus tersebut.

2. Buat Laporan di Kepolisian

PerbesarIlustrasi polisi. Foto: ReutersSetelah menemukan nomer IMEI ponsel yang hilang, selanjutnya buatlah laporan di kepolisian. Kamu bisa meminta surat laporan kehilangan di kepolisian terdekat.

Hal itu menjadi persyaratan untuk meminta operator agar membantu melacak ponsel dengan IMEI. Meski terlihat cukup sulit, namun cara ini terbilang aman.

Jangan lupa untuk membawa identitas diri, seperti KTP atau SIM jika ingin membuat laporan kehilangan. Nantinya, kamu juga akan ditanya mengenai kronologi kejadian.

3. Hubungi Operator Ponsel

PerbesarIlustrasi call center operator ponsel. Foto: Pressfoto/FreepikSetelah mendapatkan Surat Keterangan Kehilangan, kamu bisa segera pergi ke kantor operator ponsel atau menghubungi call center. Kamu nantinya akan diminta nomor ponsel dan nomor IMEI HP yang hilang. Operator akan membantu kamu untuk melacak HP yang hilang dengan IMEI.

Kemungkinan kamu juga membutuhkan waktu beberapa saat hingga pihak operator selesai melakukan proses pelacakan HP. Jika posisi ponsel sudah diketahui, kamu akan dihubungi pihak provider.

Itulah cara melacak HP yang hilang lewat IMEI. Jika ponsel kamu hilang, cek terlebih dahulu dengan e-mail melalui aplikasi Find My Device.