Blog

Cara Ganti Pasword Wifi

Wifi merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kita, apalagi di zaman sekarang ini. Lalu bagaimana caranya agar wifi kita selalu kencang dan tidak lelet.

Kadang wifi kita selalu dipakai beberapa user, sehingga wifi kita menjadi lelet. Terus bagaimana sih caranya untuk mengganti password wifi kita.

Ingin mengubah kata sandi Wifi, tetapi sulit dan tidak tahu cara melakukannya? Membaca artikel ini dapat membuat Anda tahu cara mengubah kata sandi wifi.

Cara sederhana untuk merubah pasword wifi.

Sebelum memulai, saya akan mulai seperti biasa. Demi menjaga keamanan banyak pengguna WiFi yang sering mengganti password atau passwordnya, terbukti efektif melindungi koneksi internet dari pencuri.

Perpaduan teks dan angka memang bisa efektif mencegah WiFi rusak, namun bukan berarti aman, setidaknya tahu beberapa cara mengganti password WiFi.

Sekalipun Anda sudah berlangganan WiFi, bukan berarti Anda sudah tahu cara mengganti kata sandi, beberapa di antaranya sering dianggap remeh dan tidak mau tahu.

Bertanya pada petugas pemasang WiFi pun biasa para pelanggan baru lakukan, untuk mengetahui bagaimana cara mengganti kata sandi.

Artikel Terkait:Tips dan Cara Ganti Password Wifi Sendiri

Cara Ganti Password WiFi Sendiri
Kita bisa mengubah password WiFi melalui berbagai perangkat seperti ponsel pintar, PC atau laptop.

Namun yang perlu Anda ingat dan perhatikan adalah perangkat yang Anda gunakan terhubung ke modem router melalui kabel LAN dan WiFi, berikut beberapa cara untuk mengubah password WiFi di laptop Anda

1. Mengubah Password Wifi Huawei
wifi zteSaat Anda bisa mengganti password pada modem ZTE WiFi, tentunya Anda tidak akan kesulitan untuk mengganti password pada modem Huawei tersebut.

Hal tersebut tidak terlepas dari banyaknya modem yang beredar di bawah merek Cisco, ZTE atau Huawei hg8245h.

Berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan :

* Ketik 192.168.1.1 atau 192.168.1.254 pada browser anda. Jika kedua alamat IP ini tidak dapat digunakan untuk membuka tampilan pengaturan modem, ketik 192.168.0.1.
* Jika berhasil, Anda akan secara otomatis diarahkan ke halaman pengaturan modem Huawei dan memasukkan nama pengguna dan kata sandi default modem.
* Anda bisa masuk ke admin dan admin atau support and support, lalu cari menu wireless atau opsi WiFi, lalu pilih menu SSID dan masukkan password.
* Jika Anda berhasil menemukan SSID, Anda dapat mengisi nama dan kata sandi yang anda hendaki
* Klik “Simpan” atau “Terapkan” untuk menyimpan perubahan Anda. Cara ini sebenarnya mirip dengan metode sebelumnya.

2. Mengubah Password Wifi ZTE INDIHOME
wifi

Saat menggunakan modem ZTE untuk pertama kalinya, Anda akan diminta untuk mengisi kolom nama WiFi dan kata sandi. Anda dapat melihat nama WiFi dan kata sandi di bawah modem yang Anda miliki.

Anda dapat menemukan beberapa teks di bawah ini, termasuk tanggal pembuatan modem, seri modem, alamat MAC, model, produk, dan nama dan kata sandi SSID1.

Silakan periksa nama WiFi di kolom SSID dan masukkan kata sandi di bawah kolom itu.

Masalah yang sering kita jumpai adalah kita sering lupa password WiFi terbaru kita. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengatur ulang modem dengan menekan tombol reset yang biasanya terletak di bagian belakang modem, dan kata sandi Anda akan segera diubah.

Setelah menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi menggunakan kata sandi yang ada, Anda dapat menggunakan browser apa saja dan mengetik 192.168.1.1 di bilah alamat, lalu tekan Enter.

Setelah memasuki ui modem

* Username:username
* Password:admin

atau

* Username:user
* Password:user

modem, Anda dapat memasukkan nama pengguna default seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Setelah Anda berhasil login, kliknetwork, laluWLAN,dilanjutkan denganSSID settings. Kemudian masukkan nama baru WiFi pada kolomSSID Namedansubmit.

Kemudian kliksecuritydibagian kiri,dan isi kolomWPA passphrasedengan password WiFi yang Anda kehendaki. Lalu kliksubmit.

jadi! Nama WiFi dan kata sandi telah berhasil diubah.

3. Mengubah Password WiFi Modem TP-Link TD-W8961N
Sama seperti mengubah kata sandi sebelumnya, Anda dapat mengakses browser apa pun dan memasukkan alamat 192.168.1.1 atau 192.168.1.254.

Untuk mengetahui username dan password default pada control panel TP Link, Anda bisa melihatnya di bagian bawah modem. Selain itu, sebenarnya ada alamat IP default modem.

Jika Anda tidak dapat menggunakan input alamat IP yang kami berikan, mungkin alamat IP default modem tidak cocok dengan yang kami rekomendasikan.

Setelah berhasil masuk ke tampilan panel kontrol router melalui browser, Anda bisa masuk ke menu pengaturan antarmuka. Di sana, Anda akan melihat beberapa submenu yang terdiri dari kolom dan tombol.

Silakan klik submenu nirkabel. Atau, metode lain adalah Anda dapat segera mengubah kata sandi baru di bidang kunci yang dibagikan sebelumnya.

Jika Anda memasukkan kata sandi baru, Anda dapat mengklik Simpan di bagian bawah halaman browser. Di saat yang sama, jika Anda juga ingin mengubah nama WiFi Anda, cari saja kolom SSID di menu yang sama. Letaknya di dekat bagian atas menu.

Kemudian, Anda dapat mengklik menu perawatan dan masuk ke menu administrator.

Di sana Anda tidak akan menemukan menu sebanyak sebelumnya. Anda akan menemukan dan mengkonfirmasi kata sandi dan nama pengguna di kolom “Kata Sandi Baru”.

Sekarang, silakan isi bidang kata sandi baru dengan kata sandi administrator yang diperlukan dan bidang konfirmasi kata sandi dengan kata sandi yang sama.

Setelah berhasil mengubah kata sandi router, cukup klik “Simpan” untuk menyimpan pengaturan. Beberapa metode di atas kami sediakan sebagai dasar untuk memahami cara mengganti password WiFi.

Cara Ganti Password WiFi Lewat HP
Selain menggunakan laptop dan PC atau komputer untuk mengganti username dan password pada WiFi, Anda juga bisa menggunakan smartphone untuk melakukan ini.

Anda tidak perlu bingung dengan langkah-langkah yang harus dilakukan. Cara menggunakan ponsel ini untuk mengubah kata sandi WiFi rumah mirip dengan yang kami lakukan di laptop.

* Gunakan ponsel pintar Anda untuk masuk ke browser, lalu kunjungi 192.168.1.1, setelah itu Anda akan masuk ke halaman ubah kata sandi dan kata sandi.
* Masukkan admin di kolom di samping nama pengguna dan kata sandi, lalu pilih jaringan/network.
* Pilih WLAN dan masukkan “Keamanan” yang terletak di sisi kanan antarmuka, setelah itu beberapa kolom informasi akan ditampilkan.
* Temukan bidang WPA Passphare untuk mengubah nama kata sandi, dan masukkan kata sandi yang diinginkan.
* Masukkan sandi yang mudah diingat sehingga Anda tidak perlu mengubahnya lagi dan lagi di masa mendatang.
* Anda juga dapat menggunakan langkah-langkah berikut untuk mengubah kata sandi WiFi Firstmedia, Myrepublic, Fiber Fire, dan Gigs ke Biznet.

Cara Ganti Password WiFi First Media
Berikut ini adalah langkah-langkah aktual saat Anda baru mengenal media, cukup ikuti metode di bawah ini:

* Pertama lakukan proses menghubungkan laptop atau ponsel ke jaringan wifi, lalu masuk ke browser.
* Masukkan IP 192.168.0.1, lalu tekan OK atau enter, lalu masukkan nama pengguna dan kata sandi default, Anda juga dapat menggunakan nomor pelanggan.
* Pilih menu pengaturan, masuk ke pengaturan nirkabel, masukkan kunci jaringan (biasanya terletak di kolom sisi kanan), kemudian masukkan kata sandi baru dan klik Simpan.

Cara Mengganti Password WiFi MNC Play
Jika Wifi yang Anda gunakan berasal dari Wifi MNC Play, Anda dapat mengubah password atau kata sandi wifi sebagai berikut:

* Langkah pertama yang harus kita lakukan sama seperti sebelumnya, yaitu menghubungkan perangkat yang kita gunakan ke jaringan WiFi yang kita gunakan.
* Setelah itu, masuk ke browser, masukkan IP 192.168.100.1, dan tekan Enter atau OK untuk masuk ke halaman perubahan kata sandi.
* Jika sudah demikian, silakan masukkan nama pengguna dan kata sandi default di kolom yang tersedia segera.
* Biasanya nama pengguna yang digunakan adalah root dan password menggunakan admin, atau keduanya bisa diisi dengan telecoadmin.
* Jika demikian, silakan masukkan nama pengguna dan kata sandi default di kolom yang tersedia segera.
* Perhatikan kolom “WPA PreSharedKey”, masukkan sandi dan nama SSID, lalu pilih “Simpan”.

Penutup
Ini adalah tips, bagaimana cara mudah mengubah kata sandi wifi Anda sendiri, bukan? Anda dapat menelusuri ponsel atau smartphone Anda, atau menggunakan laptop.

Mengganti kata sandi pada jaringan WiFi merupakan langkah yang harus Anda lakukan, terutama untuk mencegah pelanggaran kata sandi.

Namun, beberapa metode penggantian WiFi yang ada pasti akan membawa risiko bagi pengguna jaringan tersebut.