Blog

Cara Ganti Password Wifi

Jaman sekarang Wifi merupakan sarana terbaik untuk mengakses jaringan internet. Wifi merupakan salah satu pilihan terbaik dalam mendapatkan akses internet dengan kualitas mumpuni. Wifi sendiri juga dilengkapi dengan sistem keamanan berupa password. Cara ganti password Wifi juga cukup mudah untuk diterapkan.

Akses Wifi sekarang ada di mana-mana bahkan sudah diterapkan di banyak tempat seperti kantor, sekolah, kampus, hingga rumah makan sekalipun. Seiring berkembangnya jaman dan teknologi, Wifi akan menjadi bagian penting dan tentunya akan terus berkembang mengikuti arus perkembangan teknologi.

Apa Itu Wifi?
Wifi sendiri merupakan sebuah gelombang radio yang berfungsi menyebarkan konektivitas di setiap router yang memungkinkan adanya jaringan internet. Dengan adanya jaringan ini maka akses internet akan terbuka untuk semua device yang mampu menangkap sinyal atau gelombang Wifi.

Artinya Wifi sendiri merupakan teknologi yang mampu memancarkan jaringan untuk mengakses internet. Wifi merupakan sebuah gelombang yang memerlukan adaptor atau router untuk memancarkan sinyal dalam radius atau jarak yang berbeda-beda tergantung dari seberapa kuat sinyal yang dipancarkan.

Sinyal Wifi yang bagus dan kuat biasanya bisa dijangkau hingga radius atau jarak yang lumayan jauh. Namun jika sinyal yang dipancarkan lemah atau kurang kuat maka radiusnya cukup dekat. Akses Wifi saat ini sudah sangat umum ditemukan dan bahkan rata-rata sinyal Wifi dapat ditemukan di rumah-rumah pribadi.

Banyak provider yang menyediakan layanan pemasangan Wifi dengan paket dan harga yang murah. Biasanya harga yang ditawarkan di dasari pada seberapa kuat jaringannya, seberapa jauh jangkauannya, dan lain-lain. Semakin baik maka harganya semakin tinggi namun dengan kualitas terendah saja sudah dapat digunakan untuk akses internet dengan nyaman.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Google: Panduan Terlengkap Wifi sendiri sebenarnya sudah ada sejak lama bahkan sejak jaringan internet mulai tersebar. Keamanan Wifi juga terus mengalami perkembangan yang artinya password Wifi semakin sulit dibobol. Cara ganti password Wifi yang mungkin bagi sebagian orang sulit nyatanya mudah karena sistem keamanan yang memberikan akses terbaik.

Saat ini sistem keamanan protokol Wifi ada 3 jenis yaitu :

1. Wired Equivalent Privacy ( WEP )
Jenis protokol keamanan yang tergolong jadul karena sudah dirilis sejak tahun 1999 oleh IEEE 802.11. Keamanan WiFi ini bisa dibilang sistem keamanan pertama dilihat dari tahun rilisnya. Meskipun yang pertama keamanan ini sudah tidak banyak diterapkan dalam sistem saat ini.

Hal itu dikarenakan sistem ini sudah tidak kompatibel dengan keadaan sekarang. Banyak sekali celah keamanan yang mudah untuk diretas. Artinya password dengan sistem keamanan ini mudah untuk dibobol dan membuat penggunanya akan sering gonta-ganti password.

2. Wifi Protected Access ( WPA )
Jenis keamanan kedua adalah Wifi Protected Access atau WPA yang merupakan uprgrade dari WEP sistem keamanan ini sudah dilengkapi dengan Temporal Key Integrity Protokol atau TKIP. Fungsinya sudah jelas yaitu untuk meningkatkan keamanan sistem Wifi itu sendiri.

3. Wifi Protected Access 2 ( WPA2 )
Terakhir dan yang paling banyak diterapkan dalam sistem keamanan Wifi saat ini adalah WPA2. Tentu soal keamanan password Wifi dengan sistem ini tidak perlu diragukan lagi. Akan sulit untuk membobol sistem keamanannya karena didukung oleh enkripsi Advanced Encryption Standard atau AES.

Jika ingin mengganti password Wifi karena dibobol banyak orang atau hanya ingin mengganti untuk keamanan lebih caranya sangat mudah. Cara ganti password Wifi tidak membutuhkan metode yang cukup ribet. Berikut cara atau metode termudah dalam mengganti password Wifi melalui PC atau laptop.

* Pertama-tama sambungkan jika ingin mengganti password Wifi sambungkan PC atau laptop ke Wifi tersebut. Kemudian pergi ke browser dan masukkan saja alamat IP router biasanya alamat IP ini ada di bagian belakang router.

* Jika sudah maka akan masuk ke dalam tampilan pengaturan Wifi. Langkah awal masukkan username dan juga password default dari router. Jika tidak tahu maka lihat bagian belakang router pasti tertera username dan passwordnya.

* Apabila username dan password berhasil dimasukkan maka langsung saja pilih opsi menu Network di bagian kiri atas. Selanjutnya pilih opsi menu WLAN dan terakhir menu Security. Di sini setiap pengguna akan mulai untuk mengisi password baru dari Wifi.

* Cari kolom WPA Passphrase dan langsung saja masukkan password baru sesuai dengan keinginan. Jika dirasa sudah cukup oke untuk dijadikan password keamanan maka langsung saja klik atau pilih opsi Submit dan password Wifi yang baru sudah berhasil diterapkan.

Yuk Ganti Password Wifi Anda!
Cara ganti password Wifi sangat mudah dan tidak perlu takut bagi yang masih awam. Tidak ada keahlian khusus untuk mengganti password Wifi yang lama dengan yang baru. Buatlah password Wifi yang mudah diingat namun sulit ditebak orang lain. Jangan khawatir jika ingin gonta-ganti password karena caranya sangat mudah dan cepat.