Blog

Cara Cek Sertifikat Vaksin Dengan NIK Mudah Dan Cepat

Jakarta – Cara cek sertifikat vaksin dengan NIK perlu diketahui masyarakat yang sudah divaksin COVID-19. Biasanya sertifikat vaksin COVID-19 sudah tersedia dan tersimpan otomatis di platform PeduliLindungi.

Seiring dengan diperpanjangnya aturan PPKM di Jawa dan Bali, ada tambahan kegiatan masyarakat yang kini diwajibkan untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Bioskop hingga tempat wisata di sejumlah lokasi juga kini sudah diperbolehkan lho.

Dengan kian mudahnya akses berbagai lokasi, tak ada salahnya untuk mempersiapkan sertifikat vaksin COVID-19. Nah, coba yuk cek sertifikat vaksinmu terlebih dahulu. Berikut penjelasannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Cara cek sertifikat vaksin dengan NIK sangat mudah dan cepat lho. Status sertifikat vaksinmu dapat langsung diketahui. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka situs /
2. Isilah nama lengkap dan nomor induk kependudukan (NIK) yang diminta
3. Centang kolom captcha “I’m not a robot”
4. Klik “Periksa” dan status vaksin COVID-19 akan muncul.

Jika kamu telah divaksin, secara otomatis sertifikat vaksin sudah akan termuat dalam sistem. Namun jika belum, kamu bisa menunggu 7-10 hari setelah vaksin.

Cara Memperbaiki Data Sertifikat Vaksin yang Salah
Cara cek sertifikat vaksin dengan NIK kini sudah diketahui. Lalu bagaimana jika terdapat kesalahan data?

Melansir penjelasan di Instagram resmi Kementerian Kesehatan, kesalahan data yang muncul di sertifikat vaksin bisa terjadi saat proses input. Kesalahan data diri bisa berupa nama, tanggal lahir maupun nomor telepon saat di lokasi vaksinasi.

Masyarakat bisa mengajukan perbaikan data dengan mengirimkan surat elektronik atau email ke Berikut isi format email yang harus tercantum dalam email:

1. Nama Lengkap
2. NIK KTP
3. Tempat Tanggal Lahir
4. Nomor handphone
5. Jelaskan Keluhan secara rinci
6. Kamu juga perlu melampirkan beberapa hal, yaitu: Foto NIK/KTP dan selfie dengan KTP Foto kartu vaksinasi COVID-19

Simak juga video ‘Kominfo Blokir Situs PeduliLindungi Palsu’:

[Gambas:Video 20detik]