Blog

Cara Cek Pulsa Telkomsel XL Indosat Tri Dan Smartfren Lewat USSD

KOMPAS.com – Pulsa merupakan kebutuhan pokok bagi pelanggan seluler. Dengan pulsa, pelanggan bisa menikmati layanan dan produk yang ditawarkan oleh operator seluler terkait.

Misalnya menelepon atau berkirim pesan singkat (SMS) ke kerabat atau keluarga, serta membeli paket internet dan berbagai layanan lainnya.

Pulsa juga memiliki masa aktif yang bervariasi tergantung operator seluler. Ketika masa aktif habis, maka pengguna diharuskan untuk mengisi pulsa agar kartu tidak masuk ke masa tenggang hingga akhirnya terblokir.

Nah, lima operator seluler di Indonesia, yaitu Telkomsel, XL Axiata/Axis, Indosat Ooredoo, Tri (3) Indonesia, serta Smartfren menyediakan berbagai macam cara bagi pengguna yang ingin mengetahui informasi pulsa dan masa aktif kartu pelanggannya.

Salah satu caranya adalah dengan mengetikkan kode USSD. Lantas, apa saja kode USSD-nya?

Baca juga: Mitra Gojek Kini Bisa Jualan Pulsa dan Paket Data Telkomsel

Bagi pengguna kartu prabayar Telkomsel seperti SimPATI, Kartu As, dan Loop, pengecekan pulsa bisa dilakukan dengan mengetikkan kode USSD *123# di menu dialer ponsel, sebagaimana ilustrasi gambar di atas.

Sama seperti Telkomsel, pelanggan operator seluler XL dan Axis juga bisa menghubungi kode USSD *123# melalui aplikasi yang sama.

Begitu pula dengan Indosat. Pelanggan Indosat juga bisa mengecek pulsa dan masa aktif kartu melalui kode USSD *123#.

Tri dan Smartfren berbeda
Sementara pelanggan Tri dan Smartfren sedikit berbeda. USSD pengecekan pulsa bagi pelanggan Tri sendiri bisa dilakukan dengan mengetikkan kode *111# melalui aplikasi dialer ponsel.

Sementara pelanggan Smartfren, bisa mengecek pulsa dengan mengetikkan kode USSD *999.

Baca juga: Ada Aturan Pajak Baru, Pulsa Telepon dan Kartu SIM Perdana Naik Harga?

Selain melalui kode USSD, pengecekan pulsa juga bisa dilakukan melalui aplikasi operator seluler terkait, seperti MyTelkomsel (Telkomsel), myXL (XL), myIM3 (Indosat), bima+ (Tri), atau mySF (Smartfren), apabila perangkat pengguna merupakan smartphone.

Semua aplikasi tersebut bisa diunduh secara langsung di Google Play Store (Android) dan Apple App Store (iOS).

Adapun informasi pulsa melalui aplikasi, begitu juga detail masa aktif kartu, bisa dilihat secara langsung di tampilan utama masing-masing aplikasi tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link /kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.