Blog

Cara Cek Kuota Internet Telkomsel Indosat XL Dan Provider Lainnya Di Indonesia

Masih di tengah suasana pandemi ini kebutuhan akan internet terus meningkat. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena aktivitas kita diluar dibatasi oleh aturan yang diberlakukan pemerintah. Selain itu, dengan membatasi aktivitas di luar kita juga secara langsung membantu memutus rantai penyebaran Covid 19. Sejak pandemi ini berlangsung banyak dari provider-provider telekomunikasi yang menawarkan berbagai layanan unik, mulai dari kuota gratis, diskon, dan lain-lain. Tentu hal ini menambah gairah pengguna ponsel pintar. Motif lain yang memang dari dahulu adalah harga smartphone yang relatif terjangkau.

Operator seluler di Indonesia saling bersaing menawarkan jenis paket kuota internet termurah di suasa pandemi ini. Mulai dari, Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL, Axis, Smartfren, hingga Tri berusaha memanjakan penggunanya untuk bersosial media atau berinternetan. Dengan kuota yang ditawarkan seperti, pengguna bisa berselancar di dunia maya, streaming video dan musik, akses sosial media, serta tetap terhubung dengan keluargaa maupun teman dengan aplikasi pesan instan. Kuota yang kita beli akan habis jika pemakaian kita tidak terknotrol, sehingga kita perlu untuk mengontrol penggunaanya.

Mengontrol penggunaan kuota internet sangatlah penting mengingat banyak aktivitas internet yang menghabiskan banyak kuota seperti nonton youtube, main instagram, ngegame online, dan masih banyak lagi. Untuk mengontrol penggunaan kuota anda, pastika untuk mengecek setiap saat atau sehabis penggunaan kuota internet anda. Hal ini akan membantu anda untuk bisa lebih hemat dan bijak dalam memanfaatkan kuota internet. Nah, cara untuk cek kuota internet masing-masing operator berbeda. Pada kesempatan kali ini akan dibahas bagaimana cara cek kuota internet telkomsel, indosat, xl, dan provider lainnya. Yuk kita simak bersama-sama.

Cek Kuota Telkomsel dan Paket Internet Telkomsel
Bagi kamu pengguna kartu telkomsel prabayar seperti simPATI, Kartu AS, dan Loop dapa mengecek pemakaian status paket melalui kode UMB *888#, UMB *363# atau melalui aplikasi MyTelkomsel yang dapat anda unduh di Playstore maupun App Store. Sebelum membahas bagaimana cek kuota Telkomsel terlebih dahulu akan dijelaskan apa saja keuntungan menggunakan paket internet dari Telkomsel. Berikut adalah keuntungannya. * Jaringan yang Luas. Telkomsel memiliki jaringan internet yang cukup merata di Indonesia. Sinyal Telkomsel juga dikenal stabil da lancar.Bagi anda pengguna Telkomsel tentu tidak khawatir jika menggunakan kartu ini pedesaan karena sinyalnya sudah cukup memadai.
* Kecepatannya Baik dan Stabil. Layanan Telkomsel memang memberikan kecepatan 4G LTE kepada penggunanya sehingga masalah internet lemot sangat kecil kemungkinannya, karena kecepatannya mencapai 36 Mbps
* Memiliki Mitra yang Banyak. Telkomsel memiliki kerjasama dengan berbagai perusahaan smartphone untuk meningkatkan layanannya agar pengguna bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

1. Cara Cek Kuota Internet Telkomsel Via SMS
* Buka menu SMS di Ponsel Anda
* Ketika SMS dengan Format UL(spasi)INFO
* Kirim ke * Anda akan mendapatkan SMS balasan informasi paket data dan masa aktif

2. Cara Cek Kuota Internet Telkomsel Via UMB
* Buka menu telepon/ dialer di ponsel Anda
* Ketik *123# lalu tekan 2 untuk cek Internet
* Selanjutnya tekan Panggil/Call/Ok pada ponsel Anda
* Operator telepon akan memberitahukan Informasi paket data dan masa aktifnya

3. Cara Cek Kuota Internet Melalui Aplikasi MyTelkomsel
* Unduh terlebih dahulu aplikasi MyTelkomsel di Smartphone kalian
* Buka Aplikasi lalu masukkan nomor telepon dan Login
* Masuk ke halaman utama dan nominal bisa terlihat di menu tersebut

Baca Juga :Mengenal Manfaat Internet untuk Kegiatan Kerja di Perusahaan/Bisnis

Cek Kuota Indosat dan Paket Internet Indosat
Cara melakukan cek kuota paket Indosat dapat dengan mudah anda lakukan dengan SMS, UMB, serta aplikasi MyIM3 yang dapat di download melalui App Store maupun Play Sore. Namun seperti biasa sebelum lanjut kita coba pahami dulu keuntungan menggunakan paket internet ini.

* Kuota yang Masih dapat Digunakan. Sebagai upaya agar paket data tidak terbuang sia-sia, Indosat Ooredoo dilengkapi dengan program Data Rollover yang dapat memberikan solusi dengan mengakumulasikan sisa kuota yang masih dimiliki.
* Memiliki Jaringan 4G yang Stabil. Indosat tengah giat untuk melakukan program perluasan jaringan agar akses internet pelanggan mereka menjadi efektif dan efisien.
* Ada Aplikasi myIM3. Dengan adanya aplikasi ini pengguna akan lebih mudah dalam melakukan transaksi kuota maupun pulsa.

Cek Kuota Internet Indosat Melalui SMS
1. Buka menu SMS di Ponsel Anda
* Ketika SMS dengan Format: USAGE
* Kirim ke * Anda akan mendapatkan SMS balasan informasi paket data dan masa aktif

2. Cek Kuota Internet Indosat Melalui UMB
* Buka menu telepon/ dialer di ponsel Anda
* Ketik *363# kemudian tekan Call
* Pilih menu nomor,2, untuk Internet,Nelp, dan SMS
* Pilih menu nomor 8 Status Info
* Pilih menu nomor 1 Cek Kuota
* Operator telepon akan memberitahukan Informasi paket data dan masa aktifnya

3. Cek Kuota Internet Melalui Aplikasi MyIM * Unduh terlebih dahulu aplikasi MyIM3 di Smartphone kalian
* Buka Aplikasi lalu masukkan nomor telepon dan Login
* Masuk ke halaman utama dan nominal bisa terlihat di menu tersebut

Cek Kuota XL dan Paket Internet XL

Ketika anda ingin cek kuota XL anda bisa mencoba beberapa opsi, mulai dari SMS, UMB, hingga melalui aplikasi MyXL yang dapat kalian unduh dari Playstore maupun App Store. Sebelum kita beranjak pada bagaimana cara cek kuota XL berikut akan dijelaskan keuntungan menggunakan kuota XL.

* Memiliki Banyak Pilihan Paket. Pengguna XL dapat memilih berbagai paket data yang bervariasi . Paket ini dikelompokkan dari segi jumlah kuotanya, terdapat juga yang dibedakan dengan masa aktifnya.
* Menjangkau Seluruh Jaringan 4G. Jaringan yang sudah diberikan oleh XL sudah merata dan sudah 4G tentu ini kabar baik bagi pengguna ponsel pintar yang giat menggunakan internet.
* Akses internet yang Cepat. Pada jaringan yang sudah 4G, akses internet XL sungguh mengesankan. Disamping itu mereka mengklaim kecepatannya lebih cepat dari 4G yiatu 4,5 G dengan kecepatan mencapai 210 Mbps.

1. Cek Kuota Internet XL Melalui SMS
* Buka menu SMS di Ponsel Anda
* Ketika SMS dengan Format: KUOTA
* Kirim ke * Anda akan mendapatkan SMS balasan informasi paket data dan masa aktif

2. Cek Kuota Internet XL Melalui UMB
* Buka menu Telepon
* Ketik *123*7*1# kemudian ketuk Call
* Pilih menu nomor 2 Cek Kuota
* Pilih paket yang ingin anda cek kuota
* Nanti akan tertampil info sisa kuota anda

3. Cek Kuota Internet XL Melalui Aplikasi myXL
* Unduh terlebih dahulu aplikasi MyXL di Smartphone kalian
* Buka Aplikasi lalu masukkan nomor telepon dan Login
* Masuk ke halaman utama dan nominal bisa terlihat di menu tersebut

Cek Kuota TRI dan Paket Internet TRI
Bagi anda pengguna Tri sama seperti operator lainnya anda bisa melakukan pengecekan kuota melalui SMS, UMB, dan aplikasi dari Bima + yang bisa diunduh melalui Playstore maupun Apps Store. Berikut adalah keunggulan memiliki kuota internet Tri.

* Paket Data Internet Dapat Diakumulasikan. Tri sebagai provider seluler, memberlakukan ketentuan bahwa ketika habis masa aktif kuota, maka sisanya akan diakumulasikan pada paket data berikutnya.
* Memiliki Masa Aktfi Data yang Panjang. Tri memiliki masa aktif yang panjang bahkan sampai 60 hari hingga 1 tahun.
* Kualitas Internet yang Baik. Tri merupakan salah satu provider yang telah memberikan layanan 4G LTE kepada penggunanya.

1. Cek Kuota Internet TRI Melalui SMS
* Buka menu SMS di Ponsel Anda
* Ketika SMS dengan Format: info(spasi)data
* Kirim ke * Anda akan mendapatkan SMS balasan ifnormasi paket data dan masa aktif

2. Cek Kuota Internet TRI Melalui UMB
* Buka aplikasi telepon/dialer di ponsel Anda.
* Lakukan panggilan ke *111#.
* Pilih Menu Cek Kuota, ketik 4, SEND.
* Pilih Kuota Data 2, SEND.
* Pilih Cek Kuota, ketik 1, SEND.
* Pilih pilihan jenis kuota sesuai dengan paket internet kamu, pilih yang mana saja. Misalnya, untuk Kuota Data Reguler,
* ketik 1, SEND.
* Pilih Status&Info, ketik 8, reply.
* Pilih Cek Kuota, ketik 1, reply.
* Tunggu SMS konfirmasi yang akan memberitahu sisa kuotamu.

3. Cek Kuota Internet TRIMelalui Aplikasi Bima+
* Unduh terlebih dahulu aplikasi Bima+ di Smartphone kalian
* Buka Aplikasi lalu masukkan nomor telepon dan Login
* Masuk ke halaman utama dan nominal bisa terlihat di menu tersebut

Baca Juga:Cara Mendapatkan Kuota Internet GRATIS dari Kemendikbud Ri (Kuota Belajar Kemendikbud)

Cek Kuota AXIS dan Paket Internet AXIS
Bagi anda pengguna Axis sama seperti operator lainnya anda bisa melakukan pengecekan kuota melalui SMS, UMB, dan aplikasi myXL yang bisa diunduh melalui Playstore maupun Apps Store. Berikut adalah keunggulan memiliki kuota internet Axis.

* Memiliki Banyak Pilihan Paket. Pengguna Axis dapat memilih berbagai paket data yang bervariasi . Paket ini dikelompokkan dari segi jumlah kuotanya, terdapat juga yang dibedakan dengan masa aktifnya.
* Menjangkau Seluruh Jaringan 4G. Jaringan yang sudah diberikan oleh Axis sudah merata dan sudah 4G tentu ini kabar baik bagi pengguna ponsel pintar yang giat menggunakan internet.
* Akses internet yang Cepat. Pada jaringan yang sudah 4G, akses internet Axis sungguh mengesankan. Disamping itu mereka mengklaim kecepatannya lebih cepat dari 4G yiatu 4,5 G dengan kecepatan mencapai 210 Mbps.

1. Cek Kuota Internet Axis Melalui UMB * Ketik *123*7*3# lalu tekan dial atau panggil
* Informasi paket akan langsung tampil dilayar

2. Cek Kuota Internet TRI Melalui myXL atau Axisnet * Buka aplikasi Axisnet
* Masuk dengan nomor telepon axis
* Masuk ke halaman utama dan nominal bisa terlihat di menu tersebut

Kesimpulan dan Penutup
Jadi itulah tadi penjelasan mengenai cara cek kuota internet dari operator-operator yang berbeda. Memang tidak bisa dipungkiri jika kebutuhan akan kuota internet akan semakin terus bertambah, hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah harga smartphone yang terjangkau dan ditambah lagi harga kuota internet yang mudah dan bervariasi. Selain itu ada situasi dimana sekarang terjadi pandemi.

Dalam keseharian kita saat memakai kuota internet pasti ada yang tidak sadar tiba-tiba kuota internetnya habis. Hal ini disebabkan karena penggunaan yang tidak terkontrol. Banyak sekali aktivitas internet yang menghabiskan kuota internet contohnya seperti Youtube, Instagram, Main Game dan masih banyak lagi. Namun anda tetap bisa melakukan pengontrolan tersebut dengan rutin memeriksa kuota internet melalui cara-cara yang sudah dipaparkan di atas.