Blog

Cara Buat Roti Pisang Yang Mudah Dan Murah Cocok Untuk Akhir Pekan

Roti merupakan salah satu makanan karbohidrat yang paling sering dikonsumsi masyarakat selain nasi. Roti memiliki banyak kandungan yang bisa menyehatkan tubuh Anda. Tepat pada artikel kali ini akan kami bahas mengenai cara buat roti pisang.

Mengapa roti pisang yang akan menjadi bahan utamanya? Karena pisang merupajan salah satu buah kaya akan vitamin. Selain hal tersebut buah pisang merupakan buah yang mudah dijumpai di Indonesia. Dengan kemudahan tersebut Anda sebagai ibu rumah tangga terutama bisa membuat resep roti ini untuk keluarga besar.

Cara buat roti pisang ini untuk bahannya sangat mudah dicari. Cukup ke supermarket atau toko terdekat semua sudah tersedia. Waktu untuk pembuatan roti pisang ini juga termasuk cepat, hanya membutuhkan waktu kurang lebih dua jam roti sudah siap dikonsumsi.

Bahan – Bahan Membuat Roti Pisang
Tepung terigu 500 gram
Gula putih 100 gram
Ragi 1 sendok
Susu putih cair 150ml
Kuning telur 2 butir
Mentega 5 sendok
Garam setengah sendok
Pisang kepung
Toping (coklat atau keju) disesuaikan dengan selera

Baca Juga:Emak-emak Buat Roti Kopi, Warganet Malah Bengek Pas Lihat Hasilnya: Ini Mah Rumah Patrick

Cara Memasak

1. Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memasak roti pisang ini adalah dengan menyiapkan seluruh bahan diatas. Selain menyiapkan bahan utama tersebut, jangan lupa untuk mempersiapkan alat seperti kompor, oven dan Loyang untuk memasaknya nanti.

2. Setelah semua alat bahan sudah siap, langkah pertama yaitu dengan mencampurkan tepung terigu, gula, dan ragi untuk diaduk sampai merata. Apabila sudah merata bisa langsung menambahkan kuning telur sampai adonan bergerindil.

3. Selanjutnya bisa menambahkan susu sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan jangan lupa untuk memberi garam serta mentega agar adonan tidak lengket.

4. Setelah dianggap kalis adonan bisa dibuat bulatan besar dan diamkan selama 30 menit dengan memberi kain diatasnya hingga mengembang.

Baca Juga:Toko Roti di Inggris Buat Roti Jangkrik, Seperti Apa?

5. Sambil menunggu adonan mengembang, Anda bisa memanggang potongan pisang yang sudah disiapkan sebagai isian nanti. Pastikan pisang dipanggang jangan sampai terlalu matang karena nanti masih akan di oven kembali.

6. Langkah selanjutnya apabila adonan sudah mengembang adalah dengan membagi adonan menjadi kurang lebih 20 adonan dan membentuknya bulatan kecil untuk diberi pisang ditengahnya.

7. Dalam memberikan pisang pada adonan tersebut, perlu dipipihkan terlebih dahulu kemudian masukkan pisang dan bisa dilipat dan gulung adonan sampai tertutup semua pisangnya.

8. Lakukan hal yang sama pada semua adonan dan taruh pada Loyang yang sudah diberi margarin kemudian taruh oven kurnag lebih 25 menit hingga warnanya kuning keemasan.

Demikian tadi cara buat roti pisang untuk keluarga besar dirumah yang super mudah. Jangan lupa diberi toping sebagai hiasan ataupun sebagai penambah rasa sesuai selera masing – masing.