Blog

Cara Bikin Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Biar Cepat Diterima

Jakarta – Sayangnya hingga saat ini masih ada banyak orang yang mengalami kendala saat melakukan proses lamaran atau proses melamar pekerjaan. Hal ini disebabkan karena dirinya masih kurang cakap dalam membuat surat lamaran kerja yang menarik.

Namun perlu diketahui bahwa membuat surat lamaran kerja yang menarik bukan berarti Anda menghias dokumen tersebut layaknya anak TK. Sekarang ini teknologi sudah semakin canggih, jika memungkinkan, Anda mendesainnya menggunakan layout ataupun desain khusus.

Surat lamaran yang menarik akan memberi peluang yang lebih besar untuk mendapat perhatian bagi para pimpinan perusahaan pencari kerja atau minimal pegawai yang ditugaskan perusahaan untuk mencari pegawai baru seperti manager dan HRD.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Jika bisa menunjukkan bakat dan kemampuan ketika melamar kerja, maka Anda akan memiliki kesempatan emas untuk menampilkan siapa diri dan bagaimana diri Anda sebenarnya. Sehingga peluang untuk dipanggil sesi wawancara sangatlah besar. lantas seberapa besar peluang untuk mendapatkan pekerjaannya?

Jawabannya akan sangat besar tentu saja. Karena ada juga perusahaan yang menilai bukan hanya dari skill saja melainkan juga dari sikap (attitude) yang dimiliki dan bagus tidaknya surat lamaran kerja yang dimiliki.

Oleh karenanya, berikut tips cara membuat Surat Lamaran Kerja yang menarik, baik, dan benar sehingga bisa menambah nilai jual:

1. Pastikan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Anda harus menggunakan bahasa yang resmi.

2. Gunakan kata yang sopan namun resmi. Hal ini karena Anda akan membuat surat secara resmi ke sebuah perusahaan. Jangan menggunakan bahasa gaul ataupun menggunakan bahasa daerah yang tidak akan dimengerti.

3. Jangan bertele-tele dan gunakan format penulisan yang tersusun rapi dan sesuai dengan ketentuan surat lamaran kerja.

4. Hendaknya ditulis secara manual agar perusahaan dapat menilai tulisan tangan Anda.

5. Lengkapi dengan data-data yang dibutuhkan sesuai dengan data pribadi atau data asli yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan tempat Anda melamar kerja.

6. Lampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja. Dengan begitu Anda menunjukkan memiliki kelebihan yang orang lain tidak miliki.

Format Resume

Umumnya dalam surat lamaran kerja ada sebuah resume dan ijazah yang harus ada dalam satu paket. Sehingga mempermudah pegawai perusahaan dalam mengenali Anda. Dalam membuat format penulisan resume, perlu dipastikan bahwa hal-hal yang ada di bawah ini ada di surat lamaran kerja Anda:

1. Tempat dan tanggal penulisan

2. Perusahaan yang dituju

3. Salam hormat

4. Kata pengantar

5. Biodata pribadi

6. Pengalaman kerja dan skill

7. Penutup

Contoh Surat Lamaran Kerja:

Contoh 1

Yogyakarta, 10 Desember Kepada Yth.

Kepala bagian Personalia THE BUNDAR

Jl. Bunga Mawar No. 123 Yogyakarta

Dengan Hormat,

Bersama dengan Surat lamaran pekerjaan ini, saya mengajukan diri agar bisa bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya yang menulis surat ini.

N a m a : Antika Dwi Permata
Alamat : Jl. Bunga Matahari no 98
Tempat dan Tanggal Lahir : Madiun, 4 Januari 1990
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan Terakhir : SMA
No Telp : Sebagai bahan untuk pertimbangan, saya melampirkan:

Pas foto 4 x 6 2 lembar
Daftar Riwayat Hidup
Foto Copy Kartu Tanda Penduduk
Foto Copy Surat Izin Mengemudi
Foto Copy Kartu Keluarga
Foto Copy Ijazah Terakhir

Sungguh besar harapan saya agar dapat bekerjasama dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Maka dengan ini saya akan menerima segala tahap pengujian. Atas perhatiannya Bapak/Ibu pimpinan berikan, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya

(Antika Dwi Permata )

Contoh 2

Kepada YTH

HRD Bank Mandiri Cabang Malang
Jln. Kawi Kav. V Malang

Dengan hormat,

Seperti halnya dengan informasi yang ada pada lowongan kerja di Bank Mandiri
Berikut data singkat saya:

Nama : Sabilatul Masyithoh Sutendi
Tempat/Tanggal Lahir : Yogyakarta, 24 Juli 1987
Alamat : Jl. Merpati Putih no. 23B
No. Hand phone : Status : Lajang
Pendidikan Terakhir : Strata satu

Saya memiliki keinginan untuk mengajukan permohonan pada posisi customer service. Saya juga melampirkan beberapa berkas untuk bahan pertimbangan.

1. Daftar Riwayat Hidup ( Curriculum Vitae )

2. Foto copy Transkrip Nilai

3. Foto copy ijazah S-1

4. Foto copy KTP

5. Pasfoto 4 x 6 terbaru

Demikianlah surat lamaran yang telah saya buat ini. Saya sangat berharap untuk bisa bekerja dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya berjanji akan bekerja dengan sebaik mungkin seperti apa yang diharapkan oleh Bank MANDIRI.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

( Sabilatul Masyithoh Sutendi )

Itulah beberapa contoh yang bisa Anda ikuti untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan. Hal yang perlu Anda ingat adalah surat lamaran yang menarik selain sesuai ketentuan akan menjadi pilihan yang banyak dipilih atau difavoritkan.

(fdl/fdl)