Blog

Cara Berwudhu Yang Benar Untuk Wanita

ilustrasi wudhu. learnreligions.com Merdeka.com – Berikut adalah panduan tata cara berwudhu yang benar untuk wanita. Saat hendak mengerjakan sholat, wudhu adalah hal yang wajib diakukan sebelumnya untuk membersihkan diri dari segala najis yang menempel pada tubuh.

Perintah Allah SWT untuk berwudhu tertuang dalam surat Al Maidah ayat 6, yang artinya:”Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak melakukan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.”

Selain ayat Al-Qur’an, hadis riwayat Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi juga menjelaskan pentingnya berwudhu terutama sebelum salat. Rasulullah SAW bersabda: “Allah tidak menerima shalat salah seorang di antara kamu sampai ia berwudhu.”

Sahabat Rasul Utsman bin Affan RA juga berkata; “Barang siapa berwudhu seperti yang dicontohkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu, dan perjalanannya menuju masjid dan sholatnya sebagai tambahan pahala baginya.” (HR. Muslim).

Bacaan niat dan tata cara berwudhu yang benar untuk wanita sebenarnya sama saja dengan pria. Melansir dari liputan6.com, ini dia selengkapnya.

Doa Wudhu Lengkap
Saat berwudhu, hendaknya Anda mengetahui bacaan-bacaan doa yang diperlukan. Mulai dari doa niat wudhu hingga doa sesudah wudhu, ini selengkapnya;

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

“NAWAITUL WUDHUU-A LIRAF’LL HADATSIL ASHGHARI FARDHAL LILAAHI TA’AALAA”

Artinya: “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah.”

اشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikash shalihiina.”

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusanNya. Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang sholeh.”

Doa-doa ini wudhu ini bisa dibaca baik oleh wanita maupun pria, dan tidak ada perbedaan di antaranya. Pun sama halnya dengan tata cara atau langkah-langkah berwudhu, yang juga sama untuk wanita dan pria.

1. Baca Doa Niat

Cara berwudhu yang benar untuk wanita yang pertama adalah membaca doa niat wudhu seperti yang tertera di atas. Niatkan bahwa segala ibadah yang dilakukan hanya diniatkan untuk Allah SWT semata. Setelah niat, dilanjutkan dengan membaca Bismillah.

HR Bukhari menuliskan bahwa:”Rasulullah SAW menerangkan bahwa segala perbuatan tergantung kepada niatnya, dan seseorang akan mendapatkan balasan menurut apa yang diniatkannya…” (HSR. Bukhari dalam Fathul Baary, 1:9; Muslim, 6:48).

2. Kumur-Kumur

Cara berwudhu yang benar untuk wanita yang kedua adalah berkumur-kumur. Kumur-kumurlah sebanyak 3 kali guna membersihkan gigi dan sisa-sisa makanan yang ada di dalam mulut.

3. Cuci Lubang Hidung

Cara berwudhu yang benar untuk wanita yang ketiga adalah mencuci lubang hidung. Cuci lubang hidung 3 kali untuk mengeluarkan dan membersihkan kotoran yang ada di dalamnya. Disunnahkan pula untuk muncuci lubang hidung dengan cara menghirup air serta mengeluarkannya dengan memencet hidung.

4. Basuh Wajah

Cara berwudhu yang benar untuk wanita yang keempat adalah membasuh wajah. Bsuh wajah sebanyak 3 kali dan mulailah melakukannya dari ujung kepala tempat tumbuhnya rambut hingga bawah dagu.

5. Basuh Kedua Tangan Hingga Siku

Cara berwudhu yang benar untuk wanita yang kelima adalah dengan membasuh kedua tangan hingga siku. Membasahi tangan hingga siku adalah gerakan wudhu yang sudah tercantum dalam surat Al-Maidah ayat 6 sesuai dengan perintah Allah SWT.

6. Basuh Kepala

Cara berwudhu yang benar untuk wanita yang keenam adalah dengan membasuh kepala. Usaplah kepala dari depan hingga ke bagian belakang kepala sebanyak satu kali. Ali bin Abi Thalib berkata,”Aku melihat Nabi SAW mengusap kepalanya satu kali.” (HR. Sahih Abu Dawud no.106).

7. Bersihkan Telinga

Cara berwudhu yang benar untuk wanita yang ketujuh adalah membersihkan kedua telinga. Caranya, masukan jari telunjuk ke dalam telinga lalu ibu jari mengusap kedua daun telinga. Lakukan hal ini secara bersamaan antar telinga kanan dan telinga kiri.

8. Cuci Kaki

Cara berwudhu yang benar untuk wanita yang ke delapan adalah mencuci kedua kaki dan membasuhnya hingga ke atas mata kaki. Hal ini dilakukan sebanyak 3 kali dan dimulai dari kaki bagian kanan terlebih dahulu.

Dalam HR Bukhari, dahulukan kaki kanan hingga tiga kali kemudian kaki kiri. Dan saat membasuh kaki, Rasulullah menggosok jari kelingkingnya pada sela-sela jari kaki (HR. Bukhari; Fathul Baari, dan Muslim). [edl]

Baca juga:
Niat Wudhu Lengkap Latin dan Artinya yang Benar
Bacaan Doa Selesai Wudhu dan Tata Caranya Lengkap, Jangan Sampai Salah
Doa Setelah Wudhu Lengkap dengan Niat dan Tata Caranya, Perlu Diketahui
Niat Berwudhu Latin dan Artinya, Lengkap dengan Tata Caranya
Cara Wudhu yang Benar untuk Wanita saat di Luar Rumah, Lengkap dengan Doa