Blog

Buat Email

Email dan cara membuatnya
Membuat sebuah Email merupakan sebuah keharusan, di era serba digital saat ini. Memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang akan sangat membantu Anda, khususnya memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi. Salah satu teknologi yang dimaksudkan adalah Email. Email adalah singatan dari electronic mail atau surat elektronik. Email adalah informasi yang disimpan di komputer yang dipertukarkan antara dua pengguna melalui telekomunikasi. Lebih tepatnya, email adalah pesan yang mungkin berisi teks, file, gambar, atau lampiran lain yang dikirim melalui jaringan ke individu atau kelompok individu tertentu. Buat email baru sebenarnya sangat gampang dan tidak memakan waktu. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan secara lengkap secara teknis bagaimana cara membuat akun email baru.

Bagaimana cara mengirim dan menerima email?
Untuk mengirim dan menerima pesan email, Anda dapat menggunakan program email, juga dikenal sebagai klien email, seperti Microsoft Outlook atau Mozilla Thunderbird. Menggunakan klien email berarti menggunakan server yang menyimpan dan mengirimkan pesan Anda. Server ini sering kali dihosting oleh ISP Anda, namun juga dapat berupa perusahaan internet lain. Klien email perlu terhubung ke server untuk mendownload email baru, sedangkan email yang disimpan online selalu tersedia selama Anda terhubung dengan jaringan internet. Caranya cukup mudah, Anda diharuskan untuk membuat akun email baru

Cara alternatif untuk mengirim dan menerima email (dan solusi yang lebih populer bagi kebanyakan orang) adalah layanan email online atau webmail. Contohnya adalah provider-provider yang tidak asing bagi Anda seperti, Hotmail (sekarang Outlook.com), Gmail, dan Yahoo Mail dan masih banyak lagi. Untuk menggunakannya, Anda tidak perlu membayar. Namun pastikan Anda terkoneksi dengan jaringan internet.

Keuntungan membuat email
Email dapat dimanfaatkan secara pribadi atau di dalam organisasi, antar individua atau dalam sebuah grup. Kebanyakan orang menganggap email sebagai cara yang bermanfaat untuk berkomunikasi. Mengapa demikian? Karena email dapat mempermudah para pengguna untuk mengirim dan menerima dokumen, gambar, tautan, dan file lainnya. Selain itu, membuat email dapat memberikan para penggunanya fleksibilitas untuk berkomunikasi dengan orang lain kapanpun yang mereka inginkan. Selain itu, keuntungan Anda membuat email adalah:

* Hemat biaya. Ada berbagai layanan email gratis yang tersedia untuk individu dan organisasi.
* Cepat dan simple. Email cepat dan mudah dibuat. Membuat akun email baru tidak butuh waktu yang lama
* Buat email berarti Anda dapat leluasa mengirim satu pesan ke banyak orang
* Email memberikan fleksibilitas untuk para pengguna untuk memfilter dan mengkategorikan pesan mereka. Hal ini dapat mencegah visibilitas email yang tidak diinginkan seperti spam dan email sampah

Situs buat email yang populer saat ini
Berikut adalah beberapa contoh situs email yang gratis dan populer saat ini:

Salah satu keuntungan menggunakan Gmail adalah kemudahaanya saat diakses. Mulai dari langkah-langkah membuat emailnya bahkan hingga menghapus email sangat mudah. Lalu Anda bisa melihat pesan Anda sebelumnya (jika Anda melakukan balas membalas) saat Anda membuka sebuah pesan. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot mencari lagi. Keuntungan lainnya adalah pemerikasaan adanya kemungkinan virus. Pemeriksaan virus dan malware pada Gmail sangat baik sehingga komputer penerima juga terlindungi.

Kerugian menggunakan Gmail adalah Akun Gmail Anda terbatas, dan Google membatasi jumlah data yang dapat disimpannya hingga 10 GB. Google memberikan batasan penyimpanan pesan di semua folder, termasuk Sampah dan Spam.

Berbeda dengan Google, Outlook memberikan Anda pilihan untuk memilih cara mengatur email Anda; Anda dapat membuat folder yang berbeda, menaruhnya dalam urutan abjad atau urutan prioritas, dan lain sebagainya. Outlook membantu file Anda untuk lebih terorganisir.

Selain itu saat Anda melakukan pencarian email, Anda diberikan pilihan untuk mengurutkan pencarian Anda berdasarkan kata kunci, ukuran, tanggal, dan lain-lain.

Hal ini menyebabkan banyak orang lebih memilih Outlook daripada email Google, karena banyaknya pilihan tambahan, dan yang lebih penting, fleksibilitas.

Kekurangannya adalah Outlook tidak menawarkan penggunanya cara untuk menerapkan kategori ke pesan di akun IMAP.

Yahoo! merupakan salah satu provider email yang kompleks, dalam arti tidak hanya memberikan Anda fitur kirim mengirim via email, tetapi juga menyajikan sejumlah berita-berita informatif. Selain itu Anda bisa mencari apapun di Yahoo! layaknya Google, dan memungkinkan penggunanya menemukan informasi, dan berdiskusi mengenai ide-ide atau isu-isu terkini. Yahoo mail memiliki penyimpanan terbanyak. Hal ini menjadikannya salah satu provide terbaik jika Anda membutuhkan banyak space dalam email Anda. Selain itu Anda bisa chat dengan atau tanpa menggunakan Yahoo Messenger.

Sama halnya dengan Gmail, Yahoo menggunakan Norton Virus Scan untuk memastikan tidak ada virus dalam email Anda sebelum Anda membaca email yang masuk.

Namun kekurangannya adalah banyaknya iklan. Terkadang orang menganggap iklan sedikit mengganggu. Apalagi jika hendak mencari sesuatu, terkendala oleh iklan akan membuat orang menjadi terganggu.

Cara membuat akun Email baru
Pada umumnya cara membuat email setiap provider hampir sama. Anda diminta mengisi nama Anda, password, nama pengguna yang kelak menjadi alamat email Anda, dan informasi-informasi tambahan seperti jenis kelamin, nomor telpon, dan kode akses. Kemudian diakhiri dengan menyetujui syarat dan ketentuan yang diberikan masing-masing provider. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat akun email dari 3 provider yang sering digunakan.

* Buat email dengan membuka tautan Gmail di gmail.com
* Pada bagian bawah kata sign in, klik “Create account” atau “Buat akun”
* Lalu isi data diri Anda di kolom yang tersedia, setelah terisi klik “Next” atau “Berikutnya”
* Selanjutnya isi tanggal lahir dan jenis kelamin Anda, kemudian klik Next atau “Berikutnya”
* Baca Google’s Privacy and Terms, lalu klik tombol “I Agree” atau “Saya Setuju”
* Klik “Next” atau “Berikutnya” hingga Anda berada pada menu fitur-fitur seperti Kotak Masuk, Kotak Keluar dan lain-lainnya

* Buka situs outlook.com untuk membuat akun email
* Klik kata “Create free account”
* Pada tampilan selanjutnya, Anda diminta untuk memilih sebuah nama pengguna dan sebuah domain. Lalu klik “Next”
* Pilih password, lalu klik tombol “Next”
* Tulis nama Anda, kemudian klik tombol “Next”
* Pilih kode negara, tulis nomor telpon Anda, lalu klik tombol “Send code”
* Masukan kode akses yang dikirim, lalu klik tombol “Next”

Untuk mengakses Yahoo! Mail, Anda harus membuat akun email Yahoo! Terlebih dahulu. Berikut caranya:

* Buka halaman Yahoo dengan klik link ini
* Isi kolom-kolom yang diminta kemudian klik “Continue”
* Lalu klik “Text me an Account Key”
* Masukkan 5 digit kunci yang dikirim, lalu klik tombol “Verify”
* Klik “berikutnya, lalu klik ikon surat yang muncul di layar Anda

Sekian penjelasa singkat mengenai cara membuat email baru. Gampang, bukan? Aplikasikan cara membuat email baru diatas sekarang juga.