Blog

Berdasarkan Karakteristik Karakteristik Masingmasing Di Antaranya Sebagai Berikut Kecuali

KOMPAS.com – Indonesia sangat dikenal dengan keragaman suku, budaya dan agamanya. Keberragaman ini membuat setiap individu memiliki keunikannya masing-masing, karena karakteristik yang unik.

Asal muasal kata keragaman adalah dari kata ragam, yang artinya bermacam-macam. Sedangkan karakteristik khas yang melekat pada individu ataupun hal lainnya.

Dalam masyarakat Indonesia, dengan mudah bisa ditemukan adanya Keragaman karakteristik. Contohnya Keragaman agama, pekerjaan, ekonomi, pendidikan, dan lain sebagainya.

Keragaman karakteristik ini tidak hanya terjadi dalam masyarakat Indonesia saja. Namun, juga terjadi dalam lingkungan sekolah.

Jenis Keragaman di sekolah
Mengutip dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), ada dua jenis Keragaman karakteristik yang bisa ditemui di lingkungan sekolah, yakni:

Keragaman suku bangsa terjadi di lingkungan sekolah. Menurut para ahli, diperkirakan ada lebih dari 300 suku bangsa di Indonesia. Contohnya suku Betawi, suku Asmat, suku Marotai, suku Ambon, suku Bali, dan lain sebagainya.

Baca juga: Keragaman Budaya: Sifat dan Manfaatnya

Adanya Keragaman suku bangsa ini berpengaruh pada keragaman budaya, bahasa daerah, pakaian adat, dan lain sebagainya. Berbagai Keragaman ini menyebabkan setiap individu memiliki keunikan dan karakteristiknya masing-masing.

Ada enam agama di Indonesia yang diakui, yakni Islam, Buddha, Kong Hu Cu, Katolik, Hindu, serta Kristen Protestan. Keberagamaan agama ini tidak hanya terjadi di lingkungan masyarakat, namun juga di lingkungan sekolah.

Dari tiga agama tersebut, semuanya memiliki hari raya, kitab suci, serta tata cara peribadatannya masing-masing. Adanya Keragaman agama ini akan menimbulkan sikap toleransi dan saling menghormati.

Manfaat Karakteristik di sekolah
Keragaman yang ada di sekolah membuat setiap individu memiliki karakteristik dan keunikannya masing-masing. Hal ini sering disebut sebagai Keragaman.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari Keragaman karakteristik di sekolah, yakni:

Keragaman suku bangsa, agama dan budaya dapat menumbuhkan sikap bertoleransi antar-teman. Harapannya sikap toleransi ini bisa terus dijalankan dan akhirnya tumbuh sikap saling menghormati dan menghargai antar-teman.

Contohnya dengan tidak mengganggu teman yang sedang beribadah, tidak menjelek-jelekkan budaya atau bahasa daerah milik teman, dan lain sebagainya.

Baca juga: Keragaman Etnik dan Budaya Indonesia

* Belajar menghargai perbedaan

Keragaman karakteristik di sekolah juga menghargai perbedaan. Dalam hal ini, perbedaan bukan hanya dari sisi budaya, agama dan suku saja. Namun, perbedaan sikap dan watak teman.

Contohnya mengajak teman yang memiliki sikap pemalu untuk bermain bersama, meminta maaf jika melakukan salah, mengucapkan terima kasih setelah memberikan pertolongan, dan lain sebagainya.

Manfaat lain dari keragaman karakteristik di sekolah yang bisa dipelajari dari budaya lain. Antar teman bisa saling mempelajari budaya, bahasa, pakaian adat, rumah, adat dan lain sebagainya.

Contohnya belajar bahasa daerah, mencari tahu pakaian adat dan rumah adatnya, menanyakan tentang tradisi, dan lain sebagainya.

Bersosialisasi memang akan terus dijalani sewaktu di sekolah. Namun, ketika setiap individu dengan berbagai karakteristiknya saling berinteraksi, hal ini dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi.

Contohnya, teman-teman yang awalnya memiliki sikap pemalu untuk lebih percaya diri ketika sering bersosialisasi, lebih percaya diri dengan bakat dan keunikan yang dimiliki, dan lain sebagainya.

Baca juga: Wujud Keragaman Masyarakat Budaya Indonesia

Dapatkan pembaruan berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link /kompascomupdate, kemudian join. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Gambar Ilustrasi 5 contoh keragaman sifat individu. /Madhana Gopal/Pixabay/

PORTAL PURWOKERTO – Tulislah 5 contoh keragaman sifat individu? Berikut adalah kunci jawaban 5 contoh keragaman sifat individu, dikutip dari buku tematik kelas 3 SD.

Kunci jawaban ini sebagai panduan untuk orangtua. Siswa dapat bereksplorasi lebih lanjut dan mencari jawaban lainnya, sehingga jawaban ini tidak selamanya mutlak.

Sebagai manusia atau seorang individu memiliki sifat ataupun karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini dapat dilihat secara kasat mata atau secara fisik, maupun secara sifat.

Adik-adik bisa melihat orang-orang yang ada di sekitar, tentu akan sangat berbeda dengan adik-adik bukan?

Baca Juga: Dampak Positif dan Negatif Perundingan Linggarjati Terhadap Wilayah Indonesia, Simak Penjelasan Berikut

Bisa dari warna kulit, bentuk rambut, bahkan perbedaan hobi. Hal inilah yang selalu disebut dengan keberagaman karakteristik individu.

Setiap manusia memiliki ciri khas masing-masing. Perbedaan ciri tersebut merupakan keragaman anggota keluarga di rumah, di sekolah, masyarakat, bangsa maupun dunia.

Perbedaan menjadi suatu langkah untuk saling menerima dan menghargai satu sama lain. Kita akan bisa hidup dengan rukun dan juga saling membantu dengan saling menerima perbedaan.

Seperti diketahui, keragaman sifat yang dimiliki oleh setiap orang bisa berbentuk apa saja.

Ilustrasi belajar. Kunci Jawaban Penilaian Harian Kelas 4 SD, Tema 8 Muatan PPKN /StockSnap/Pixabay

PORTAL PURWOKERTO – Simak Kunci jawaban penilaian harian kelas 4 SD, tema 8 muatan PPKN.

Pembahasan berikut merupakan pedoman atau panduan jawaban bagi orang tua siswa dan siswi, yang juga diharapkan untuk mengeksplorasi lebih lanjut terkait materi pembelajaran.

Seperti apa pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 SD? Simak ulasannya oleh alumni UIN Yogyakarta, Muhammad Iqbal, S.Pd.

Kali ini, kita akan mengulas kunci jawaban harian kelas 4 SD, tema 8 muatan PPKN.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD: Bagaimana Sifat Orang Tua Devina dalam Cerita Tersebut?

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki Keragaman budaya, ras, suku bangsa, kepercayaan, agama, dan Bahasa.

Oleh karena itu berdasarkan semboyan Bhineka Tunggal Ika, walaupun memiliki Keragaman budaya, Indonesia tetap harus bersatu.

Setiap manusia memiliki ciri khas tersendiri yang tidak akan sama walaupun kembar sekalipun, itulah yang disebut Keragaman karakteristik individu.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kegemaran memiliki arti kesukaan, kesenangan atau bahkan barang apa yang digemari.

Baca Juga: Bagaimana Sifat Tokoh Devina dalam Cerita Taman Rumah Pohon, Cek Kunci Jawaban Kelas 4 SD Tema 8

Keberragaman adalah kondisi dalam masyarakat yang terdapat dalam berbagai macam suku bangsa, ideologi, budaya, dan agama.

GridKids.id – Apa saja manfaat keragaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari?

Pada artikel ini kita akan mempelajari mengenai keragaman karakteristik individu.

Nah, materi ini berdasarkan buku tematik kelas 4 SD tema 6.

Keberragaman merupakan acara yang berkaitan dengan ragam.

Keberragaman juga diartikan sebagai kondisi dalam masyarakat yang terdapat dalam berbagai macam suku bangsa, ideologi, budaya, dan agama.

Keberragaman individu dapat berupa keragaman yang dimiliki seseorang, ciri khas, dan kebudayaan atau adat yang diturunkan dari orang tersebut.

karakteristik kebiasaan dan sifat seseorang dan nilai-nilai hidup yang dianutnya sehingga perilaku sehari-hari.

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang majemuk atau jamak.

Hal ini diartikan bahwa masyarakat Indonesia terdiri atas beragam karakteristik yang berbeda.

Baca Juga: Mengenal Tempo dalam Musik dan Fungsinya, Materi Kelas 4 SD Tema 6

Sehingga karakteristik individu dalam masyarakat Indonesia beragam jenisnya, antara lain meliputi kegemaran, pekerjaan, suku, tingkat pendidikan, agama atau kepercayaan.

Untuk lebih lengkapnya simak informasi mengenai manfaat keragaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari, materi kelas 4 SD tema 6.

Salah satu keunikan dari negara kita Indonesia adalah keanekaragaman suku yang saling hidup dengan rukun. Orang padang yang ada di Sumatera Barat akan terlihat berbeda dengan saudara kita yang tinggal di tanah papua. Keduanya memiliki karakteristik tersendiri, inilah yang disebut dengan karakteristik individu. Namun, perbedaan ini bukan hanya terletak pada fisik kita saja, namun juga terdapat keragaman karakteristik individu lainnya. Walaupun kita berbeda, tapi kita tetap bersaudara. Sama-sama orang Indonesia.

Kali ini kita akan mencoba mempelajari keragaman karakteristik individu. Dengan belajar ini, pengetahuanmu akan bertambah, dan tentu saja bisa membantu kamu ketika belajar dan saat menjawab soal pertanyaan. Dibaca sampai habis ya, biar ilmunya bisa kamu pahami dengan baik!

Pengertian Keberragaman Karakteristik Individu
Kita sebagai manusia atau seorang individu memiliki sifat ataupun karakteristik yang berbeda-beda. Ini bisa dilihat secara kasat mata atau secara fisik, maupun secara sifat. Coba saja melihat orang-orang yang ada di sekitar kamu, tentu akan sangat berbeda dengan kamu bukan? Mungkin bisa dari warna kulit, bentuk rambut, bahkan perbedaan hobi. Inilah yang disebut dengan keragaman karakteristik individu.

Baca Juga : 3 Cara Penyelesaian Konflik dalam Keberragaman

Perbedaan ini dapat dijadikan suatu langkah untuk saling menerima dan menghargai satu sama lain. Dengan saling menerima perbedaan, maka kita akan bisa hidup dengan rukun dan juga saling membantu.

Keberragaman Individu Di Lingkungan Sekitar Kamu
Seperti yang kita ketahui, keragaman karakteristik individu dapat berbentuk apa saja, di bawah ini ada beberapa bentuk karakteristik yang bisa kamu temui di lingkungan kamu. Beserta dengan manfaatnya:

1. Jenis kelamin.
Yang pertama ada perbedaan jenis kelamin. Dengan karakteristik individu ini kita bisa membedakan peranannya dalam kehidupan. Misalnya sebagai laki-laki, ketika ada kegiatan gotong royong, akan menjalankan berbagai kegiatan yang lebih membutuhkan fisik. Sedangkan perempuan akan membantu pekerjaan yang lebih ringan.

2. Ras/Suku.
perbedaan suku/ras dapat suatu budaya negara atau lingkungan, dan dengan studi budaya yang berbeda ini wawasan kita tentang Nusantara bertambah selain itu kita dapat belajar memahami dan mengetahui karakteristik ras dan suku.

3. Pengetahuan dan kecerdasan.
Tentu saja setiap orang memiliki kecerdasan yang harus diasah, keragaman ini akan membawa banyak hal positif. Yang lebih pintar akan bisa membantu teman-teman yang masih belum paham, sehingga nantinya akan terbentuk lingkungan yang baik.

4. Keyakinan atau agama.
Setiap orang memiliki kepercayaan dan agamanya masing-masing. Melalui keragaman karakteristik individu ini kita bisa belajar untuk saling menghormati satu sama lain. Sekaligus hidup rukun bertetangga tanpa membeda-bedakan keyakinan atau agama yang dianut oleh tetangga kita.

5. Hobi
Keberagamaan yang satu ini akan bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan juga rasa ingin belajar bersama untuk bisa melaksanakan hobi masing-masing.

6. Umur
Keberragaman usia bisa menumbuhkan rasa saling menghormati dan menghormati. Yang lebih tua akan mencintai serta bisa membimbing yang lebih muda, dan yang muda akan berusaha menghormati yang lebih tua.

7. Kepribadian
Hal ini bisa menciptakan hidup satu sama lain / kita bisa mengetahui sifat sifat atau karakter dari orang. Kita juga bisa mengatur sikap appabila bertemu dengan orang-orang tertentu.

Nah itu dia bentuk keragaman karakteristik individu yang ada di sekitar kita. Dengan mempelajari ini, pengetahuanmu akan semakin bertambah. Jika kamu ingin belajar lebih banyak mengenai hal ini atau berbagai macam materi lainnya, kamu bisa nih cobain bimbel online Kelas Pintar. Proses belajar kamu akan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Jika masih ada yang membuat kamu merasa bingung, jangan malu bertanya di kolom komentar ya, dan jangan lupa juga untuk di share ya!

————————
#Berdasarkan #karakteristik #karakteristik #masingmasing #antaranya #sebagai #berikut #kecuali