Blog

Berbagai Cara Mengecilkan Paha Dan Pinggul Bersepeda Salah Satunya

Ilustrasi bersepeda. AP/Darko Vojinovic
TEMPO.CO, Jakarta – Beberapa orang rela melakukan berbagai cara untuk mengecilkan paha dan pinggul mereka. Hal ini karena ukuran paha dan pinggul yang kecil dianggap sebagai bentuk tubuh yang proporsional.

Melansir Insider, pada dasarnya kita tidak bisa mengurangi lemak pada satu area tubuh saja. Jika ingin memperkecil paha dan pinggul, maka kita juga harus menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Selain itu, penting untuk mengetahui bahwa setiap orang memiliki distribusi lemak yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh genetika. Dengan demikian, beberapa orang mungkin tidak bisa mengecilkan paha dan pinggul mereka meskipun sudah menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Jessica Mazzucco, pelatih kebugaran bersertifikat sekaligus pendiri The Glute Recruit, menyarankan beberapa cara untuk mengurangi lemak pada paha dan pinggul.

Cara pertama yakni dengan melakukan diet sehat. Umumnya, mengurangi konsumsi karbohidrat olahan dan gula tambahan yang biasa ditemukan pada makanan yang dipanggang, makanan beku atau keripik kentang dapat membantu penurunan berat badan.

Sementara makanan-makanan yang baik untuk dikonsumsi antara lain sayuran dan buah-buahan yang rendah kalori dan tinggi serat, sumber protein tanpa lemak seperti kacang-kacangan, biji-bijian utuh dan produk susu rendah lemak.

Cara kedua yakni dengan melakukan olahraga kardio. Menurut Mazucco, olahraga ini dapat membantu membakar banyak kalori.

Studi menunjukkan bahwa kegiatan bersepeda, lari cepat atau latihan interval intensitas tinggi (HIIT) cukup efektif dalam mengurangi lemak tubuh. Jenis latihan tersebut bahkan dapat meningkatkan metabolisme.

Andy Stern, pelatih pribadi bersertifikat dan pendiri gym tinju Rumble, menyarankan cara lain untuk mengecilkan paha dan pinggul dengan membangun otot melalui latihan kekuatan. Cara ini dapat memperkuat kaki dan membuatnya terlihat lebih ramping. Beberapa latihan kekuatan yang direkomendasikan Stern yakni sumo squat, cursty lunges dan goblet squat.

SITI NUR RAHMAWATI

Baca: Naik Turun Tangga ternyata Salah Satu Cara Mengecilkan Pinggul