Blog

Bahan Makanan Yang Tak Boleh Dimasukkan Ke Freezer

Adanya kulkas tentu memudahkan kita untuk menyimpan makanan agar tetap fresh dan awet dalam waktu lama. Apalagi jika masih ada makanan tersisa, tetapi sayang untuk dibuang. Solusinya adalah menyimpannya di kulkas untuk di makan keesokan harinya. Betul tidak, Bela?

Kulkas juga berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan menekan risiko keracunan makanan pada makanan. Sayangnya, tak semua makanan bisa dimasukkan ke dalam kulkas.

Chef di Institute of Culinary Education, Palak Patel, berpendapat bahwa terdapat beberapa jenis makanan yang akan berubah rasa jika dimasukkan dalam kulkas. Umumnya, makanan yang mengandung susu atau tinggi kandungan air akan kehilangan cita rasa dan kualitasnya jika dibekukan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut jenis makanan yang tidak boleh atau sebaiknya tidak disimpan di kulkas.

1. Kentang
solidstarts.com Siapa di sini yang sering menyimpan kentang di kulkas? Mulai sekarang, jangan dilakukan lagi ya, Bela.

Pasalnya zat pati pada kentang dapat berubah jadi gula lebih cepat jika ditempatkan di freezer. Zat gula inilah berubah menjadi akrilamida ketika dimasak yang menjadi pemicu kanker. Kamu bisa menempatkan kentang di tempat bersuhu ruantan dan tak terkena sinar matahari langsung agar tidak berubah hijau.

Kentang yang beku menghasilkan tekstur lembek dan lunak ketika dikeluarkan. Sehingga, kentang tak bisa diolah menjadi berbagai hidangan.

2. Produk olahan susu
Pixabay.com Menyimpan bahan yang menganduk susu, krim, atau produk turunan susu susu di kulkas. bisa merusak kandungan gizi dan kualitasnya

Hal ini terjadi karena lemak dalam produk olahan atau yang mengandung susu akan terpisah menggumpla jika didinginkan. Tetapi jangan khawatir, Bela. Beberapa makanan mengandung produk olahan susu masih bisa disimpan di kulkas. Misalnya sup krim kental yang cenderung memuat krim lebih sedikit, sehingga kualitasnya tetap terjaga.

3. Mayones
Today.com Mayones dan makanan dengan topping mayones juga disarankan tidak disimpan dalam freezer. Suhu dingin dalam kulkas dapat mempengaruhi konsistensi mayones, sehingga menyimpannya dalam kulkas membuat teksturnya terlalu lunak atau kenyal seperti spons.

4. Mentimun
Dok. Mrs Wages Memasukkan bahan makanan dengan kandungan air tinggi seperti timun ke dalam freezer dapat membekukannya. Ini terjadi karena membekunya kandungan air dalam timun yang membentuk kristal. Sehingga jika dikeluarkan dari freezer, maka tekstur timun akan lembek dan tak layak makan.

5. Tomat segar
Unsplash.com/Vince Lee Berbeda dengan saus tomat yang sudah dimasak, tomat segar tidak dapat disimpan di dalam freezer. Kandungan air dalam tomat segar yang membeku dapat mengubah tekstur daging dan kulit tomat menjadi lebih lunak dan menurunkan kesegarannya.

6. Pasta dan nasi
PureGym Sama seperti kentang, pati nasi dan pasta yang membeku dapat menghilangkan rasanya, sehingga terasa hambar ketika mengonsumsinya.

7. Ikan tanpa lemak
Ikan tanpa lemak seperti tuna dan salmon memang menjadi andalan ketika ingin menjalankan hidup sehat. Sayangnya, ikan jenis ini tak bisa disimpan dalam freezer. Ketiadaan lemak sebagai isolator dapat merusak kulit ikan dan membuat tekstur ikan menjadi lembek akibat basah.

Nah, itulah tadi ke-7 makanan yang tak bisa disimpan di freezer. Selain merusak teksur dan rasa, menyimpannya di freezer dapat mempengaruhi kesehatan. Lebih baik bahan makanan di atas disimpan di kulkas atau tempat yang terhindar dari paparan cahaya matahari langsung.