Blog

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Untuk Pemula

Beberapa tahun terakhir tren menjadi entrepreneur atau pengusaha semakin meningkat. Hal ini dipengaruhi oleh digitalisasi yang memudahkan seseorang untuk menjual produk melalui internet. Namun bagi sebagian orang, anggapan berbisnis tidak semudah membalikan telapak tangan masih ada. Pemikiran tersebut tidak salah, karena bisnis akan lebih baik jika memiliki konsep dan rencana yang tepat.

Banyak yang masih tidak tahu bagaimana cara memulai bisnis untuk pemula dan bingung memilih jenis bisnis apa yang mudah serta cocok untuk pemula. Sehingga keinginan hanya menjadi angan-angan saja.

Setelah membaca artikel ini, semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk memulai usaha, mengetahui jenis usaha yang mudah untuk pemula dan bisa menghindari kesalahan yang umum dilakukan oleh pengusaha pemula.

Jenis Bisnis untuk Pemula yang Mudah Dijalankan
Pertama, mari kita mulai dengan jenis bisnis untuk pemula yang mudah dijalankan. Seperti apakah bisnis yang mudah dijalankan?
Bisnis yang mudah adalah bisnis yang biasanya minim resiko, modal yang kecil atau tidak harus memiliki kemampuan khusus dan pengalaman tertentu.
Contoh bisnis yang sulit dijalankan oleh pemula
1. Toko buah, berjualan buah beresiko busuk dan bisa membuat Anda rugi. Untuk menghindari hal tersebut pastinya Anda harus belajar terlebih dulu tentang buah apa yang tidak cepat busuk, atau bagaimana cara menyimpan buah tersebut, apakah di tempat yg dingin, sejuk, jangan ditumpuk, dibungkus, dll
2. Contoh lain misalnya bengkel motor atau mobil, sebagai pemula Anda tidak bisa begitu saja terjun untuk membuka usaha bengkel jika tidak punya keahlian dan pengalaman di dalam memperbaiki kendaraan.
3. Lalu contoh lainnya adalah toko emas, untuk membuka bisnis ini dibutuhkan modal yang cukup besar untuk membeli emas sebagai barang yang akan dijual tentunya. Dengan bentuk emas yang relatif kecil, Anda perlu memiliki stok yang cukup banyak untuk melengkapi etalase toko, karena jika sedikit toko Anda akan terlihat kurang menarik dan tidak memiliki banyak pilihan untuk pembeli.

Lalu apa saja bisnis apa yang mudah dijalankan oleh pemula?
Bisnis Online Dropship
Bisnis yang pertama yaitu bisnis online dropship, bisnis ini bisa jadi pilihan yang cocok untuk pemula. Apa sebetulnya dropship ini ?
Dropship adalah menjualkan produk orang lain dengan selisih harga yang menjadi keuntungan kita, jadi dalam sistem ini kita sebagai dropshipper tidak perlu memiliki produk jualan, umumnya hanya bermodalkan foto produknya saja.
Cara untuk menjadi dropshipper ini cukup dengan mencari produk yang ingin dijual, lalu berlanjut menawarkannya kepada teman baik di wilayah sekitar maupun kepada para kontak yang di miliki di media sosial seperti Whatsapp, Facebook, Instagram dan sebagainya.

Bisnis Pulsa
Cukup memanfaatkan halaman rumah atau bahkan cukup print kertas bertuliskan jual pulsa di pintu rumah, usaha ini sudah bisa berjalan menguntungkan.
Anda tidak perlu khawatir tentang target konsumen, karena para tetangga sebelah pun pastinya membutuhkannya.
Anda juga bisa menawarkan nya ke teman sekolah, kuliah, teman kerja atau keluarga Anda.
Memang profitnya mungkin saja tidak begitu menarik perhatian anda, tapi sebagai pemula hendaknya jangan begitu terpaku memperhatikan profit atau keuntungan sebagai patokan.
Jadikan pengalaman sebagai target utama, sambil berjalan sedikit demi sedikit pun nantinya keuntungan akan bertambah asalkan kita terus berupaya.
Jangan pikir berjualan pulsa tidak bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Jika Anda mendalami mengenai bisnis ini, suatu saat Anda dapat mengembangkan bisnis pulsa eceran menjadi bisnis server pulsa.
Bisnis server pulsa mampu menjual hingga ribuan transaksi setiap hari nya.

Usaha Loket Pembayaran PPOB
Usaha loket pembayaran akhir-akhir ini banyak dipilih karena semakin banyak tagihan-tagihan rutin yang bisa dilakukan jika kita membuka loket pembayaran.
Seperti pembayaran air, tagihan kartu kredit, pembelian token listrik, aneka cicilan, pulsa dan lain sebagainya.
Dengan loket all in one seperti ini, masyarakat akan merasa terbantu karena mereka tidak perlu mendatangi counter pembayaran satu persatu.
Seperti pergi untuk membayar tagihan listrik ke kantor pln, bayar air ke PDAM, dll
Bisnis ini akan lebih bagus apabila lokasi Anda bukan di perkotaan, karena biasanya masyarakat nya tidak banyak yang mengenal pembayaran online.

Bisnis Makanan Ringan
Selanjutnya adalah berbisnis makanan ringan, bagi Anda yang mampu memproduksi makanan ringan / cemilan akan sangat diuntungkan.
Namun bagi anda yang tidak produksi sendiri, Anda bisa mengambil dari produsen.
Bisnis ini sangat direkomendasikan untuk pemula karena makanan ringan banyak diminati oleh masyarakat kita yang hobi ngemil.
Anda bisa mulai berjualan sebagai sambilan atau langsung melakukan produksi dalam skala kecil sampai menengah.
Buat tampilan makanan yang menggoda, packaging yang menarik, serta tentukan harga yang kompetitif, dan tentunya rasa yang lezat.
Sebagai referensi, Anda bisa mencoba beberapa bisnis makanan ringan berikut;
• Jualan kerupuk udang
• Kripik singkong
• Lidi pedas
• Sale (bahan dasar pisang)
• dan lainnya
Silahkan Anda mencari ide yang kreatif dan inovatif dalam menghasilkan produk makanan ringan.

Agen Pengiriman
Dengan semakin banyaknya transaksi online, jasa pengiriman pun semakin menjamur, brand baru mulai bermunculan seperti J&T, Sicepat, Anteraja, dll
Banyak dari perusahaan tersebut yang membuka kesempatan kepada kita agar bisa menjadi agen perwakilan.
Untuk memulai usaha ini cukup mudah bahkan menjalankannya dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk pemula.
Cukup dengan memberikan penawaran kepada perusahaan jasa pengiriman mana yang Anda inginkan, bahwa kita memiliki tempat yang potensial, selanjutnya mereka akan melakukan survey layak tidaknya tempat tersebut dijadikan kantor perwakilannya.
Jika disetujui, kita tinggal mempersiapkan sejumlah modal untuk dan usaha pun bisa berjalan.

Usaha Laundry
Memiliki sedikit modal dan lokasi strategis, bisa lirik usaha laundry. Jasanya banyak dibutuhkan mulai dari rumah rumah tangga, hingga yang paling banyak adalah para penghuni kos-kosan.
Selain target konsumennya yang besar, jasa laundry juga dibutuhkan secara rutin, bahkan hingga setiap hari.
Modalnya tidak terlampau besar, berada di skala menengah. Dan tingkat kesulitan menjalankannya pun terbilang sederhana sehingga bisa dipilih sebagai peluang usaha untuk pemula.
Kuncinya adalah lokasi laundry yang harus strategis dan pelayanan yang maksimal kepada konsumennya, maka usaha ini pun akan bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Toko perlengkapan bayi
Bisnis perlengkapan bayi memiliki prospek yang jelas. Kebutuhan perlengkapan bayi ibarat kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.
Ini adalah peluang usaha bagi Anda yang ingin berbisnis perlengkapan bayi.
Bisnis ini tidak sulit bagi Anda yang baru terjun dalam dunia bisnis. Tidak membutuhkan skill yang khusus, Anda bisa mulai mencari supplier dan mencari lokasi yang strategis.
Jika Anda tidak memiliki tempat sendiri yang bisa dijadikan toko, atau belum memiliki modal untuk sewa tempat, Anda bisa stok barang di rumah dan berjualan secara online.

Tips Sukses Memulai Bisnis untuk Pemula
Meskipun pemula, Anda memiliki kesempatan untuk membangun bisnis yang sukses. Anda tidak perlu malu ketika baru merintis bisnis.
Semua pengusaha yang sudah sukses, dulu pernah seperti Anda yang memulai semuanya dari nol.
Lalu apa rahasianya agar pemula bisa sukses membangun bisnis? Sebelum mengetahui bagaimana cara memulai bisnis, coba simak tips berikut ini.

Perluas Wawasan Bisnis
Anda harus memahami dunia bisnis terutama di bidang yang Anda pilih. Anda perlu mempelajarinya terlebih dahulu dengan membaca buku, mengikuti seminar, dan bergabung di komunitas entrepreneur.
Pelajari bagaimana cara membuat business plan atau rencana bisnis, marketing, branding, manajemen finansial, administrasi perusahaan, dan sebagainya.
Ketika Anda banyak belajar, pandangan Anda semakin terbuka. Pengetahuan akan menjadi investasi utama yang sangat berharga untuk keberlangsungan bisnis Anda.

Hidup Sederhana
Merintis bisnis membutuhkan modal. Seberapa banyak modal tersebut tergantung konsep bisnis yang Anda pilih.
Maka dari itu, mulailah hidup sederhana agar Anda bisa punya uang yang cukup untuk memulai bisnis.
Ketika bisnis sudah berjalan pun, Anda sebaiknya tetap menjaga gaya hidup sederhana.
Jangan merasa bahwa Anda akan menjadi entrepreneur yang sukses bergelimang harta, karena itu akan membuat Anda lupa diri dan hidup bermewah-mewah.
Anda harus sadar bahwa menjalankan bisnis itu butuh modal yang tidak sedikit dan Anda harus selalu mengelola keuangan dengan benar.

Fokus Pada Satu Bisnis
Semangat menjadi seorang pebisnis akan sangat membara di awal-awal Anda memulainya.
Sebaiknya, fokus pada satu bisnis dulu, jangan karena Anda sudah bisa mendapatkan sedikit keuntungan lalu menjadi sangat percaya diri untuk membuat bisnis baru.
Dengan menjalankan satu bisnis saja, Anda akan lebih mudah mengelolanya dan usaha Anda lebih maksimal.

Pilih yang Anda Sukai
Melakukan apa yang Anda sukai akan membuat Anda bersemangat. Dalam berbisnis, Anda akan sepenuh hati bekerja.
Meski tubuh merasa lelah, Anda tetap menjalankannya tanpa rasa tertekan karena Anda memilih bisnis yang Anda sukai.
Jika Anda hobi mendaki gunung atau jalan jalan, Anda bisa menjual perlengkapan mendaki gunung atau open trip perjalanan wisata.
Dengan begitu, Anda bisa berbisnis sekaligus melakukan hobi. Ini akan terasa menyenangkan bagi pemula.

Buat Konsep Bisnis yang Menarik
Konsep bisnis yang menarik akan membuat bisnis Anda berbeda. Bisnis Anda bisa mencuri perhatian konsumen dan bahkan investor.
Konsep bisnis harus dipikirkan dan dibuat dengan matang, sebaiknya Anda tidak terlalu terburu-buru saat membuat sebuah konsep bisnis sehingga hasilnya maksimal.

Perluas Pertemanan
Semakin banyak teman, semakin banyak Anda belajar hal baru. Membangun networking akan membantu keberlangsungan bisnis Anda kedepannya.
Mereka bisa jadi orang pertama yang menjadi konsumen Anda, atau salah satu dari mereka bisa jadi mitra bisnis Anda.
Selain menjaga hubungan dengan orang-orang yang sudah Anda kenal, Anda bisa bergabung dengan komunitas untuk para pengusaha dan aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatannya.
Kelak, mereka yang bisa membuat Anda termotivasi untuk terus memajukan bisnis Anda.

Sumber