Blog

Bagaimana Cara Memakai Sumpit

Merdeka.com – Sumpit khas dengan restoran Jepang atau Cina yang kini kian menjamur di Indonesia. Beberapa dari Anda yang canggung dengan sumpit mungkin akan memilih untuk menggunakan sendok ketika makan. Namun tidak ada salahnya untuk mempelajari cara memakai sumpit dengan baik dan benar. Siapa tahu suatu hari Anda bisa berkunjung ke negara-negara di Asia Timur dan dengan bangga memakai sumpit layaknya orang asli sana!

Berikut ini ada 7 tips mudah untuk memakai sumpit yang dilansir dari All Women Stalk.

Sumpit pertama dan jari telunjuk

Langkah pertama untuk menggunakan sumpit adalah dengan meletakkan jari telunjuk dan ibu jari pada sepertiga dari bagian atas sumpit. Posisi jari tengah melekuk pada sumpit, sementara ujung ibu jari menempel untuk menahan posisi sumpit.

Sumpit kedua dan jari tengah

Jari tengah sejajar dengan jari telunjuk dan berada di sepertiga dari bagian atas sumpit. Jari tengah dan pangkal ibu jari mengapit sumpit kedua.

Sumpit kedua dan jari manis

Sumpit kedua juga ditopang oleh jari manis pada bagian bawah sumpit. Sementara jari kelingking tidak menyentuh sumpit sama sekali.

Menggerakkan sumpit

Jari telunjuk dan jari tengah digunakan untuk menggerakkan posisi sumpit pertama. Sedangkan sumpit kedua harus tetap tidak bergerak. Cobalah untuk berkali-kali menggerakkan sumpit pertama sampai lancar.

Menyesuaikan posisi sumpit

Setelah berhasil menggerakkan posisi sumpit pertama, kini Anda harus bisa membuat kedua sumpit saling bersentuhan satu sama lain. Jika merasa pegangan dan posisi jari-jari tidak pas, temukan cara lain yang lebih nyaman dan memudahkan Anda untuk menggerakkan sumpit.

Mengambil makanan

Ketika telah berhasil dengan memegang dan menggerakkan sumpit, kini saatnya Anda mencoba mengambil makanan. Pilih makanan dengan potongan yang paling besar, kemudian gigit sedikit. Hal ini membantu Anda untuk semakin luwes dalam memegang sumpit. Setelah mahir dengan makanan berpotongan besar, saatnya beralih ke potongan yang lebih kecil.

Berlatih terus

Berlatih terus bukan berarti Anda harus memaksakan diri untuk makan dengan sumpit setiap harinya. Anda bisa menggunakan sumpit untuk mengambil benda-benda kecil di sekeliling Anda, seperti karet penghapus, pulpen, atau yang lain.

Selain 7 tips mudah di atas, Anda mungkin akan menemukan cara lain untuk memakai sumpit sesuai dengan gaya Anda sendiri. Di beberapa negara di Asia Timur tertentu, ada juga aturan unik dan etika untuk menggunakan sumpit. Jangan ragu jika memang ingin mempelajarinya lebih dalam, karena kini Anda telah memahami dasar-dasar memakai sumpit!

[riz]