Blog

Aplikasi Apa Yang Menggunakan Akun Email Dan Media Sosial Milikmu

Pernahkah kamu penasaran layanan atau aplikasi apa saja yang menggunakan akun Facebook, Google, Twitter, atau email milikmu? Pernahkah berpikir untuk menghapus aplikasi yang terhubung dengan akun tersebut?

Saat ini ada begitu banyak layanan atau aplikasi tersedia. Entah itu media sosial, layanan streaming, layanan cloud, game, dll. Tidak jarang kita mendaftar dengan akun email atau media sosial sekedar untuk mencoba layanan atau aplikasi tersebut.

Proses masuk aplikasi membuat terlena
Proses masuk ke berbagai layanan atau aplikasi pun sudah jauh lebih mudah.

Yang pertama tentu karena penggunaan smartphone yang terhubung dengan akun email atau media sosial. Memang tidak semua proses masuk secara otomatis menggunakan akun tersebut. Namun seringkali akun tersebut yang kita gunakan saat masuk ke sebuah aplikasi.

Kemudian proses masuk itu sendiri juga sudah jadi lebih mudah dengan tombol masuk. Beberapa layanan besar (Google, Facebook, Twitter, Microsoft, dll) memberikan fitur tombol masuk ini.

Contoh tombol login dengan akun Facebook, Google, dan TwitterApalagi dengan hadirnya pilihan ‘Ingat saya’. Dengan begitu, setiap kali kita membuka layanan atau aplikasi tersebut, kita tidak perlu lagi mengetik username atau email dan password.

Biasanya layanan atau aplikasi yang bersangkutan akan meminta ijin untuk menggunakan akses pada informasi terkait — seperti: kontak, lokasi, profil, dll — di smartphone atau di browser.

Seringkali akses itu memang diperlukan untuk menjalankan fitur aplikasi bersangkutan. Sebagian lain untuk memperbaiki performa aplikasi, dan sebagian lainnya untuk kepentingan iklan (untuk aplikasi dan layanan gratis cukup fair).

Pertanyaannya, berapa banyak aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan?

Kemudahan proses login bisa membuat kita terlena dan lupa aplikasi apa saja yang terhubung. Tanpa sadar, ada banyak aplikasi nganggur tetap terhubung. Kadang, bahkan aplikasi atau layanan itu sendiri sudah tidak aktif.

Kalau kamu kuatir dengan hal ini dan ingin menjaga privasi, sudah saatnya kamu mengambil tindakan. Kontrol aplikasi dan layanan yang menggunakan akun pribadimu.

Menghapus aplikasi yang terhubung dengan akun email dan media sosial
Untungnya, layanan besar yang menyediakan akun untuk login itu cukup konsekuen. Mereka juga memberikan fitur untuk memutus hubungan atau menghapus aplikasi yang sudah basi.

Letak pengaturan aplikasi terhubung akun GoogleSekarang mari kita lihat di mana letak fitur itu dan bagaimana menghapus aplikasi lama yang sudah tidak kita pakai.

Cara hapus aplikasi dari akun Facebook
1. Masuk ke facebook.com.
2. Klik tombol panah ▾
3. Pilih Pengaturan
4. Di sidebar, pilih Aplikasi
5. Lihat aplikasi yang ada di daftar Masuk dengan Facebook.
— Pilih Tampilkan Semua untuk melihat semua aplikasi . Arahkan kursor ke aplikasi bersangkutan (akan mengaktifkan pilihan).
7. Klik tanda silang X
8. Baca pemberitahuan yang muncul, centang pilihan kalau kamu inginkan.
9. Klik Hapus.

Cara hapus aplikasi dari akun Google
1. Buka google.com (atau website Google lain), masuk dengan akunmu.
2. Klik gambar profil di pojok kanan atas.
3. Pilih Akun Saya.
4. Di bagian ‘Sign-in & Security‘ pilih Connected apps & sites.
5. Klik Manage Apps.
6. Pilih dan klik aplikasi yang bersangkutan.
7. Klik tombol Remove.
8. Klik OK.

Cara hapus aplikasi dari akun Twitter
1. Masuk ke twitter.com.
2. Klik avatar di menubar.
3. Klik Pengaturan dan Privasi.
4. Pilih Aplikasi dari sidebar.
5. Klik Cabut akses di aplikasi yang bersangkutan.

Cara hapus aplikasi dari akun Microsoft
1. Masuk ke situs microsoft.com (atau situs Microsoft lain).
2. Klik gambar profil di pojok kanan atas.
3. Pilih Lihat akun Microsoft.
4. Klik Privasi di menu.
5. Geser ke bawah, dan pilih Aplikasi dan layanan.
6. Klik aplikasi bersangkutan.
7. Klik Hapus izin ini.

Kalau kamu masuk ke aplikasi tanpa tombol loginalias menggunakan kolom isian alamat email dan password, caranya mungkin sedikit berbeda. Kamu harus masuk ke aplikasi bersangkutan dan menghapus akun atau mengganti alamat email.

Hubungan layanan atau aplikasi dengan akun email atau media sosial milikmu tentu saja berdasar kepercayaanmu terhadap mereka. Kalau kamu menganggap hubungan itu diperlukan atau tidak mengganggu privasi, ya tidak masalah.

Tapi kalau kamu tidak nyaman dengan akses aplikasi ke akun email atau media sosial milikmu, silakan hapus aplikasi itu.

ARTIKEL TERKAIT