Blog

Apa Itu Ilmu Komunikasi Berikut Definisi Dari Para Ahli

Apa itu ilmu komunikasi? Pertanyaan tersebut mungkin sempat terlintas di benak kamu sebelum masuk di jurusan ilmu komunikasi. Semakin berkembangnya zaman ilmu komunikasi saat ini banyak digunakan oleh semua orang dengan sangat jelas dan pada berbagai macam media.

Dalam dunia perkuliahan, jurusan ilmu komunikasi akan mempelajari berbagai macam proses untuk bisa menyampaikan pesan dari komunikator kepada komunikan. Pada jurusan ini kamu juga akan mempelajari berbagai macam tingkatan komunikasi, mulai dari individu, media, periklanan, kelompok, dan masih banyak lagi lainnya loh.

Menurut Para Ahli, Apa itu Ilmu Komunikasi?
Komunikasi adalah bagian paling penting dalam kehidupan manusia. Sebagai makhluk sosial komunikasi akan terus digunakan. Tidak heran, sampai saat ini Ilmu Komunikasi masih banyak peminatnya dan semakin bertambah berbagai macam ilmunya.

Nah, kamu juga harus paham tentang arti dari ilmu komunikasi ya. Berikut ini definisi ilmu komunikasi dari para ahli.

1. Menurut Hovland (1953)
Komunikasi menurut Hovland, komunikasi proses seseorang mampu bertindak sebagai komunikator untuk mengirimkan stimuli maupun respon dengan verbal, sehingga dapat mempengaruhi kepribadian atau sikap seseorang yang bertindak sebagai komunikan.

2. Menurut Dance (1970)
Menurut Dance, Komunikasi adalah sebuah usaha yang mampu menimbulkan respon melalui lambang-lambang verbal.

3. Menurut Raymond S. (1974)
Apa itu Ilmu Komunikasi? Menurut Ramond. S Komunikasi menjadi bagian proses transaksional untuk mencakup berbagai macam kegiatan, seperti menyeleksi, memilih, maupun membagikan makna. Makna tersebut dapat berasal dari berbagai macam pengalaman maupun beberapa sumber lain.

4. Menurut Colin Cherry (1964)
Sedangkan arti ilmu komunikasi menurut Colin Cherry, sebuah usaha untuk membuat satuan sosial pada individu menggunakan bahasa maupun tanda. Komunikasi juga memiliki berbagai macam serangkaian peraturan untuk berbagai macam kegiatan demi mencapai satu tujuan.

5. Menurut Joseph A. Devito
Arti ilmu komunikasi Joseph A. Devito menurut adalah sebuah tindakan dari satu orang maupun lebih untuk mengirimkan maupun penerima pesan dengan beberapa situasi. Komunikasi tersebut akan menghasilkan dampak dan kesempatan untuk menerima pesan.

Tindakan komunikasi tersebut juga bisa mencakup berbagai macam komponen, seperti pengirim, penerima, situasi, hambatan, media, penerimaan, pemahaman, dan masih banyak lagi lainnya.

Fungsi dari Ilmu Komunikasi
Komunikasi merupakan sebuah proses penyampaian pesan dari komunikator dengan tujuan untuk mengubah sikap, opini, keterampilan, dan perilaku komunikan. Ada berbagai macam fungsi dari komunikasi yang harus kamu ketahui, seperti berikut.

* Komunikasi akan berfungsi untuk menyalurkan informasi yang dibutuhkan dengan harapan mampu mengambil keputusan lebih tepat sehingga bisa menerima informasi yang telah disampaikan.
* Komunikasi juga memiliki fungsi untuk mendidik apabila pasal tersebut diterima oleh komunikan sehingga memiliki dampak peningkatan pengetahuan.
* Fungsi dari komunikasi juga untuk menghibur dimana ketika pesan yang disampaikan dapat menghibur atau memberikan kesenangan bagi komunikan.
* Komunikasi juga memiliki fungsi untuk mempengaruhi. Hal ini terjadi apabila komunikan menerima pesan dan bisa memberikan efek yang diharapkan oleh komunikator.

Dari empat fungsi tersebut dapat diketahui bahwa komunikasi adalah bagian penting dalam kehidupan manusia. Memutuskan untuk mengambil jurusan ilmu komunikasi adalah pilihan tepat, sebab akan memberikan kamu banyak keuntungan loh.

Apa itu ilmu komunikasi? Ilmu komunikasi adalah salah satu jurusan yang saat ini disediakan oleh banyak perguruan tinggi di Indonesia. Ilmu Komunikasi ini akan membantu kamu untuk mempelajari bagaimana Proses penyampaian pesan dengan efektif dari komunikator kepada komunikan.

Saat ini di Indonesia ada banyak sekali perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ilmu komunikasi dengan kualitas terbaik. Apabila kamu merasa tertarik untuk bergabung dengan jurusan ilmu komunikasi, silahkan bergabung mendaftarkan diri di kampus favorit.