Blog

Apa Itu Bahasa Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Dan Fungsi Bahasa– Untuk berkomunikasi sehari-hari manusia tentunya menggunakan bahasa. Dengan begitu maksud dari seseorang bisa tersampaikan kepada orang lain dengan tepat. Lantas apa itu bahasa? Bagaimana sejarah bahasa dan apa saja fungsi dari bahasa?

Untuk menjawab seluruh pertanyaan tersebut, berikut kami akan membahas lebih dalam seputar bahasa. Baik dari segi definisi, teori sejarah, hingga fungsinya.

Pengertian Bahasa
Bahasa adalah salah satu alat komunikasi yang dipakai umat manusia. Bahasa juga menjadi penghubung penting antar sesama manusia. Maka dari itu bahasa bisa dikatakan sebagai sesuatu yang penting sebagai syarat untuk berkomunikasi antar sesama.

Secara harfiah definisi bahasa adalah sarana yang dipakai oleh setiap makhluk hidup, khususnya manusia untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan makhluk hidup lainnya. Misalnya kita mempunyai bahasa yang dipakai untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita. Jenis bahasa yang baik tentu berkembang pada satu sistem. Dan di dalamnya terdapat aturan yang harus dipatuhi oleh setiap pemakainya. Melalui bahasa tentu pesan yang tersampaikan dan pesan yang diterima akan lebih mudah.

Bahasa juga bisa diartikan sebagai suatu sistem dengan lambang yang terorganisir dan disepakati dan disepakati secara umum. Bahasa juga menjadi hasil pembelajaran yang digunakan untuk menyajikan berbagai pengalaman di dalam suatu komunitas.

Bahasa sudah menjadi alat utama dalam penyaluran kepercayaan, norma, nilai, seni hingga religi yang terdapat di dalamnya. Bahasa juga menjadi alat bantu setiap manusia dalam berpikir secara logis.

Tidak hanya itu, bahasa juga erat kaitannya dengan budaya dan pola pikir di suatu masyarakat. Dengan begitu bahasa berhubungan dengan cara berpikir setiap orang yang diwujudkan lewat bahasa itu sendiri. Lewat bahasa tersebut terjadi pewarisan suatu budaya secara turun temurun. Seperti misalnya seorang penari akan mengajarkan muridnya bagaimana cara menari yang baik dan benar.

Contoh lainnya adalah para Kyai di sebuah pesantren yang mengajarkan anak-anak didiknya untuk mengaji dengan bahasa arab. Sementara pelajaran religius lainnya Kyai tersebut memakai bahasa Indonesia atau bahasa daerah setempat yang biasa dipakai. Hal tersebut menunjukkan dalam bahasa adanya pewarisan budaya bahasa, religi dan juga seni sekaligus.

> Baca juga: Pengertian Komunikasi

Pengertian Bahasa Menurut KBBI
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bahasa berarti sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh semua orang atau anggota masyarakat untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri dalam bentuk percakapan yang baik, tingkah laku yang baik, sopan santun yang baik.

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli
Keraf

Dalam Smarapradhipa Keraf menyimpulkan 2 pengertian bahasa. Pertama, bahasa adalah alat komunikasi antara anggota pada masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan dengan alat ucap manusia. Sedangkan pengertian bahasa kedua adalah sistem komunikasi yang memakai media simbol-simbol vokal atau bunyi ujaran yang bersifat arbitrer.

Wibowo

Sementara Wibowo menerangkan bahwa bahasa adalah sistem simbol bunyi yang bermakna serta berartikulasi atau dihasilkan oleh media ucap yang mempunyai sifat arbitrer & konvensional, yang dipakai sebagai sarana alat berkomunikasi oleh suatu kelompok manusia untuk melahirkan sebuah perasaan dan pikiran.