Blog

9 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Efektif Dan Cepat

Salah satu penyakit yang sering dialami banyak orang saat musim pancaroba atau pergantian cuaca adalah flu yang bisa menyebabkan hidung tersumbat. Meski terkesan sepele, hidung tersumbat cukup meresahkan karena dapat mengganggu aktivitas harian. Gejala ini berimplikasi langsung terhadap saluran pernapasan sehingga membuat kita mudah lelah.

Pada umumnya, kemunculan hidung tersumbat akibat adanya inflamasi dan juga penyumbatan di hidung. Penyebab hidung tersumbat ini biasanya merupakan kondisi-kondisi kesehatan yang tidak terlalu parah. Penyakit-penyakit yang sering memunculkan hidung tersumbat seperti: pilek, flu, dan adanya infeksi di sinus. Kondisi seperti ini biasanya akan menyebabkan hidung mampet selama beberapa minggu.

Tidak hanya itu, ada beberapa kondisi para yang juga menjadi penyebab terjadinya penyumbatan di hidung. Penyakit-penyakit para yang menjadi penyebab hidung tersumbat, antara lain: alergi, alergi di hidung, tumbuhnya polip aau tumor jinak di hidung, paparan kimia, iritasi dari udara atau lingkungan, dan infeksi sinus yang sudah berlangsung lama atau sinusitis kronis.

Untuk menangani hal tersebut ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat, berikut lampirannya sebagaimana dilansir dari situs info kesehatan, Gooddoctor.id:

1. Mandi dengan Air Hangat
Cara mengatasi hidung tersumbat yang pertama adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Uap dari air akan membantu menipiskan lendir pada hidung.

Selain itu, uap juga bisa mengurangi peradangan. Ini bisa meredakan keluhan hidung tersumbat, setidaknya untuk sementara waktu.

2. Kompres dengan Air Hangat
Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan mengompres kepala menggunakan air hangat. Metode ini bisa membuka saluran pernapasan dari luar. Tips ini mudah, cukup rendam kain atau handuk terlebih dulu dengan air panas atau hangat.

Berikutnya, Anda bisa memeras handuk tersebut lalu lipat dan letakkan di atas dahi atau hidung. Air dengan suhu tinggi akan meresap ke dalam pori-pori, memberikan rasa nyaman dan meredakan inflamasi pada hidung. Untuk melakukan cara ini Anda harus mengompres kepala secara berkala.

3. Mengoleskan Minyak Kayu Putih di Bagian Hidung
Di antara fungsi dari minyak kayu putih adalah mengatasi hidung tersumbat. Cara mengatasi hidung tersumbat ini sejatinya sudah diterapkan oleh orang-orang terdahulu dalam meredakan pilek dan gangguan hidung lainnya.

4. Mengonsumsi Obat Alergi
Mengonsumsi dekongestan atau obat-obatan untuk alergi seperti antihistamin. Obat hidung tersumbat jenis ini bisa mengurangi terjadi pembengkakan di saluran pernapasan. Obat-obatan tersebut mampu ntuk mengatasi hidung tersumbat berikutnya.

Selain itu gabungan dari dekongestan dan antihistamin bisa meredakan tekanan sinus dan peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi. Tetap saja, kamu harus mengikuti takaran yang dianjurkan agar tidak mengalami overdosis. Untuk minum obat alergi, Anda dianjurkan meminum obat ini saat tidak sedang beraktivitas berat.

5. Konsumsi Air Putih Lebih Banyak
Banyak orang yang meremehkan konsumsi air putih secara rutin. Apabila diperhatikan kegunaan air putih sangat mujarab untuk mengobati hidung tersumbat dan sebagai daya tahan tubuh. Biarkan tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik, karena ini bisa membantu mengencerkan lendir.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Obat
Berikut ini adalah beberapa obat-obatan yang bisa digunakan untuk pengobatan hidung tersumbat:

1. Nasal Spray
Obat semprot hidung ini dapat menjadi pilihan mengatasi hidung mampet sebelah. Cairan ini bisa disemprotkan langsung ke bagian dalam area hidung. Setelah pemakaian, area di dalam hidung akan menjadi lembab dan lendir yang menyumbat menjadi lebih encer sehingga mudah keluar dan membuat hidung tidak tersumbat lagi.

Nasal spray biasanya terbuat dari larutan garam dan tergolong aman. Namun jika ingin menggunakan nasal spray tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter atau mencari tahu terlebih dahulu keamanan dari penggunaan obat ini.

2. Nasal Dekongestan
Cara mengatasi hidung tersumbat dengan obat kimia berikutnya adalah dengan nasal dekongestan. Cairan ini tergolong sebagai obat yang bisa mengurangi pelebaran pada pembuluh darah di area hidung. Cara ini bisa menjadi upaya untuk mengurangi gejala hidung tersumbat yang menggangu. Nasal dekongestan memiliki kandungan Oxymetazoline yang bermanfaat meredakan hidung tersumbat akibat alergi, flu dan sinusitis.

3. Cairan Saline
Cairan saline adalah obat semprot atau tetes hidung yang mengandung larutan air garam. Obat ini bekerja dengan cara melembapkan dinding saluran pernapasan dan melunakan ingus, sehingga mencegah terbentuknya kerak dalam hidung.

4. Dekongestan
Dekongestan memiliki sifat yang bisa membantu mengurangi pembengkakan di hidung. Pembengkakan ini biasanya menyebabkan hidung tersumbat. Ada dua jenis obat dekongestan yang bisa digunakan, yakni dalam bentuk oral dengan cara diminum dan nasal yang disemprotkan ke hidung.

Demikianlah berbagai macam cara mengatasi hidung tersumbat, baik menggunakan bahan alami ataupun obat kimia agarsegera sembuh dan kembali ke aktivitas normal.