Blog

8 Cara Membuat Denah Rumah Untuk Pemula Gampang Banget

Siapa bilang harus menggunakan bantuan ahli untuk membuat denah rumah? Dengan cara membuat denah rumah super gampang ini, kamu pun bisa membuatnya sendiri!

Saat membangun rumah impian, membuat denah rumah merupakan tahap awal dalam membentuk sebuah konsep yang baik.

Namun, tidak semua orang mengetahui cara membuat denah rumah yang baik, terlebih gambaran dasar pada sebuah kertas tidak sepenuhnya mewakili rumah impianmu.

Oleh sebab itu, cara membuat denah rumah merupakan salah satu hal penting supaya ekspektasi rumah impian bisa terwujud dengan baik.

Jika kamu sudah mempunyai bayangan terhadap sebuah rumah impian, ada 8 cara membuat denah rumah yang sangat menarik, khususnya bagi para pemula.

Yuk, cari tahu inspirasi cara membuat denah rumah untuk pemula berikut ini.

1. Memilih Model Rumah
Cara membuat denah rumah yang paling pertama ialah mengetahui model rumah apa yang akan dibangun terlebih dahulu.

Hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi gambaran denah rumah secara langsung.

Tak hanya sekadar mempengaruhi gambaran rumah, memilih model rumah juga dapat mempermudah preferensimu terhadap sketsa rumah secara menyeluruh.

Jika kamu memilih model rumah satu lantai, maka bisa digabungkan dalam satu ruang saja.

Sementara, jika kamu berencana membangun rumah dengan dua lantai, maka denah rumah yang dikehendaki harus memiliki dua ruangan berbeda.

Antara lantai atas dan lantai bawah dalam gambar terpisah.

2. Menentukan Tata Ruang
Setelah memilih model rumah yang dikehendaki, cara membuat denah rumah yang kedua adalah menentukan tata ruang yang dibutuhkan untuk rumah.

Mulai dari jumlah kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, hingga garasi rumah.

Kebutuhan tata ruang antara satu rumah dengan rumah lainnya pasti berbeda, tergantung jumlah penghuni dan ragam aktivitas rumah secara langsung.

Tak hanya kebutuhan tata ruang yang bersifat primer saja, ada juga orang yang menjalankan profesinya dirumah, seperti desainer, tukang jahit, maupun profesi lainnya yang harus diakomodir dengan baik pada denah rumah.

Sementara, jika rumah tersebut diisi oleh keluarga besar yang terdiri dari kakek sampai dengan cucu, sangat disarankan untuk memiliki jumlah kamar tidur dan kamar mandi yang layak.

Setidaknya setiap kamar tidur harus memiliki kamar mandi dalam.

3. Mempelajari Kebutuhan Setiap Ruangan

Setelah menentukan tata ruang dengan baik, kamu pun juga harus mempelajari kebutuhan setiap ruangan.

Mulai dari ukuran standar ruangan, juga apakah ruangan tersebut mempunyai bukaan atau tidak juga harus diketahui.

Sebagai contoh, kamar tidur kakek dan ayah harus berukuran besar, apakah setiap kamar mandi harus menggunakan bathtub, termasuk ukuran garasi dan dapur rumah, semua harus dipertimbangkan dengan baik.

Tak hanya sekadar dipelajari, kebutuhan setiap ruangan pun juga harus mempertimbangkan ketersediaan lahan untuk membangun rumah.

4. Mengatur Zonasi Tatanan Rumah
Jika kebutuhan setiap ruangan sudah diketahui, cara membuat denah rumah selanjutnya ialah mengatur zonasi tatanan rumah, di mana letak ruangan rumah harus sesuai dengan fungsinya.

Sebagai contoh yang umum, pastikan ruang tamu harus terpisah dengan ruang-ruang privat bagi tuan rumah.

Kemudian meja makan setidaknya harus berdekatan dengan dapur bersih agar kualitas makanan tetap higienis.

Dalam mengatur zonasi tatanan rumah, pastikan setiap ruangan harus dikategorikan dengan baik agar antar bagian tidak mengalami overlapping.

5. Memulai Denah Dasar Rumah
Setelah memiliki gambaran terhadap denah rumah impian, langkah selanjutnya adalah menyatukan zonasi tatanan rumah menjadi satu kesatuan denah dasar rumah.

Desain tersebut masih bersifat mendasar dan perlu dikembangkan kembali secara penuh.

Sebab, gambaran tersebut masih bersifat sederhana untuk menggambarkan seperti apa bentuk rumah nantinya.

Baca juga:5 Inspirasi Denah Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Luas Tanah 90 Meter

6. Mencari Alternatif Denah Rumah
Sumber: 22 Desain Pengembangan Rumah Hook karangan Niaga Swadaya

Selain menemukan denah rumah terbaik, hal yang tak kalah penting lainnya ialah mencari alternatif desain denah rumah terbaik.

Cara yang paling mendasar ialah memutar denah rumah dasar, mengubah zonasinya, atau bisa juga menukar posisi ruang satu dan lainnya.

Dengan demikian, kamu pun bisa mengetahui preferensi denah rumah terbaik, dengan beberapa strategi, sehingga memudahkan kamu dalam memilih denah rumah terbaik.

7. Membuat Detail pada Denah Rumah
Setelah menemukan denah rumah terbaik, cara membuat denah rumah selanjutnya ialah menambahkan detail-detail teknis dan non teknis pada denah rumah.

Detail sketsa rumah ini bisa berupa notasi, ukuran, detail arsitektur lainnya dalam satuan luas.

Mulai dari ketebalan dinding, ketinggian material, ketinggian lantai, simbol material, jendela, dan sebagainya.

8. Gunakan Aplikasi Desain Rumah untuk Simulasi

Jika detail pada denah rumah sudah diaplikasikan secara menyeluruh, tak ada salahnya untuk melakukan simulasi pada denah rumah yang sudah dibuat.

Untuk melakukan simulasi terhadap denah rumah tersebut juga sangat mudah dan bisa dilakukan langsung di gadget secara cepat.

Ada beberapa aplikasi desain rumah untuk simulasi denah rumah impian, seperti Planner 5D, Home Design 3D: My Dream Home, Floor Plan Creator, dan 3D Small House Design yang bisa kamu unduh secara gratis.

Dengan aplikasi tersebut, kamu pun sudah pasti punya bayangan terhadap denah rumah impian yang kamu kehendaki.

Intinya, cara membuat denah rumah untuk pemula tidak sulit, setidaknya gambaran tersebut bisa mewakili rumah impian secara menyeluruh.

Untuk mengetahui informasi seputar properti dan tips menarik mengenai rumah, simak terus di artikel.rumah123.com.

Wujudkan hunian idaman kamu seperti Gateway Park of LRT City, hanya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!