Blog

8 Cara Hilangkan Jerawat Secara Alami Mudah Dan Cepat

6 jenis jerawat yang sering muncul. liputan6.com ©2020 Merdeka.com Merdeka.com – Jerawat yang tumbuh di area wajah memang sering menjengkelkan, mengganggu penampilan, dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Salah satu area wajah yang rentan terkena jerawat ialah dagu. Jerawat di wajah umumnya disebabkan pori-pori kulit yang tersumbat oleh sel kulit mati dan berbagai macam kotoran yang mengundang jerawat.

Melansir dari Healthline, munculnya jerawat kerap disebabkan oleh kebersihan kulit yang tidak terjaga. Seseorang yang tidak menjaga kebersihan wajahnya bisa berpotensi memicu timbulnya jerawat. Pasalnya, saat kebersihan wajah tidak terjaga maka pori-pori bisa tersumbat oleh minyak dan sisa kotoran yang menempel di wajah.

Ketika jerawat muncul di bagian wajah, sebaiknya hindari untuk memencetnya. Kebiasaan memencet Jerawat dapat meningkatkan risiko infeksi dan lebih lama sembuh. Selain itu, menghindari berbagai produk perawatan yang bisa menambah produksi minyak di kulit juga dipercaya mampu mencegah timbulnya jerawat.

Lantas, bagaimana cara hilangkan jerawat secara alami dengan cepat? Simak ulasannya yang merdeka.com lansir dari Healthline:

Penyebab Jerawat

©Shutterstock

Jerawat merupakan peradangan kulit yang mengenai kelenjar sebum dan folikel rambut akibat tersumbatnya pori-pori kulit. Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat, di antaranya sebagai berikut:

Rambut yang Tumbuh ke Dalam

Kebiasaan mencukur jenggot yang sering dilakukan pria juga dapat memicu rambut tumbuh ke dalam kulit. Kondisi ini bisa menimbulkan peradangan dan tumbuh jerawat di dagu. Sehingga hal ini kerap mengganggu aktivitas sehari-hari karena menimbulkan rasa nyeri.

Perubahan Hormon

Penyebab jerawat berikutnya, yaitu terjadinya perubahan hormon. Produksi hormon androgen pada wanita dapat meningkat saat memasuki mas pubertas. Selain itu, wanita yang mengalami polycystic ovary syndrome (PCOS) juga dapat mengalami ketidakseimbangan hormon, sehingga berpotensi menimbulkan jerawat.

Tidak Menjaga Kebersihan Wajah

Salah satu faktor penyebab jerawat yang paling umum ialah tidak menjaga kebersihan wajah. Ketika kebersihan wajah tidak dijaga dengan baik, maka pori-pori dapat tersumbat dan menyisakan kotoran-kotoran yang menempel di wajah. Hal inilah yang kerap menimbulkan datangnya jerawat.

Mengonsumsi Makanan Berminyak

Penyebab jerawat lainnya ialah sering mengonsumsi makanan berminyak. Seseorang yang berlebihan mengonsumsi makanan berminyak seperti gorengan dapat membuat kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak yang menyebabkan peradangan.

Cara Hilangkan Jerawat secara Alami
Air Lemon

Jeruk lemon merupakan salah satu jenis buah yang populer di Indonesia. Buah yang memiliki rasa masam ini kerap diolah menjadi berbagai macam minuman. Selain memiliki cita rasa yang menyegarkan, jeruk lemon kaya akan nutrisi yang mampu menghilangkan bekas cacar.

Melansir dari Health Benefit, jeruk lemon memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat mengatasi iritasi kulit. Selain itu, jeruk lemon juga berfungsi efektif membakar lemak perut berlebih, sehingga sangat cocok untuk membantu program diet.

Madu

Cara hilangkan jerawat selanjutnya, yaitu menggunakan madu. Sejak dulu, madu dikenal menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan kulit. Banyak sekali produk perawatan wajah yang menggunakan madu sebagai bahan utama pembuatannya.

Pasalnya, madu memiliki kandungan zat yang baik untuk melindungi kulit dari kerusakan, seperti menghilangkan bekas cacar jerawat. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan madu ke permukaan kulit wajah dan diamkan beberapa menit, setelah itu bilas memakai air bersih secukupnya.

Buah Pepaya

Buah pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang berfungsi sebagai antioksidan dalam membantu menutrisi dan melembapkan kulit. Selain itu, kandungan ini juga berperan penting dalam menghilangkan bekas cacar, membersihkan kotoran pada wajah, dan membantu mengencangkan kulit wajah.

Cara mendapatkan manfaat dari buah pepaya cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan pepaya kemudian menggunakannya sebagai masker wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hingga bersih.

Cara Hilangkan Jerawat Lainnya
©Shutterstock

Lidah Buaya

Cara hilangkan jerawat secara alami lainnya, yaitu dengan lidah buaya. Beberapa kandungan yang terdapat pada lidah buaya dipercaya efektif dalam menjaga kesehatan kulit wajah.

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin A, E, dan C yang berperan penting dalam mencegah radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah. Selain itu, kandungan enzim pada lidah buaya juga dapat menghambat proses penuaan dini.

Air Beras

Air beras memiliki kandungan allantoin yang dapat membantu mengatasi jerawat. Allantoin merupakan senyawa antibakteri yang berfungsi efektif menenangkan kulit berjerawat.
Selain itu, air beras juga memiliki sifat yang dapat mengontrol minyak. Sehingga wajah Anda akan terlihat lebih cerah dan terhindar dari minyak di kulit.

Soda Kue

Cara hilangkan jerawat dengan cepat selanjutnya, yaitu dengan soda kue. Selain dapat membantu menyembuhkan gatal pada kulit wajah, soda kue juga bisa digunakan untuk mengatasi peradangan pada kulit.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan baking soda dengan beberapa minyak kelapa dalam satu cangkir, lalu oleskan pada area kulit wajah yang mengalami jerawat.

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan soda kue yaitu hindari penggunaan terlalu lama, pasalnya hal ini dapat menyebabkan iritasi kulit.

Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu jenis makanan sehat yang sering digunakan untuk membantu program diet. Rasanya yang manis dan lezat menjadikan oatmeal sangat cocok untuk menu sarapan. Selain itu, oatmeal juga mudah didapatkan karena kini banyak ditemui oatmeal dalam bentuk instan.

Makanan berbahan dasar oat ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Dalam 100 gram oat mengandung 9,9 hingga 14,9 gram total serat. Sehingga makanan ini berfungsi efektif untuk menjaga kesehatan pencernaan dan sangat cocok dijadikan menu diet. Tak hanya itu, oatmeal juga mengandung antioksidan yang dapat membantu penyembuhan masalah kulit.

Cara menggunakan oatmeal untuk menghilangkan bekas jerawat cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan oatmeal dingin pada bekas jerawat. Setelah itu, diamkan sekitar 10 menit dan bilas dengan air hangat.

Kayu Manis

Cara hilangkan jerawat secara alami selanjutnya, yaitu dengan kayu manis. Beberapa penelitian menyebutkan madu dan kayu manis memiliki kemampuan untuk menghilangkan bakteri serta mengurangi peradangan yang disebabkan jerawat.

Selain itu, kayu manis juga kaya akan antioksidan yang mampu meredakan jerawat meradang. Caranya mudah, campurkan kayu manis dengan madu, lalu oles ke bagian wajah yang terkena jerawat. Setelah itu, bilas hingga bersih dan lakukan cara ini secara teratur.

[jen]