Blog

7 Tips Menghilangkan Komedo Dengan Mudah

Halodoc, Jakarta – Selain flek hitam, komedo (jerawat whitehead) atau bintik kecil berwarna putih pada permukaan wajah sering menjadi momok yang bikin wanita risih. Pasalnya, masalah yang terbilang kecil ini bisa membuat mereka menjadi tidak percaya diri.

Komedo berasal dari kelenjar sebaceous yang memproduksi minyak pada kulit yang kemudian bercampur dengan sel-sel kulit dan debu. Lantas, bagaimana cara menghilangkan komedo yang bikin penampilan jadi tak menarik? Berikut ulasannya.

Baca juga: 6 Penyebab Komedo yang Perlu Diketahui

1. Eksfoliasi dengan Lemon dan Tomat

Kedua buah ini bisa menjadi cara menghilangkan komedo. Caranya gampang, iris lemon dan gosokan pada area di mana komedo berada. Kamu juga bisa menambahkan gula agar kulit terkelupas dengan baik.

Bila lemon kurang berhasil, kamu bisa mencoba tomat ketimbang zat kimia. Tomat tak hanya membantu menghilangkan komedo, tetapi juga membersihkan kulit dari dalam. Pengelupasan kulit ini perlu dilakukan untuk menghapus komedo lebih cepat.

Namun, tetap berhati-hati saat memakai bahan alami untuk menghilangkan komedo terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif.

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Bisa Dicoba untuk Atasi Komedo

2. Terapi Uap

Cara menghilangkan komedo juga bisa lewat terapi uap. Terapi ini bisa membantu untuk membuka pori-pori wajah. Dengan begitu, segala macam kotoran yang menempel dan menyumbat pori-pori bisa terlepas keluar. Kamu bisa mencoba cara ini dengan metode sederhana.

Misalnya, dengan merebus air dalam panci hingga mendidih. Lalu, setelah itu tuanglah air tersebut ke dalam baskom yang cukup lebar. Kemudian, tundukan kepala dan dekatkan setidaknya mencapai 5–10 sentimeter di atas permukaan baskom. Agar uap air tidak merembes keluar, tutupi kepalamu dengan handuk tipis. Untuk hasil yang efektif, lakukan terapi uap ini selama 5–10 menit dan ulangi selama beberapa kali dalam seminggu.

3. Gunakan Toner Non-Alkohol

Nah, setelah kulit mulai terkelupas, pori-pori wajah akan membesar secara alami, sehingga debu lebih mudah masuk ke dalamnya. Karena itu, gunakanlah toner non-alkohol untuk mengecilkan pori-pori agar risiko jerawat dan komedo muncul semakin berkurang.

4. Rutin Mencuci Wajah

Mencuci wajah idealnya dilakukan dua kali sehari dengan pembersih wajah yang lembut dan non-detergent. Yang perlu diingat, hindarilah menggunakan scrub karena bisa membuat kulit jadi teriritasi. Ujung-ujungnya akan membuat komedo semakin parah.

Baca juga: Sudah Rajin Cuci Muka Komedo Tetap Muncul? Ini Penyebabnya

5. Kompres dengan Air Hangat

Selain lewat terapi uap, cara menghilangkan komedo juga bisa dengan mengompres wajah pakai air hangat. Caranya mudah saja. Kamu bisa menggunakan handuk yang telah direndam dalam air hangat. Lalu, kompres pada daerah wajah yang berkomedo. Kamu bisa melakukannya sebanyak dua sampai tiga kali sehari, sehingga kelenjar sebaceous akan menghasilkan lebih sedikit minyak.

6. Jangan Memencet Jerawat

Banyak orang yang menggunakan peralatan khusus untuk membersihkan komedo. Sebenarnya sih cara ini sah-sah saja, namun tidak direkomendasikan oleh dokter. Sebab, bila tekniknya tidak steril bisa menimbulkan infeksi pada kulit. Selain itu, jangan pula memencet jerawat karena bisa menimbulkan luka jerawat yang makin parah.

7. Gunakan Tea Tree Oil

Tea Tree Oil dikenal sebagai anti-inflamasi alami dan juga antimikroba. Karena itulah, tea tree oil dipercaya bisa membantu membersihkan komedo.

Sekarang ini, kandungan tea tree oil sudah bisa ditemukan di banyak pembersih wajah dan toner. Ekstrak minyak ini juga bisa dibeli di toko kecantikan, dan bisa digunakan dengan cara langsung mengoleskannya ke area komedo dengan menggunakan jari yang sudah bersih atau kapas bersih.

Mau tahu lebih jauh mengenai cara menangani komedo? Atau memiliki masalah kecantikan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Ten home remedies to get rid of whiteheads.
Healthline. Diakses pada 2021. 12 Ways to Get Rid of Whiteheads.