Blog

7 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Ampuh

Mata panda adalah kondisi munculnya lingkaran hitam pada kulit bagian bawah mata. Biasanya, kondisi seperti ini muncul disertai dengan mata yang bengkak atau sembap. Memang, pada umumnya mata panda tidak berbahaya, namun bisa sangat mengganggu penampilan seseorang. Mata panda sering membuat kita terlihat tidak segar dan kelelahan. Jika kamu mengalaminya, tenang saja, ada beberapa cara menghilangkan mata panda yang bisa kamu lakukan di rumah. Apa saja? Cari tahu informasinya di bawah ini!

1. Atur waktu istirahat

Mata panda bisa muncul karena waktu istirahat yang tidak sesuai. Karenanya, untuk menghilangkan mata panda, kamu bisa mengatur waktu istirahat yang cukup. Usahakan untuk tidak begadang sampai larut atau bahkan dini hari. Waktu tidur yang dianjurkan bagi orang dewasa adalah sekitar 7-8 jam per hari.

2. Tempelkan irisan timun pada mata

Timun bisa menjadi solusi yang mudah didapatkan untuk menghilangkan mata panda. Cara penggunaannya pun tidak rumit. Kamu cukup mengiris timun tipis-tipis dalam bentuk lingkaran, lalu letakkan irisan timun tersebut di bagian bawah mata. Tempelkan kurang lebih selama 15 menit. Kandungan aktif timun serta suhunya yang dingin dapat mengatasi pembengkakan dan lingkaran hitam pada mata.

3. Kompres mata dengan air dingin

Cara menghilangkan mata panda selanjutnya bisa dengan mengompres area mata dengan air dingin. Suhu yang dingin bisa membantu meredakan mata bengkak serta membuat pembuluh darah mengecil. Mata panda pun secara perlahan bisa tersamarkan. Caranya cukup mudah, yakni dengan membasahi handuk pakai air dingin, kemudian tempelkan handuk tersebut di bawah mata. Lakukan selama beberapa saat sampai kamu merasa rileks.

4. Gunakan teh celup

Teh celup juga ternyata memiliki manfaat untuk menghilangkan mata panda. Teh mengandung antioksidan dan kafein yang bisa mengecilkan pembuluh darah dan merangsang sirkulasi darah. Cara menghilangkan mata panda menggunakan teh celup adalah dengan merendam kantoh teh dalam air panas selama lima menit, tiriskan, lalu simpan dalam kulkas selama sekitar 20 menit. Kemudian, tempelkan kantong teh celup tersebut di area mata selama 10—15 menit.

5. Oleskan krim mata secara rutin

Kamu juga dapat menggunakan krim mata untuk menghilangkan dan mencegah mata panda. Bisa dengan krim yang mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin K, atau ekstrak daun teh. Kandungan dalam krim mata bisa mengurangi kerutan kulit dan menyamarkan mata panda. Meskipun hasilnya tidak instan, kamu dapat menghilangkan mata panda sekaligus menyehatkan kulit pada area mata. Berikut ini beberapa rekomendasi dari Watsons Indonesia:

6. Kurangi mengonsumsi kafein

Kafein bisa menjadi penyebab dehidrasi ringan, sehingga mata panda semakin terlihat dengan jelas. Selain itu, kafein juga bisa membuat kamu terjaga lebih lama dan kekurangan istirahat. Akibatnya, mata panda jadi lebih mudah muncul. Oleh karena itu, cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengurangi konsumsi kafein.

7. Lakukan perawatan medis

Kalau kamu merasa enam cara menghilangkan mata panda di atas masih belum maksimal, kamu bisa menghubungi dokter dan melakukan perawatan medis. Ini bisa menjadi solusi terbaik untuk menghilangkan mata panda secara maksimal. Dokter akan menawarkan berbagai prosedur medis untuk membantu kamu.

Jangan lupa tanyakan dengan detail terkait risiko dan efek samping yang mungkin akan kamu rasakan setelah melakukan perawatan medis. Pastikan dokter yang kamu datangi adalah dokter spesialis kulit yang sudah berpengalaman, ya. Berikut ini adalah beberapa perawatan medis yang bisa menjadi cara menghilangkan mata panda:

* Chemical peeling untuk mengurangi pigmentasi.
* Laser untuk mengencangkan kulit.
* Tato medis untuk menyuntikkan pigmen tertentu ke area kulit yang menipis.
* Filler untuk menyembunyikan pembuluh darah dan melanin yang menyebabkan perubahan warna kulit.

Itulah tujuh cara menghilangkan mata panda yang bisa coba kamu lakukan. Walaupun mata panda merupakan salah satu masalah kulit yang umum dialami banyak orang, bukan berarti kamu harus diam saja membiarkannya. Ketujuh cara di atas bisa kamu terapkan untuk menghilangkan mata panda, sehingga penampilan jadi lebih menarik dan meningkatkan kepercayaan diri!