Blog

7 Cara Menghilangkan Komedo Di Dagu Secara Alami

Sama halnya dengan di hidung, dagu yang berkomedo memang sangat menyebalkan. Meskipun ukurannya kecil, munculnya komedo bisa mengganggu penampilan kita sehari-hari. Sekarang tak perlu khawatir, karena ada cara menghilangkan komedo di dagu secara alami, lo! Yuk, kita coba!
Komedo adalah salah satu musuh terbesar perempuan. Enggak cuma di hidung, munculnya komedo di dagu juga sangat menyebalkan. Ada beberapa penyebab munculnya komedo di dagu, di antaranya kurang bersih saat cuci muka, hormon yang tidak seimbang, hingga adanya folikel rambut yang tersumbat.

Masalahnya, terkadang menghilangkan komedo di dagu membutuhkan tenaga ekstra. Hal ini disebabkan karena komedo di dagu dikenal lebih bandel, dibandingkan dengan komedo di hidung. Bahkan, cara menghilangkan yang salah justru akan menyebabkan komedo semakin banyak, lo!

Berkeluarga.id telah merangkum 7 cara menghilangkan komedo di dagu secara alami yang bisa langsung kamu coba di rumah, Girls:

Uap wajah membuat komedo lebih lunak, sehingga mudah dibersihkan | Foto: Shutterstock

Uap wajah
Melakukan uap wajah menjadi salah satu cara menghilangkan komedo di dagu yang paling simpel tapi ampuh. Uap wajah dapat membuka pori-pori wajah. Sehingga, kotoran yang terjebak di dalam pori-pori dapat keluar dengan mudah.

Menariknya lagi, melakukan uap wajah juga akan membuat komedo menjadi lebih lunak. Dengan begitu, komedo di dagu akan lebih mudah diangkat dan dibersihkan, deh!

Eksfoliasi dengan garam
Kita juga bisa melakukan eksfoliasi dengan garam untuk mengatasi dagu berkomedo. Sama dengan proses eksfoliasi wajah pada umumnya, garam bekerja dengan mengangkat sel kulit mati sekaligus komedo yang membandel.

Cukup campurkan garam laut, perasan air lemon, dan sedikit air hingga teksturnya seperti pasta. Setelah itu, aplikasikan pada dagu yang berkomedo sambil dipijat perlahan agar komedo terangkat sepenuhnya.

Putih telur mengandung antioksidan yang ampuh membasmi komedo di wajah | Foto: Shutterstock

Masker putih telur
Cara mengangkat komedo di dagu berikutnya dengan menggunakan peel off mask alami, yaitu masker putih telur. Di balik aromanya yang amis, masker putih telur mengandung antioksidan yang ampuh membasmi komedo di wajah.

Penggunaanya juga simpel, cukup mengoleskan putih telur yang telah ditambahkan beberapa tetes perasan lemon pada area dagu. Kemudian, tempel tisu dan oleskan lagi sampai 2-3 lapisan tisu.

Diamkan sekitar 10 menit, atau hingga masker terasa keras dan kaku. Setelah itu, angkat masker layaknya menggunakan pore pack, dan bilas wajah hingga bersih.

Masker kulit jeruk
Enggak tahan dengan bau amis putih telur? Jangan khawatir, karena kita bisa menggunakan masker kulit jeruk untuk mengangkat komedo, sekaligus mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori secara alami.

Sebelum dipakai, kita perlu mengeringkan kulit jeruk dan membuatnya menjadi bubuk. Kemudian, campur bubuk kulit jeruk dengan air hangat hingga teksturnya seperti pasta.

Oleskan masker kulit jeruk pada dagu yang berkomedo, dan diamkan sekitar 15 menit. Bilas masker hingga bersih, dan dagu akan menjadi lebih mulus, deh!

Masker kopi ampuh mengatasi dagu berkomedo | Foto: Envato

Masker kopi
Selain ampuh mengangkat komedo, ternyata masker kopi alami juga bisa digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit menjadi lebih cerah, lo!

Cara memakai masker kopi untuk menghilangkan komedo juga enggak kalah simpel. Cukup campurkan bubuk kopi dengan minyak kelapa hingga teksturnya seperti pasta. Lalu, oleskan pada dagu yang berkomedo sambil memijatnya secara perlahan.

Diamkan sekitar lima menit, dan bilas wajah hingga bersih. Gunakan masker kopi setiap seminggu sekali untuk hasil maksimal, ya!

Lidah buaya
Selama ini lidah buaya dipercaya mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk wajah. Termasuk salah satu menghilangkan komedo di dagu yang membandel.

Kita hanya perlu mengoleskan lidah buaya pada dagu yang berkomedo. Gosok dagu secara perlahan dan diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas wajah dengan air dingin hingga bersih.

Baca Juga: Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan, Cegah Penuaan Dini

Es batu jeruk nipis
Ada satu lagi cara menarik menghilangkan komedo di dagu yang patut dicoba, yaitu menggunakan es batu jeruk nipis. Selain mengangkat komedo, es batu jeruk nipis juga sekaligus memberikan sensasi segar dan menenangkan pada wajah.

Sebelum menggunakannya, kita perlu membersihkan wajah dengan sabun cuci muka hingga benar-benar bersih. Setelah itu, oleskan es batu jeruk nipis pada daerah dagu yang berkomedo. Lakukan dengan rutin agar komedo benar-benar hilang, ya!

Nah, itulah 7 cara menghilangkan komedo di dagu secara alami yang bisa dicoba di rumah. Selamat mencoba, Girls!

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Komedo Putih di Hidung, Ampuh!