Blog

7 Cara Menghilangkan Komedo Dan Langkah Pencegahannya

Komedo merupakan permasalahan pada wajah yang umum dialami banyak orang. Komedo muncul ketika sel-sel yang melapisi saluran sebasea berkembang biak sehingga terjadi peningkatan produksi sebum atau minyak..

Menurut Pusat Informasi Obat Nasional, komedo terbagi menjadi dua, yaitu komedo terbuka dan komedo tertutup. Komedo terbuka biasanya muncul pada folikel rambut yang ditandai dengan bintik hitam yang disebabkan oksidasi melanin, dan mengandung lemak. Komedo tertutup biasanya muncul pada folikel rambut, bercampur dengan lemak, keratin dan bakteri.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami
Berikut cara menghilangkan komedo secara alami.

1. Minyak pohon teh
Minyak pohon dapat menghilangkan komedo. Bahan ini bersifat antibakteri dan anti-inflamasi sehingga mampu membasmi komedo terbuka dan tertutup, menurut studi dalam Medical Journal of Australia.

Minyak pohon teh juga dapat membunuh P. acnes, yaitu bakteri penyebab jerawat. Studi dalam Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology menemukan, produk minyak pohon teh dengan konsentrasi 5% efektif menghilangkan jerawat ringan hingga sedang.

2. Witch hazel
Witch hazel adalah jenis tanaman obat yang bagian daun, kulit kayu, dan ranting dapat dimanfaatkan. Dalam menghilangkan komedo, witch hazel membantu membersihkan pori-pori tersumbat, melawan peradangan, kelebihan produksi minyak.

3. Minyak jojoba
Minyak jojoba dapat menghilangkan komedo dengan menembus folikel. Fakta tersebut tercantum dalam jurnal Polymers (Basel). Minyak jojoba juga dapat menghilangkan jerawatkarena memperlambat produksi sebum berlebihan, yaitu salah satu penyebab jerawat.

Karena sangat cepat diserap oleh kulit, minyak jojoba dapat melarutkan pori-pori yang tersumbat minyak. Untuk kulit berjerawat atau berminyak, gunakan 1/2 sendok teh minyak jojoba dan 1/2 sendok teh minyak jarak.

Oleskan minyak ke wajah yang kering. Gunakan ujung jari untuk memijat lembut agar meresap ke dalam kulit selama satu atau dua menit. Cara ini dapat menghilangkan kotoran seperti bekas riasan dan sel kulit mati.

4. Masker arang atau tanah liat
Melansir Healthline, masker arang dan tanah liat bekerja lebih baik daripada formulasi lain karena membantu mengeringkan sebum yang terperangkap di pori-pori Anda. Bahan ini bahkan dapat membantu menyingkirkan kotoran dan sel-sel kulit yang terperangkap sehingga menghilangkan komedo dengan mudah.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Alat dan Obat Kimia
Ada beberapa alat dan bahan kimia dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. Simak penjelasan selengkapnya.

1. Ekstraksi Komedo
Cara menghilangkan komedo yang aman dan murah adalah melakukan ekstraksi komedo. Melansir publikasi Universitas Indonesia, ekstraksi komedo dilakukan memberikan tekanan ringan menggunakan alat ekstraktor komedo.

Cara ini dapat mengangkat kelenjar minyak dan terbukti dapat menggantikan terapi antibiotik dalam pengobatan jerawat akibat komedo. Hal tersebut tercantum dalam disertasi Irma Bernadette S. Sihotang, SpKK(K), staf pengajar Departemen Ilmu Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

2. Asam Salisilat
Menurut studi dalam Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, salicylic acid atau asam salisilat dapat menghilangkan komedo dengan membuka pori-pori yang tersumbat. Produk perawatan kulit sudah banyak yang mengandung bahan ini.

Hal ini dilakukan dengan memecah ikatan antara sel-sel kulit mati sehingga dapat lepas dari pori-pori dengan lebih mudah serta memecah sebum. Asam salisilat juga menurunkan produksi sebum kulit sehingga jerawat berkurang.

Asam salisilat dapat mengakibatkan beberapa efek samping. Ini tergantung pada jenis kulit seseorang atau bentuk dan konsentrasi yang digunakan. Efek samping asam salisilat meliputi:

* Sensasi menyengat yang ringan.
* Kulit mengelupas.
* Iritasi ringan.
* Kulit kering.

Untuk mencegah hal tersebut, lakukan tes pada area kecil kulit. Hentikan penggunaan apabila muncul reaksi pada area tersebut. Baca petunjuk penggunaan pada produk dan hindari memakai berlebihan.

3. Sulfur
Menurut Pusat Informasi Obat Nasional, obat jerawat dengan kandungan sulfur 3% sampai 10% bersifat sebagai keratolitik dan antibakteri sehingga efektif untuk mengatasi komedo. Obat dioleskan pada kulit yang berjerawat satu hingga tiga kali sehari sehingga membentuk lapisan tipis. Lapisan tipis ini berwarna kuning dan biasanya membuat pasien kurang nyaman karena baunya.

Langkah Pencegahan Komedo
Berikut adalah langkah pencegahan komedo yang dapat diterapkan.

* Cuci muka secara teratur. Gunakan pembersih yang lembut dua kali sehari. Pastikan untuk mencuci muka setelah berkeringat.
* Jangan mengiritasi kulit. Hindari produk yang bersifat abrasif atau kering. Gunakan air suam-suam kuku daripada air panas untuk mencuci muka.
* Jangan menggosok kulit secara kasar. Gunakan jari untuk mencuci muka daripada spons atau kain.
* Keramas secara teratur. Menjaga rambut dan kulit kepala tetap bersih dapat mencegah timbulnya jerawat di dekat garis rambut atau di kulit kepala.
* Jangan memegang kulit. Terlalu sering menyentuh kulit dapat menyebarkan bakteri dari jari-jari dan menyebabkan infeksi.

Itulah cara menghilangkan komedo dan langkah pencegahannya.