Blog

7 Cara Cek Nomor Indosat Yang Lupa 2021 Mudah Dan Praktis

Kricom.Id – Lupa dengan nomor ponsel pribadi adalah hal yang sangat manusiawi. Namun tahukah Anda bahwa mengingat nomor pribadi juga sangat penting untuk berbagai keperluan? Bagi Anda pengguna Indosat yang lupa dengan nomornya sendiri maka perlu mengetahui cara cek nomor Indosat yang tepat.

Indosat sendiri memiliki jaringan telekomunikasi yang cukup luas di seluruh wilayah Indonesia. Untuk mendapatkan sinyal Indosat yang stabil pun tidak sulit, karena hampir seluruh kecamatan sudah didukung sinyal Indosat.

Sekilas tentang Indosat

Indosat dikenal sebagai salah satu provider ternama di tanah air yang menyediakan layanan telekomunikasi dan jaringan internet bagi masyarakat Indonesia. Perusahaan yang bergerak dalam bidang industri telekomunikasi ini sudah berdiri sejak tahun 1967 dengan nama PT. Indosat Tbk.

Sejarah perkembangan Indosat di Indonesia cukup panjang. Pada awal berdirinya, Indosat dikenal sebagai perusahaan penanaman modal asing di Indonesia yang pertama menyediakan jasa telekomunikasi internasional melalui satelit internasional.

Hingga akhirnya Indosat menjadi perusahaan internasional di bidang telekomunikasi internasional pertama yang dimiliki 100% oleh Pemerintah Indonesia. Di tahun 1994 Indosat terdaftar di Bursa Efek Jakarta dan New York Stock Exchange sebagai perusahaan publik (pemerintah 65%; publik 35%).

Dalam rentang waktu , Indosat telah mengambil alih mayoritas saham di Satelindo dan SLI Indonesia hingga kemudian mendirikan PT. Indosat Multimedia Mobile atau yang lebih dikenal dengan IM3. Perusahaan ini menjadi pelopor dalam jaringan GPRS serta layanan multimedia.

Di tahun 2003 Indosat bergabung dengan Satelindo, IM3 serta Bimagraha dan membentuk operator seluler di Indonesia. Hingga akhirnya Indosat mendapat lisensi jaringan 3G dan selanjutnya mengenalkan layanan jaringan 3,5G di wilayah Jakarta dan Surabaya.

Dalam perkembangannya, Indosat telah memiliki lebih dari 58,5 juta pelanggan di tahun 2012 dan terus mengalami perkembagan hingga saat ini. Sementara di tahun 2015 tepatnya pada tanggal 19 November, Indosat secara resmi telah berganti nama dari Indosat menjadi Indosat Ooredoo.

Produk Indosat
Sebelum masuk pada pembahasan cara cek nomor Indosat, ada baiknya Anda mengetahui apa saja produk dari Indosat. Sebagai salah satu provider terbesar di Indonesia, Indosat Ooredoo menyediakan Matrix sebagai produk kartu pasca bayar serta Mentari dan Indosat IM3 sebagai kartu pra bayar.

Sementara untuk kode kartu Indosat Ooredoo bisa dibedakan sesuai jenisnya seperti berikut ini:

1. Matrix Ooredo yaitu 0814, 0815, 0816 dan 0855.
2. Mentari yaitu 0815, 1816, dan 0858.
3. Indosat IM3 yaitu 0856 dan 0857.

Dengan mengetahui kode kartu pada Indosat Ooredoo tersebut maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengingat nomor pribadi milik Anda. Selain itu juga bisa memudahkan untuk mengetahui apakah nomor yang akan dihubungi sama-sama dari Indosat Ooredoo atau bukan.

1. Matrix Ooredoo

Kartu perdana pasca bayar Matrix Ooredoo banyak dipilih untuk menunjang kebutuhan komunikasi sehari-hari karena dianggap lebih stabil dan tidak perlu khawatir komunikasi terputus akibat pulsa habis.

Selain itu, Matrix Ooredoo juga banyak digunakan karena memiliki beberapa keunggulan seperti berikut:

* Manawarkan tarif yang lebih murah

Tarif murah ini meliputi layanan untuk sms, telepon hingga internet jika dibandingkan dengan provider lainnya. Bahkan tarif layanan Matrix juga diklaim lebih murah dibandingkan kartu pra bayar dari Indosat Ooredoo.

* Penggunan jauh lebih praktis

Berbeda dari kartu prabayar yang bisa sewaktu-waktu sambungan teleponnya terputus karena kehabisan pulsa, dengan Matrix pengguna tidak perlu mengkhawatirkan hal itu. Karena sistem dari kartu pasca bayar ini adalah berlangganan.

Demi memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan, Matrix juga memberikan penawaran promo yang menarik. Mulai dari bonus telepon, sms, kuota internet hingga berbagai macam bonus lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

* Batas penggunaan pulsa bisa diatur

Salah satu alasan bagi sebagian orang untuk tidak menggunakan kartu pasca bayar adalah karena khawatir tagihannya akan besar. Padalah itu tidak sepenuhnya benar, karena dalam kartu ini pengguna bisa mengatur limit/batas penggunaan pulsa.

Fitur yang tersedia memungkinkan pelanggan untuk mengatur penggunaan pulsa sesuai dengan kebutuhannya dalam satu bulan. Selain itu tersedia paket Freedom Combo yang limitnya 0 rupiah, sehingga tidak perlu mengkhawatirkan tagihan.

* Sistem pembayaran lebih mudah

Dalam hal pembayaran, Matrix Ooredoo juga menyediakan sistem pembayaran yang cukup mudah melalui pusat pelayanan Indosat. Selain itu juga bisa melalui bank, ATM, Alfamart, Indomaret hingga agen pulsa terdekat yang menyediakan layanan PPOB.

2. Mentari

Produk kartu prabayar dari Indosat Ooredoo ini menyediakan beberapa keunggulan dan fitur menarik bagi para penggunanya, seperti berikut ini:

* Menawarkan banyak paket menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.
* Memiliki masa aktif akumulatif sehingga masa aktif menjadi lebih panjang sesuai dengan nominal pulsa yang dibeli.
* Menawarkan paket sms murah yang sifatnya juga akumulatif sehingga tidak hangus.

3. Indosat IM3

Selain Matrix dan Mentari, banyak masyarakat yang mempercayakan kebutuhan komunikasinya kepada Indosat IM3. Hal ini tidak terlepas dari beberapa keuntungan yang ditawarkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

* Telepon dan SMS sepuasnya

IM3 memang terkenal sebagai operator seluler yang menawarkan harga murah dengan fitur basic telepon dan sms. Dengan kartu ini Anda bisa menelepon dan berkirim sms sepuasnya sesama nomor IM3 Ooredoo.

* Menawarkan jaringan 4G yang super cepat

Pengguna samrtphone selalu menginginkan kecepatan internet yang maksimal, dan Indosat IM3 telah menyediakan jaringan 4G super cepat bagi penggunanya. Bahkan jaringan IM3 diklaim sebagai yang jaringan 4G tercepat di Indonesia.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari IM3 Ooredoo adalah aktivitas streaming tanpa batas yang tidak akan mengurangi paket internet. Karena IM3 menyediakan fitur Stream On sehingga pengguna bisa mengakses iflix secara gratis selama 3 bulan.

Dengan aplikasi ini para pengguna IM3 akan lebih mudah dalam mengelola kartu SIM, mulai dari info pulsa hingga mendaftar paket internet. Selain itu, ada banyak promosi menarik yang bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Cara Cek Nomor Indosat jika Lupa?
Bagi Anda pengguna kartu Indosat Ooredoo tentu sudah menikmati berbagai macam kelebihan yang disediakan oleh operstor seluler tersebut. Namun apa jadinya jika Anda justru lupa dengan nomor pribadi Anda? Sebagai solusinya, berikut ini adalah 7 cara cek nomor Indosat yang perlu diketahui.

1. Cara Cek Nomor Indosat melalui Telepon atau Layanan Dial Up
Anda bisa mengetahui nomor Indosat melalui layanan Dial Up dengan langkah-langkah seperti berikut ini:

* Pertama silahkan pilih ikon telepon pada ponsel Anda dan tekan tombol *123*30# atau *123*7*2*1# atau bisa juga *888*1*1# pada layar panggilan ponsel Anda.

* Selanjutnya silahkan tekan tombol OK/YES/CALL pada ponsel Anda.
* Tunggulah beberapa saat hingga muncul jendela pop up yang menginformasikan nomor ponsel Indosat Anda, sisa pulsa hingga masa aktif kartu Anda.

2. Cara Cek Nomor Indosat melalui Aplikasi MyIM3
Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui nomor ponsel Indosat adalah dengan aplikasi MyIM3. Namun perlu diketahui bahwa aplikasi ini hanya bisa Anda gunakan jika nomor Indosat milik Anda sudah didaftarkan terlebih dahulu.

Jadi begitu Anda membeli kartu perdana Indosat yang baru maka sebaiknya segera mendaftarkannya pada aplikasi MyIM3. Dengan cara ini maka Anda bisa dengan mudah mengecek nomor pribadi Indosat pada ponsel Anda.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengecek nomor Indosat Ooredoo melalui aplikasi MyIM3:

* Pertama silahkan mengunduh aplikasi MyIM3 terlebih dahulu di Google Play Store atau App Store sesuai ponsel yang Anda miliki.
* Jika sudah berhasil diunduh silahkan buka aplikasi MyIM3 di ponsel Anda.
* Selanjutnya Anda cukup mendaftarkan nomor Indosat Ooredoo milik Anda, buat kata sandi dan juga masukkan kode verifikasi yang telah dikirim melalui SMS.
* Jika sudah maka Anda bisa langsung login pada aplikasi MyIM3 tersebut.

* Jika sudah berhasil masuk maka Anda akan mengetahui berbagai macam informasi di menu homepage MyIM3, mulai dari nomor ponsel Anda, jumlah kuota internet dan informasi lainnya.

3. Cara Cek Nomor Indosat melalui Customer Service

Selain menggunakan dua cara yang telah diulas sebelumnya, Anda juga bisa mengetahui nomor Indosat Ooredoo milik Anda melalui Operator Customer Service. Layanan ini tersedia selama 24 jam setiap hari sehingga Anda bisa mengecek nomor Indosat Anda kapan saja.

Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengecek nomor Indosat adalah seperti berikut ini:

* Bagi Anda pengguna kartu Indosat Ooredoo pasca bayar seperti Matrix Ooredoo maka silahkan hubungi nomor customer service di 111 (bebas pulsa).
* Untuk mesin penjawab tanpa operator bisa ke nomor 222 (bebas pulsa).
* Bagi Anda pengguna kartu prabayar Indosat seperti Mentari Ooredoo dan IM3 Ooredoo, silahkan hubungi nomor customer service di 100 atau 185 (dikenakan pulsa).
* Untuk melakukan pengecekan melalui operator customer service ini pastikan sisa pulsa yang Anda miliki lebih dari Rp 400 karena setiap panggilan setidaknya butuh pulsa Rp 400.
* Selain itu, Anda juga bisa menghubungi Cistomer Service Indosat melalui sambungan telepon rumah atau PSTN ke nomor + atau + .
* Untuk layanan mesin faximile bisa ke nomor + .

Perlu diingat bahwa untuk mengecek nomor Indosat melalui layanan customer service ini Anda harus bersabar, terlebih jika Anda melakukan panggilan ke layanan CS pada jam-jam sibuk.

4. Cara Cek Nomor Indosat melalui Modem
Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui nomor Indosat Ooredoo yang lupa adalah melalui modem. Jika Anda memiliki modem PC Indosat Ooredoo maka Anda bisa memanfaatkannya untuk mengecek nomor pribadi tanpa perlu memindahkan SIM Card.

Pada cara ini Anda bisa memanfaatkan sistem USSD (Unstructured Supplementary Service Data) pada modem Indosat. USSD sendiri merupakan sebuah sistem pesan singkat pada jaringan GSM yang biasanya digunakan untuk pertukaran teks antar ponsel dan aplikasi.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan jika ingin mengecek nomor Indosat melalui modem:

* Sebelumnya pastikan terlebih dahulu modem yang Anda miliki mensupport sistem USSD.
* Jika mendukung maka silahkan sambungkan modem pada PC dan aktifkan jaringan internetnya.
* Langkah selanjutnya buka aplikasi Koneksi Manajer dan silahkan pilih menu USSD yang tersedia.
* Jika sudah, Anda bisa ketik *123*30# dan kemudian tekan tombol Send atau Kirim.

* Selanjutnya silahkan tunggu selama beberapa saat hingga di layar muncul informasi mengenai nomor Indosat milik Anda, sisa pulsa serta maka aktif kartu tersebut.

5. Cara Cek Nomor Indosat melalui Situs Resmi Indosat Ooredoo

Selain menggunakan layanan Customer Service Indosat, Anda juga bisa mengecek nomor Indosat milik Anda melalui situs resmi Indosat Ooredo di link berikut ini:

/ceknomor/index

Situs resmi dari Indosat Ooredoo ini bisa diakses kapan saja sehingga sangat fleksibel bagi Anda untuk mengecek nomor sesuai kebutuhan. Fitur ini memang disediakan oleh Indosat untuk mengecek MSISDN atau Mobile Subscriber Integrated Srrvices Digital Network Number.

6. Cara Cek Nomor Indosat melalui Panggilan Keluar atau SMS ke Nomor lain
Sebenarnya cara ini bisa menjadi trik paling mudah bagi Anda untuk mengetahui nomor pribadi yang lupa atau belum sempat disimpan. Namun sebelum menggunakan cara ini sebaiknya pastikan sisa pulsa yang Anda miliki cukup untuk melakukan panggilan keluar atau SMS.

Jika memang pulsa Anda cukup, maka Anda bisa melakukan beberapa langkah seperti berikut ini:

* Pertama Anda perlu menyiapkan HP lain untuk menerima panggilan tersebut, atau bisa juga meminta tolong teman ataupun saudara yang akan menerima panggilan melalui nomor kontak mereka.
* Selanjutnya cukup buka opsi panggilan dan ketik nomor kontak yang akan menerima panggilan.
* Lakukan panggilan keluar ke nomor tersebut dengan menekan tombol OK, Dial atau Yes.

* Silahkan tunggu hingga panggilan tersebut masuk ke HP penerima.
* Jika panggilan berhasil masuk, maka Anda bisa dengan mudah mengecek nomor pribadi Indosat milik Anda yang terpasang di HP.

Demikian juga dengan cara kedua melalui pengiriman pesan atau SMS, Anda bisa melakukannya dengan cara seperti berikut ini:

* Sama seperti cara sebelumnya, Anda perlu menyiapkan HP kedua yang akan menerima pesan dari ponsel Anda.
* Selanjutnya silahkan buka aplikasi SMS atau pesan di HP Anda dan tulis sembarang, huruf atau angka, atau biarkan kosong tanpa pesan apapun.
* Kemudian Anda cukup mengirimkannya ke nomor lain milik teman atau saudara Anda yang sebelumnya sudah Anda mintai tolong.

* Silahkan tunggu beberapa saat hingga pesan SMS tersebut masuk ke HP penerima.
* Jika sudah Anda bisa melihat nomor pengirim pesan, yang merupakan nomor Indosat Anda. Mudah bukan?

7. Cara Cek Nomor Indosat yang Terdaftar di NIK

Selain mengecek nomor Indosat yang lupa untuk berbagai macam keperluan, Anda juga perlu mengecek apakah nomor milik Anda terdaftar di NIK. Jika sebelumnya ada batasan hanya 3 nomor saja yang boleh menggunakan satu NIK maka saat ini hal itu jutsru tidak dibatasi.

Kebijakan ini tentu saja cukup mengkhawatirkan karena NIK bisa saja disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk mendaftarkan nomor ponsel miliknya. Untuk menghindari resiko terebut, maka Anda bisa melakukan pengecekan melalui cara berikut ini.

Khusus untuk Indosat Ooredoo, caranya adalah dengan mengirimkan SMS dengan format:

INFO#NIK atau INFO#MSISDN. Selanjutnya kirim ke nomor 4444.

Dari beberapa cara cek nomor Indosat yang telah disebutkan atas, Anda bisa memilih cara yang paling mudah dan praktis sesuai keinginan Anda. Jika sudah mengetahui nomor Indosat Anda melalui cara tersebut segera simpan ke kontak ya agar tidak lupa lagi. Selamat mencoba!

Lihat Juga :