Blog

6 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Hanya Dalam Lima Menit

health.kompas.comSeruni.id – Sakit gigi sungguh menyiksa. Kondisi ini tidak hanya menyebabkan kesulitan untuk makan saja, tapi juga menganggu aktivitas lainnya. Saat mengalami sakit gigi yang tak tertahankan lagi, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter gigi. Namun, tentunya butuh waktu yang tidak sebentar sampai akhirnya ditangani oleh dokter. Nah, selama menunggu penanganan, kamu bisa coba menghilangkan sakit gigi dengan cara berikut ini, loh. Bahkan, hanya butuh lima menit saja, sakit gigi pun menghilang. Langsung saja disimak yuk!

1. Kompres Dingin
hellosehat.comMengompres dengan menggunakan air dingin adalah salah satu langkah menghilangkan sakit gigi hanya dalam waktu lima menit. Caranya, cukup gunakan kain yang direndam ke dalam air es, lalu tempelkan ke wajah tepat pada bagian gigi yang terasa sakit. Mengompres dengan air dingin akan membuat pembuluh darah di area tersebut akan menyempit hingga mengurangi rasa sakit.

2. Mengoleskan Bawang Putih
halodoc.comBawang putih memiliki peran sebagai antibakteri yang dapat menghempaskan bakteri berbahaya. Itulah mengapa bawang putih dapat dijadikan cara untuk menghilangkan sakit gigi dalam waktu singkat. Bukan hanya itu, bawang putih juga bisa digunakan sebagai pereda nyeri. Cara menggunakannya cukup mudah, hanya perlu menghancurkannya sampai halus. Kemudian, oleskan pada area gigi yang sakit. Atau kamu juga bisa langsung mengunyahnya.

3. Berkumur dengan Air Garam
health.okezone.comMenurut American Dental Association, berkumur dengan air garam adalah salah satu cara darurat untuk menghilangkan sakit gigi, terutama saat malam hari. Air garam memiliki kandungan senyawa antibakteri yang dapat meredakan peradangan yang terjadi pada area gigi. Cobalah campurkan air hangat dan garam secukupnya, setelah itu berkumurlah selama satu menit.

4. Berkumur dengan Larutan Daun Jambu Biji
klikdokter.comSelain menggunakan air garam, kamu juga bisa memanfaatkan daun jambu biji sebagai salah satu cara menghilangkan sakit gigi. Diketahui, daun jambu biji memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dapat menenangkan gigi yang sakit. Untuk memanfaatkannya, kamu perlu menjadikannya sebagai teh, biarkan sampai dingin, barulah bisa digunakan untuk berkumur. Kalau tidak sempat, kamu boleh mengunyah secara langsung. Namun, jangan lupa dicuci bersih terlebih dahulu, ya.

5. Mengoleskan Minyak Cengkih
cewekbanget.grid.idBanyak sekali cara alami untuk menghilangkan sakit gigi dengan cepat, salah satunya yaitu dengan mengoleskan minyak cengkih. Cengkih diketahui memiliki manfaat yang dapat mengurangi peradangan dan mengandung antiseptik eugenol. Untuk penggunaannya, kamu bisa membuat minyak cengkih dengan minyak zaitun, kemudian mengoleskannya ke gigi yang sakit dengan kapas. Sebagai alternatif lainnya, kamu juga bisa menggunakan minyak cengkih sebagai obat kumur.

6. Menggunakan Kantong Teh
lifestyle.kompas.comCara menghilangkan sakit gigi hanya dalam waktu lima menit berikutnya adalah dengan memanfaatkan kantong teh. Cara ini cukup sederhana, kamu hanya perlu mengoleskan kantong teh yang dicelupkan ke air hangat pada gigimu. Namun, sebelum menempelkannya, pastikan kantong teh sudah tidak panas lagi, ya. Jika kamu memilih yang dingin, kamu juga bisa memasukkan kantong teh ke dalam lemari es sebelum dioleskan ke gigi. Sebab, teh (khususnya teh peppermint), memiliki sifat melawan bakteri sehingga bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi.

Baca Juga:7 Tips Aman Pergi ke Dokter Gigi Saat Pandemi Covid-19

Itulah enam cara menghilangkan sakit gigi dalam waktu singkat yang bisa kamu coba, terutama ketika sakit muncul di malam hari. Jika sakit masih berlanjut, jangan lupa datang ke dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan, agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.