Blog

6 Cara Cek Nomor Telkomsel Secara Mudah Dan Praktis

JAKARTA, KOMPAS.com – Cara cek nomor Telkomsel merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Namun begitu, sebagian orang masih belum mengetahui langkah-langkahnya.

Lupa nomor telepon sendiri terkadang dialami oleh beberapa orang. Hal ini biasanya dialami oleh para pengguna yang baru membeli kartu perdana. Karena itu, mengetahui cara cek nomor Telkomsel menjadi sesuatu yang penting, terutama saat akan mengisi pulsa.

Bagi Anda pengguna Telkomsel, tidak perlu khawatir apabila lupa dengan nomor telepon yang digunakan. Pasalnya, ada beberapa cara cek nomor Telkomsel yang bisa Anda coba.

Baca juga: Promo Beli 2 Gratis 1 di Indomaret dan Alfamart

Telkomsel adalah salah satu operator seluler yang banyak digunakan di Indonesia. Anak perusahaan PT Telkom Indonesia ini menyediakan beberapa produk kartu selular, di antaranya SimPATI, Loop, Kartu As, dan Halo.

Umumnya, nomor kartu Telkomsel terdiri dari 11 hingga 12 angka. Bagi sebagian orang, menghafal belasan angka ini bukanlah perkara yang mudah. Oleh sebab itu, pengguna perlu tahu cara cek nomor Telkomsel jika sewaktu-waktu lupa lagi.

Bagaimana cara cek nomor Telkomsel?

Setidaknya, ada enam cara cek nomor Telkomsel yang bisa dilakukan. Anda bisa memilih salah satu dari keenam cara tersebut untuk mengetahui nomor telepon yang digunakan.

Baca juga: Nasabah Tabungan Emas Pegadaian Kini Bisa Bayar Transaksi hingga Tarik Tunai di ATM

Dikutip dari laman resminya, , layanan cek nomor Telkomsel adalah layanan untuk melakukan pengecekan nomor kartu Telkomsel yang digunakan di ponsel.

Berikut beberapa pilihan cara cek nomor Telkomsel dengan mudah:

Pertama, cara cek nomor Telkomsel adalah melalui dial-up. Untuk menggunakan cara ini, Anda hanya perlu membuka bagian menu panggilan. Kemudian tekan kode yang sudah ditentukan. Begini cara cek nomor Telkomsel melalui dial-up:

* Tekan *808# pada menu panggilan.
* Tekan tombol “Call/Panggil”.
* Selanjutnya, Anda akan menerima informasi tentang nomor Telkomsel Anda melalui pop up notifikasi, yang dapat Anda simpan dengan fitur tangkapan layar.
* Telkomsel juga akan mengirimi Anda SMS otomatis yang berisi informasi nomor ponsel.

Baca juga: Buruh: Kalau Upah Minimum Naik 5 Persen Akan Terjadi Pertumbuhan Daya Beli Rp 180 triliun

Sebagai catatan, bagi Anda yang menggunakan cara cek nomor Telkomsel lewat *808#, akan dikenakan biaya sebesar Rp100/permintaan untuk pengguna prabayar dan Rp100/permintaan untuk pengguna pascabayar.

Karena itu, Anda harus memiliki pulsa Telkomsel untuk menggunakan layanan pemeriksaan nomor ini. Biaya akan dikurangkan langsung dari pulsa Anda saat menghubungi *808#.

Cara cek nomor Telkomsel lewat aplikasi MyTelkomsel
Kedua, cara cek nomor Telkomsel bisa juga lewat aplikasi MyTelkomsel. Jika Anda menggunakan cara ini, syaratnya harus memiliki sambungan internet.

Baca juga: Biaya Hotel Karantina Dikeluhkan Mahal, Ini Pengakuan Pengelola Hotel

Aplikasi MyTelkomsel dapat diunduh gratis di PlayStore atau AppStore. Berikut cara cek nomor Telkomsel:

* Pertama, unduh aplikasi MyTelkomsel di PlayStore atau AppStore.
* Selanjutnya, lakukan registrasi untuk membuat akun.
* Setelah itu, akan muncul beberapa menu dan pilihan layanan untuk penggunanya.
* Klik bagian informasi.
* Pada bagian informasi, akan tertera nomor Telkomsel yang sedang Anda gunakan. Selain itu, akan ditampilkan juga hal-hal mengenai kartu provider Anda.

Jika sebelumnya Anda sudah memiliki dan memasang aplikasi MyTelkomsel, maka cara cek nomor Telkomsel akan lebih mudah. Saat lupa nomor telepon, Anda cukup membuka aplikasinya, lalu melihat nomor tersebut pada tampilan awal.

Baca juga: Perkuat Potensi Ekonomi Syariah dalam Negeri, Blibli Dukung Ekosistem Muslim Friendly

Cara cek nomor Telkomsel lewat operator
Ketiga, cara cek nomor Telkomsel yang bisa dilakukan adalah lewat bantuan operator. Caranya, Anda cukup menelepon operator atau customer service. Secara rinci, berikut cara cek nomor Telkomsel lewat operator:

* Bagi pengguna kartu Halo, Anda dapat menghubungi nomor call center 133.
* Bagi pengguna kartu SimPATI, Loop dan Kartu As, Anda bisa menghubungi nomor call center 188.
* Bagi pengguna Telkomsel yang sedang berada di luar negeri, Anda bisa menghubungi operator melalui nomor + melalui panggilan yang ada di ponsel Anda.

Baca juga: CIPS: RUU Perlindungan Data Pribadi Penentu Perkembangan Ekonomi Digital Indonesia

Cara cek nomor Telkomsel lewat panggilan
Keempat, cara cek nomor Telkomsel yang bisa Anda coba adalah melalui panggilan. Meski terbilang mudah, tapi untuk melakukannya, pulsa pada nomor telepon Anda harus tersedia.

Dengan cara ini, Anda hanya butuh menelpon ke nomor orang lain (orang terdekat). Setelah itu, nomor Anda akan terlihat pada ponsel orang tersebut.

Cara cek nomor Telkomsel lewat SMS
Kelima, cara cek nomor Telkomsel bisa menjadi pilihan adalah dengan mengirim SMS. Sama seperti cara cek nomor Telkomsel lewat telepon, syarat utamanya adalah tersedia pulsa yang cukup untuk melakukan SMS.

Biaya untuk satu kali SMS ke sesama Telkomsel adalah sebesar Rp 350. Anda cukup mengirim SMS ke nomor orang lain atau orang terdekat seperti keluarga atau teman. Setelah itu, nomor Anda akan terlihat pada fitur SMS ponsel orang tersebut.

Baca juga: Cara Bayar IndiHome via m-Banking Mandiri, Mudah dan Praktis

Cara cek nomor Telkomsel melalui asisten virtual
Terakhir, cara cek nomor Telkomsel yang bisa Anda lakukan adalah melalui asisten virtual. Telkomsel menyediakan asisten virtual berbasis chat. Asisten virtual tersebut bernama Veronika.

Veronika akan membantu para pengguna atau pelanggan Telkomsel dalam mengakses berbagai informasi produk.

Selain itu, Veronika juga akan membantu melayani pelanggan seperti pengecekan kuota, cek nomor, cek tagihan Telkomsel Halo, penukaran Telkomsel poin, pembelian pulsa, informasi mengenai lokasi GraPARI, pembelian paket data dan lain sebagainya.

Baca juga: Menilik Dampak Normalisasi Ekonomi 2022 ke Pasar Finansial

Asisten virtual Telkomsel ini dapat diakses melalui kanal di dalam aplikasi-aplikasi berikut ini:

* Aplikasi MyTelkomsel: my.telkomsel.com/app/chatbot
* WhatsApp: tsel.me/wa2
* Situs Web:
* Telegram: tsel.me/telegramVA2
* LINE: tsel.me/lineVA2
* Facebook Messenger: tsel.me/fbV2

Demikian informasi seputar cara cek nomor Telkomsel secara mudah dan praktis. Dari semua pilihan di atas, cara cek nomor Telkomsel melalui dial-up *808# adalah yang paling umum dilakukan. Karena tidak mengharuskan pengguna mempunyai pulsa cukup ataupun jaringan internet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link /kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.