Blog

6 Cara Ampuh Menghilangkan Sakit Gigi Dalam 5 Menit

Pilih sakit gigi atau sakit hati? Pertanyaan satu ini mungkin cukup sering kamu dengar. Faktanya, sakit gigi lebih membuat kamu resah dibanding sakit hati. Gigi menjadi salah satu bagian tubuh yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari. Sebagai organ yang digunakan untuk mengunyah makanan, kamu tentu akan merasa kesulitan jika tiba-tiba sakit gigi menyerang. Tidak heran kalau banyak orang yang mencari cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit.

Sakit gigi akan menyebabkan kamu kehilangan nafsu makan dan dapat memicu munculnya penyakit lain seperti maag. Untuk kamu yang sedang sakit gigi, berikut enam cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit yang bisa dilakukan.

1. Minum Air Garam Hangat

Murah meriah tanpa efek samping, kamu bisa mencoba minum air garam hangat untuk menyembuhkan sakit gigi. Cara ini dianggap paling sederhana dan manjur untuk membuat gigi kembali normal. Pertama, siapkan satu gelas air hangat dan satu sendok garam. Masukkan garam ke dalam air hangat, aduk dan biarkan hingga larut. Setelah itu, oleskan larutan garam ini pada bagian gigi yang sakit untuk menghilangkan sisa makanan yang nyangkut di gigi tersebut.

2. Menggunakan Bawang Putih

Bumbu dapur satu ini memang cukup multifungsi. Selain sebagai bahan masakan, bawang putih terkenal dengan kehebatannya dalam meredakan sakit gigi. Bawang putih dapat menyembuhkan sakit gigi dalam kurun waktu 5 menit saja. Pertama, hancurkan satu siung bawang putih lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Bawang putih memiliki sifat analgesik dan antiseptik yang dapat meredakan rasa nyeri pada gigi.

3. Mengunyah Daun Jambu Biji

Daun jambu biji umumnya digunakan sebagai obat diare. Ternyata, daun jambu biji juga memiliki khasiat ampuh dalam mengatasi sakit gigi. Daun jambu biji memiliki sifat anti mikroba, anti-radang, dan analgesik yang mampu menghilangkan nyeri pada gigi dalam waktu singkat. Cara pengaplikasian daun jambu biji pada gigi juga cukup mudah.

Pertama, ambil atau petik daun jambu biji segar lalu lipat. Kunyah hingga daun tersebut mengeluarkan ekstrak airnya. Oleskan ekstrak daun pada gigi yang sakit menggunakan lidah kamu. Selain dengan cara ini, kamu dapat merebus 5 lembar daun jambu biji dan ditambah dengan sejumput garam. Gunakan ramuan daun jambu biji ini untuk berkumur.

4. Menggunakan Jahe

Rempah satu ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Jahe dapat kamu gunakan untuk mengobati sakit gigi. Kandungan antibiotik pada jahe dapat membantu membunuh kuman penyebab sakit gigi. Siapkan satu buah jahe segar, cuci hingga bersih terlebih dahulu. Setelah itu tumbuk jahe, lalu bubuhkan pada gigi yang terasa sakit, tunggu hingga rasa sakit menghilang.

5. Mengompres dengan Air Dingin

Air dingin dikenal ampuh dalam mengatasi nyeri dan bengkak. Kamu bisa mengompres bagian gigi yang sakit dengan menggunakan air dingin. Pertama, ambil es batu lalu letakkan pada kain kasa lalu kompreskan pada bagian yang sakit. Es dapat membantu mendinginkan area yang sakit sehingga rasa sakit gigi bisa diminimalisir. Namun perlu diketahui untuk tidak meletakkan es tersebut langsung pada gigi karena dapat berisiko memperburuk rasa nyerinya.

6. Menggunakan Bawang Merah

Salah satu jenis bawang ini ternyata juga bisa dijadikan obat untuk sakit gigi. Bawang merah memiliki kandungan antiseptik dan anti-mikroba yang mampu mengontrol rasa nyeri pada titik yang sakit. Kamu bisa langsung mengunyah atau menghaluskan bawang merah lalu menempelkannya pada bagian yang sakit.

Demikianlah 6 cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit yang bisa kamu lakukan di rumah. Cara-cara ini dinilai lebih efektif dan minim efek samping dan bahan-bahan yang diperlukan juga mudah untuk dicari di sekitar. Agar terhindar dari sakit gigi, sebaiknya jaga kesehatan gigi dengan rutin menyikatnya dua kali sehari dan melakukan pemeriksaan setiap 6 bulan sekali.