Blog

5 Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Nomor 3 Paling Gampang Dan Sederhana

JAKARTA, iNews.id – Cara menghilangkan bruntusan di wajah ada triknya tersendiri. Sebelum mengetahui caranya, sebaiknya mengenali dulu, apa itu bruntusan di wajah dan apa penyebabnya?
Seperti kita tahu, bruntusan adalah benjolan-benjolan kecil yang biasanya ada pada dahi. Meski sebenarnya tidak berbahaya, bruntusan kadangkala membuat tidak nyaman atau dirasa mengganggu penampilan.

Bruntusan sendiri muncul karena berbagai sebab. Di antaranya saja milia, dermatitis kontak, dan folikulitis. Dimulai dari milia yang merupakan kista kecil seperti jerawat yang terbentuk ketika sel-sel kulit mati menumpuk di bawah kulit. Milia ini ada di sekitar mata, tetapi juga bisa muncul di dahi.

Kemudian dermatitis kontak yang terjadi ketika kulit bersentuhan dengan zat yang mengiritasi. Zat ini dapat merusak sel-sel kulit dan memicu reaksi alergi. Terakhir yakni folikulitis yang terjadi karena infeksi kulit yang terjadi ketika folikel rambut yang rusak memungkinkan bakteri masuk ke dalam kulit.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan bruntusan di wajah? Ada bahan-bahan yang dapat menatasi bruntusan di wajah. Berikut daftarnya seperti dirangkum dari Medical News Today, Rabu (6/4/2022).

1. Gunakan bahan aktif

Cara menghilangkan bruntusan di wajah yang pertama yaitu menggunakan bahan aktif yang dioleskan di area bruntusan. Misalnya saja retinoid, turunan vitamin A yang dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan sekaligus memperbaikinya. Namun terkadang, retinoid dapat menyebabkan efek samping seperti kering, merah, dan gatal-gatal.

Kemudian bisa mencoba juga bahan aktif asam salisilat dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan serta membantu membuka pori-pori. Namun, cara kerjanya perlu tahap dan tidak instan.

2. Mencoba prosedur kosmetik

Cara menghilangkan bruntusan di wajah selanjutnya yaitu mencoba prosedur kosmetik. Ada beberapa metode kosmetik sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah.

Di antaranya saja cryotherapy, terapi fotodinamik, hingga chemical exfoliation. Tahapan maupun jenis perawatan juga harus dipilih sesuai kondisi kulit dan anjuran dokter, karena itu sebaiknya konsultasi terlebih dahulu.

3. Kompres air hangat

Ada cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan mudah lainnya yaitu, mengkompres wajah atau di bagian yang bruntusan dengan air hangat selama menit. Cara ini cocok digunakan bagi bruntusan akibat folikulitis.

4. Membersihkan wajah dan pakai moisturizer

Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan mudah lainnya yakni dengan membersihkan wajah secara rutin. Hal ini agar pori-pori Anda bersih dan tidak tersumbat. Selain itu jangan lupa juga untuk melembabkan kulit wajah dengan moisturizer yang tepat.

5. Memakai pore clarifying mask

Cara menghilangkan bruntusan di wajah terakhir dengan memakai jenis pore clarifying mask atau masker yang membersihkan hingga ke dalam pori. Selain membersihkan, biasanya varian tertentu jenis masker ini juga memiliki bahan aktif maupun natural yang bisa sekaligus untuk mengecilkan pori-pori.

Dengan begitu kemungkinan penyebab bruntusan karena kulit kotor karena pemakaian kosmetik seperti bedak yang terlalu tebal bisa dihindari. Sebab pore clarifying mask bisa membersihkan hingga ke dalam pori.

Editor : Dyah Ayu Pamela