Blog

5 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Normal

PerbesarIlustrasi cara mengecilkan perut setelah melahirkan normal (Sumber: iStock)Sembilan bulan lamanya Mama menunggu kehadiran si kecil ke dunia. Setelah proses panjang persalinan, akhirnya keinginan Mama pun terwujud. Namun, Mama menyadari jika setelah melahirkan perut Mama menjadi agak besar. Mama perlu tahu nih cara mengecilkan perut setelah melahirkan normal yang aman.Bukan hanya Mama kok yang ingin turun timbangan setelah melahirkan. Di luar sana juga banyak Mama-Mama yang ingin punya pola hidup sehat dengan menghilangkan lemak di tubuh melalui berbagai cara.

Terdapat berbagai cara sehat dan alami yang bisa kamu terapkan supaya perut kamu jadi kecil setelah melahirkan. Cara-cara ini enggak perlu keluar banyak biaya juga kok Ma, selama kamu konsisten dan mau mencoba. Apa saja cara-caranya? Simak sebagai berikut!

PerbesarIlustrasi cara mengecilkan perut setelah melahirkan normal (Sumber: iStock)

1. Menjaga Asupan Makanan

Setelah melahirkan sebaiknya kamu mulai menjaga asupan makanan kamu supaya bisa mengecilkan perut ya, Ma. Dalam sehari baiknya kamu memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin, serta mineral melalui konsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi.

Kira-kira dalam sehari kamu membutuhkan 1.800 hingga 2.200 kalori yang tentunya bisa kamu dapatkan dengan konsumsi makanan tinggi serat, buah-buahan, sayuran, serta makanan sehat lainnya. Sebaiknya, kamu kurangi konsumsi makanan cepat saji serta jangan lakukan diet ekstrem yang membahayakan kesehatan kamu.

Istirahat yang cukup juga memiliki peranan penting dalam proses mengecilkan perut setelah melahirkan normal, Ma. Meskipun biasanya ibu yang baru melahirkan akan kesulitan mencukupi kebutuhan tidur harian, sebaiknya kamu pintar-pintar dalam mengatur waktu, Ma. Beristirahatlah di sela-sela kegiatan mengurus anak terutama ketika si kecil sedang tidur nyenyak.Beberapa penelitian menyatakan bahwa ibu yang mendapatkan cukup tidur, risiko peningkatan berat badannya akan semakin kecil lho, Ma. Hal ini berhubungan dengan hormon yang mengatur rasa lapar. Rasa lapar ini akan semakin menjadi-jadi jika kamu kekurangan tidur dan menyebabkan kamu ingin makan lebih banyak daripada biasanya.

Perlu kamu tahu jika menyusui merupakan salah satu cara alami yang efektif dalam mengecilkan perut kamu setelah melahirkan normal! Menyusui anak setiap hari bisa membakar sekitar 300 hingga 500 kalori lho, Ma sehingga bisa mempercepat proses pengecilan perut dibandingkan ibu yang memberikan susu formula untuk bayinya.

Menyusui juga akan memunculkan kontraksi otot-otot di rahim sehingga rahim pun menjadi lebih cepat kembali ke ukuran semula. Jadi, sebisa mungkin beri anak kamu ASI eksklusif ya, Ma!

PerbesarIlustrasi cara mengecilkan perut setelah melahirkan normal (Sumber: iStock)

4. Olahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur juga bisa membantu kamu dalam mengecilkan perut setelah melahirkan, Ma. Selain menyehatkan tubuh, olahraga teratur bisa membakar kalori dan membuat perut kamu semakin kencang setiap harinya. Tidak perlu melakukan olahraga berat ya, Ma. Lakukan saja olahraga ringan seperti jalan kaki, senam kegel, atau yoga misalnya.

Cara lainnya untuk mengecilkan perut setelah melahirkan normal yakni dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik (bakteri baik). Sudah ada penelitian yang menyatakan jika konsumsi probiotik dalam waktu 6 minggu berdampak terhadap berkurangnya lemak di perut sebanyak 3% hingga 4%.

Begitulah cara mengecilkan perut setelah melahirkan normal yang bisa coba kamu praktikkan ya, Ma. Namun, perlu kamu ingat juga agar tidak mengharapkan hasilnya dalam waktu instan tanpa konsistensi dan disiplin. Jika kamu ingin mengecilkan perut dengan cara yang sehat, maka memerlukan kesabaran ya, Ma. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu, Ma!