Blog

5 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Ketombe Pada Kulit Kepala

Ketombe merupakan salah satu permasalahan rambut yang dialami oleh banyak orang. Tentu hal itu sangat menyebalkan karena kehadiran ketombe dapat membuat kulit kepala menjadi gatal.

Ada berbagai hal yang menyebabkan munculnya ketombe di antara karena kulit kepala kering dan tidak terhidrasi hingga dapat pula disebabkan oleh jamur.

Terkait hal itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah ketombe. Dilansir dari lamanStylecraze,berikut 5 bahan alami untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat menembus batang rambut karena memiliki berat molekul yang rendah. Hal itu juga membuat minyak kelapa dinilai ampuh untuk membantu mengurangi kehilangan protein.

Manfaat tersebut pun dapat membuat kulit kepala menjadi lebih lembab dan membuat rambut lebih sehat yang pada akhirnya dapat berperan dalam mengatasi timbulnya ketombe.

2. Baking Soda

Baking soda bertindak sebagai exfoliant ringan yang membantu menghilangkan kulit mati dan minyak berlebih dari kulit kepala hingga dapat mengatasi rasa gatal akibat ketombe.

Namun, perlu diperhatikan jumlah penggunaannya. Sebab penggunaan baking soda yang berlebihan justru dapat menghilangkan minyak alami kulit yang dapat memperburuk kondisi kulit kepala.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antimikroba dan antijamur. Kedua sifat tersebut dapat menghambat pertumbuhan malassezia furfuryang merupakan jamur penyebab ketombe.

Oleh karena itu, lidah buaya dapat menjadi alternatif tepat bagi kamu yang kulit kepalanya gagal akibat ketombe.

4. Minyak Kayu Putih

Kulit kepala dengan kadar ceramide yang rendah dinilai rentan terhadap ketombe . Menariknya, kandungan minyak kayu putih ternyata dapat meningkatkan ceramide di kulit kepala sehingga bisa membantu mengurangi ketombe.

Dalam penggunaannya, kamu bisa mencampurkan minyak kayu putih dengan minyak kelapa untuk memperoleh hasil yang maksimal.

5. Lemon

Lemon merupakan sumber asam sitrat yang kaya. Nyatanya, kandungan asam sitrat dapat membantu menjaga pH kulit kepala agar seimbang. Keseimbangan pH tersebut pun berpengaruh dalam membantu mengurangi ketombe.

Itulah 5 bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Selamat mencoba!