Blog

4 Cara Menggabungkan File PDF Di Android

KOMPAS.com – Menggabungkan file PDF biasannya diminta untuk institusi atau perusahaan pada saat mengumpulkan berkas pendaftaran atau melamar pekerjaan. Tujuannya menggabungkan file PDF adalah agar memudahkan petugas dalam pengecekan berkas.

Untuk menggabungkan file PDF dapat dilakukan melalui PC. Namun bagaimana jika Anda sedikit terburu-buru dan mengharuskan menggabungkan file PDF secepatnya.

Untuk menggabungkan file PDF dengan cepat, Anda dapat melakukannya di ponsel Android dengan beberapa cara, yaitu melalui aplikasi hingga situs online yang dapat dilakukan dengan mudah hanya melalui ponsel Android Anda.

Untuk selengkapnya berikut ini empat cara menggabungkan file PDF di Andoroid dengan mudah dan cepat.

Baca juga: Cara Ubah File Microsoft Word ke PDF dengan Cepat Tanpa Website

PDF Utils

PDF Utils merupakan aplikasi untuk menggabungkan, menyusun, memisahka, dan mengompres file PDF. Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store dan memiliki rating 4,5 dari lima dan telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna.

PDF Utils memiliki fitur PDF Merger, Image to PDF Converter, PDF Compressor, dan fitur-fitur lainnya. Untuk menggunakannya, pengguna juga tidak perlu melakukan pendaftaran atau login. Untuk menggabungkan PDF di Android berikut ini caranya:

* Download aplikasi PDF Utils di Play Store (Android)
* Pilih menu “Merge PDF/Images”
* Pilih file PDF pertama yang ingin digabungkan
* Untuk menambahkan file kedua klik ikon tiga garis vertikal dengan tanda “+” di pojok kanan atas
* Setelah memilih file tambahan untuk digabungkan klik ikon centang
* Beri nama file PDF yang sudah digabungkan klik “Simpan”
* Selanjutnya akan tampil file PDF yang telah digabungkan. Anda dapat langsung membagikannya ke beberapa media seperti Gmail atau WhatsApp

Combine PDF Files

Combine PDF Files juga salah satu aplikasi untuk mengedit PDF salah satunya menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu. Bagi pengguna Android, apliksi ini dapat diunduh dengan mudah di Play Store. Di Play Store, aplikasi ini memiliki rating 4,8 dari lima dan telah diunduh lebih dari 10.000 pengguna.

Untuk menggunakannya, pengguna juga tidak perlu mendaftarkan akun atau melakukan login. Untuk menggabungkan PDF di Android, berikut ini caranya:

* Download aplikasi Merge PDF di Play Store (Android)
* Klik ikon plus di pojok kanan bawah (+)
* Pilih dokumen PDF yang ingin digabungkan
* Setelah itu klik simpan dengan klik ikon folder di pojok kanan atas

Baca juga: 4 Cara Mengubah PDF ke Word tanpa Aplikasi Tambahan