Blog

4 Cara Mengembalikan Indra Penciuman Karena Infeksi Corona

Jakarta – Hilang indra penciuman merupakan salah satu gejala utama dari infeksi virus Corona. Lantas bagaimana cara mengembalikan indra penciuman?

Menurut penelitian di 18 rumah sakit di Eropa, gejala hilang indra penciuman ini akan hilang setelah hari terpapar COVID-19. Penelitian ini dilakukan kepada 2.500 pasien Corona yang mengalami gejala tersebut.

Namun, dalam beberapa kasus, gejala ini dapat bertahan lebih lama dari yang diperkirakan. Oleh karena itu, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk memulihkan indra penciuman karena infeksi virus Corona.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, berikut 4 cara yang diyakini ampuh dalam menyembuhkan indra penciuman.

1. Pakai bawang putih
Cara mengembalikan indra penciuman yang pertama adalah dengan bawang putih. Sifat anti inflamasi yang kuat dari asam ricinoleic penyusun aktif dalam bawang putih dapat mengurangi pembengkakkan dan peradangan di dalam saluran hidung.

Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membersihkan endapan dahak dari saluran hidung dan melegakan pernapasan.

Caranya adalah dengan menghancurkan 4-5 siung bawang putih, kemudian masak dengan air mendidih selama dua menit dan tambahkan sedikit garam. Minum ramuan ini selagi masih panas sebanyak dua kali sehari.

2. Pakai larutan air garam
Selain dengan air rebusan bawang putih, kamu juga bisa menggunakan larutan air garam untuk memulihkan indra penciuman. Bagaimana caranya?

Bilas rongga hidung menggunakan larutan air garam. Cara ini dapat dilakukan untuk memulihkan kemampuan indra penciuman yang hilang akibat infeksi atau alergi.

3. Pakai minyak esensial
Minyak esensial atau minyak atsiri merupakan senyawa yang diekstrak dari bagian tumbuhan dan diperoleh melalui proses penyulingan. Minyak ini memang diyakini dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Untuk mengatasi hilangnya indra penciuman, kamu bisa melakukan latihan penciuman dengan menghirup minyak esensial selama detik dan lakukan sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

4. Berhenti merokok
Terutama bagi para perokok, berhenti merokok merupakan cara mengembalikan indra penciuman yang patut dicoba. Pasalnya, kebiasaan merokok dapat mengganggu kepekaan indra penciuman.

Simak Video “Studi AS Ungkap Covid-19 Memperparah Kerusakan Otak Jangka Panjang”
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)